Macam-Macam Jenis Strategi Pemasaran

Pengertian dan Cara Mudah Menghitung Harga Pokok Penjualan | Terdapat banyak macam jenis stragi pemasaran yang ada dalam dunia usaha, dimana seorang pengusaha haruslah mampu membaca situasi dan kondisi serta strategi  yang tepat  yang digunakan perusahaanya agar produk atau barang dagangan tersebut laku  dipasaran dan dapat bersaing secara sehat dengan produk-produ yang sudah beredar.

Berikuti ini kami akan membeberkan beberpa jenis strategi pemasaran yang harus diketahui dan dijalankan oleh seorang pengusaha agar barang daganganya dapat laku keras dipasaran.

Sebelum kami membeberkan bentuk dan jenis strategi pemasran yang apik untuk para pengusaha, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan strategi pemasara.

Strategi pemasaran itu sendiri adalah sebuh kegiatan atau proses dalam melakukan seleksi pasar trget, menentukan posisi bersaing,  dan melakukan pengembangan pada bauran pemasaran yang dirasa efektif untuk mencapai target serta dapat melayani konsumen dengan baik. Didalamnya termasuk dalam merencanakan harga barang, mempromosikan barang sampai mendistribusikan barang dagang.

Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung Lengkap Dengan Contoh dan Penjelasanya

Dalam hal ini kami akan menjelaskan mengenai 3 jenis strategi pemasaran yang biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar maupun kecil dalam mencarkan usahanya. Unutk itu terus simak artikel ini hingga tuntas.

3 Jenis Strategi Pemasaran yang Biasa Digunakan

Setelah anda mengetahui dan memhami konsep pemasaran yang akan kami jelaskan berikut ini, selanjtunya anda perlu memperhatikan dan memaksimalkan bauran pemasaran yang bisa dikeal dikalangan pengusah dengan sebutan 4P.

4P  ini merupakan sebuah singkatan dari Produc, Place, Price, dan Promotion. Setelah bauran pemasaran tersebut anda fahami secara seksama, mestinya ada dapat memaksimalkan produk ada dengan menentukan harga yang tepat, mendistribusikan barang dagangan dengan tepat sasaran sesuai dengan strategi pemasaran yang akan anda pilih, serta kemudian melakukan promosi barang dagangan  dengan gencar agar tercapai target dari pemasara produk anda.

12 Contoh Bukti Transaksi Pembayaran Dalam Perusahaan

Berikut ini adalah strategi yang layak untuk anda coba:

  1. Undifferentiated Marketing atau Tidak Membeda-bedakan Pasar

Jenis strategi pemasaran yang pertama kali harus anda coba adalah dengan tidak membeda-bedakan pasar sebagi target pemasaranya. Dengan kata lain, produsen menawarkan produknya keseluruh lapisan konsumen tanpa terkecuali.

Apabila anda memutuskan untuk menggunakan strategi yang satu ini,  maka tujuan pemasaranya adalah kebutuhan dari konsumen itu sendiri.

5 Jurnal Khusus Perusahaan Dagang

Kelebihan dari strategi pemasaran yang satu   ini adalah perusahaan bisa mendapatkan laba dari efisiensi biaya yang digunakan, atau dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan strategi ini perusahaan bisa lebih menghemat biaya.

Dibalik kelebihanya, jenis strategi pemasaran ini juga memiliki sedikit kekurangan. Kekuranganya adalah  perusahaan harus harus bersaing dengan perusahaan lain, hal ini dikarenakan diluaran sana sudah pasti terdapat perusahaan yang juga menggunakan jenis strategi pemasaran yang sama.

  1. Differentied Marketing atau Membedakan/Memilih Pasar

Konsep pemasaran yang keduai ini merupakan kebalikan dari konsep strtagei pemasaran yang pertama. Dimana pada konsep pemasaran ini perusahaan melakukan sebuah pengklasifikasian pasar sesuai dengan kelompok konsumenya.

[LENGKAP] Pengertian Valuta Asing, Fungsi dan Jenis Valuta Asing

Jadi bisa dikatakan bahwa  perusahaan tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen dengan satu jenis produk saja, namun perusahaan juga menyediakan berbagai jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dibeberapa kelompok pasar yang tentunya sudah berbeda-beda.

Tak jauh berbeda dengan konsep pemasaran yang pertama, strategi pemasaran yang kedua ini pun memilki kelebihan dan kekurangan, dan berikut ini kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari strategi pemasaran yang kedua.

Kelebihan, pada konsep strategi pemasaran yang kedua ini perusahaan dapat terus meningkatkan  jumlah produksi barang daganya. Hal ini dikarenakan setiap kebutuhan konsumen berdasarkan kelompok pasar jelas berbeda.

Dalam hal ini  perusahaan dapat dipastikan bisa merauk untuk yang lebih banyak dibandingkan menggunakan stategi pemasaran yang sebelumnya.

[LENGKAP] Pengertian Analisis Rasio Keuangan, Macam-Macam Rasio dan Rumusnya

Kelemhanya, apabila sebuah perusahaan memutukan untuk menggunakan jenis strategi pemasaran  yang kedua, maka perusahaan harus bersedia untuk mengelontorkan dana yang leboh besar.

Mengapa demikian? Karena perusahaan tidak hanya memproduksi satu jenis barang, melainkan bermaca-maca dan bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan segmen pasar yang diminati.

  1. Concertrated Marketing atau Pasar yang Terkonsentrasi

Untuk jenis strategi pemasaran yang terakhir  ini adalah perusahaan mencoba untuk memfokuskan pada satu atau beberapa sasaran saja. Dengan kata lain dapat diartikan bahwa perusahaan hanya akan memproduksi kebutuhan  konsumen dibeberapa segmen pasar yang sudah ditentukan sebelumnya.

Jadi perusahaan tidak menjual secara menyeluruh kesemua pasar, dan tidak pula menjual sesuai dengan kebutuhan setiap segmen pasa yang ada, melainkan memilih beberapa kelompok pasar dan mulai memenuhi kebutuhan nya.

Pengertian Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith

Kelebihan perusahaan dagan menggunakan strategi pemasaran ini adalah, perusahaan akan mendapatkan posisi yang kuat karena telah memfokuskan diri untuk memenuhi  segala kebutuhan beberapa segmen pasar konsumen tersebut.

Kekeurnangan menggunakan strategi  yang ketiga ini adalah, apabila perusahaan sewaktu-waktu mengalami maslah yang besar bangkrut/rugi karena telah bergantung pada kelompok pasar yang itu-itu saja.

[LENGKAP] Pengertian Suku Bunga, Jenis dan Contoh Suku Bunga

Begitulah kira-kira yang harus anda pelajari ketika menginginkan produk anda laku di pasaran yaitu dengan memilih salah satu jenis strategi pemasaran. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimkasih telah berkunjung di akuntanonline.com.

Baca juga artikel lainya:

Tinggalkan komentar