Tugas Kewajiban dan Wewenang Manajer Keuangan

Dalam praktek nya pengelolaan keuangan perusahaan dilakukan oleh seorang manajer keuangan yang dituntut untuk dapat mengelola berbagai sumber modal serta mampu menggunakannya secara efektif, efisien, dan juga produktif dalam rangka untuk memperoleh laba perusahaan secara maksimal serta meningkatkan nilai perusahaan di mata para investor.

tugas dan wewenang manajer keuangan

Tuga Manajer Keuangan

Secara rinci tugas dari seorang manajer keuangan dalam perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan kerjasama dengan para manajer lainnya. Pada tahap ini tugas dari seorang manajer keuangan adalah untuk merencanakan dan memperkirakan (meramalkan) aspek-aspek dalam perusahaan termasuk mengenai perencanaan umum keuangan perusahaan.
  2. Bertugas dalam  mengambil keputusan penting,  keputusan ini berkaitan dengan masalah investasi serta berbagai macam pembiayaan dan semua hal yang terkait dengan keputusan tersebut.
  3. Bertugas dalam menjalankan operasional perusahaan. Pada tahap ini tugas dari seorang manajer perusahaan bagaimana cara mengoperasikan roda kehidupan perusahaan dengan sebaik-baiknya (efektif serta efisien) dengan menjalin kerjasama dengan manajer lainnya.
  4. Bertugas sebagai seorang penghubung antara perusahaan dengan pasar keuangan, sehingga perusahaan dapat mendapatkan dana dan memperdagangkan surat berharga milik perusahaan.

Tugas utama dari seorang manajer keuangan adalah dapat bertanggungjawab penuh atas keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan penting mengenai investasi perusahaan dan juga pembelanjaan uang perusahaan.

Tugas utama dari seorang manajer keuangan untuk menjalankan roda kegiatan dalam perusahaan yakni seperti mengurusi persoalan investasi, pembiayaan kegiatan usaha serta pembagian deviden suatu perusahaan agar perusahaan dapat terus berjalan dengan baik.


Tanggungjawab Manajer Keuangan

Tanggungjawab dari seorang manajer keuangan perusahaan secara rinci dapat dijelaskan dalam berbagai poin berikut ini:

  1. Mengambil keputusan dalam masalah investasi perusahaan.
  2. Mengambil keputusan mengenai masalah pembelanjaan kebutuhan perusahaan.
  3. Mengambil keputusan tentang deviden.
  4. Merencanakan, mengatur, serta mengontrol perencanaan, laporan dan pembiayaan operasional perusahaan.
  5. Melakukan perencanaan serta mengatur dan mengontrol arus kas perusahaan.
  6. Melakukan perencanaan serta mengatur dan mengontrol anggaran perusahaan.
  7. Melakukan perencanaan serta mengatur dan mengontrol pengembangan sistem serta prosedur keuangan perusahaan.
  8. Melakukan perencanaan serta mengatur dan mengontrol masalah analisis keuangan dalam perusahaan.
  9. Melakukan perencanaan serta mengatur dan mengontrol bagaimana cara memaksimalkan nilai perusahaan.

Seorang ahli keuangan bernama George R. Terry merumuskan tentang fungsi manajemen kedalam empat perencanaan, yang terhimpun dalam POAC atau Planning, Organizing, Actuating, and Controlling.

Bagi seorang manajer keuangan ke empat unsur ini harus dapat dikendalikan serta diselaraskan agar dapat menghasilkan manajemen keuangan yang baik.

Demikian penjelasan mengenai Tugas serta Wewenang dari Seorang Manajer Keuangan. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan terimakasih sudah berkunjung.


Baca juga :