Macam-Macam Produk Perbankan & Contoh Jasa Layanan Bank

Pada kesempatan kali ini akuntanonline.com akan membahasa mengenai Jenis-jenis Produk Perbankan lengkap dengan contoh jasa layanannya. Jasa layanan dan produk perbankan merupakan sebuah rangkaian kegiatan penunjang untuk melancarakan kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana.

Kegiatan tersebut sangat banyak memberikan keuntungan bagi pihak bank maupun nasabah. Bahkan dengan keuntungan yang diperoleh oleh bank akan membuat bank tersebut semakin besar, karena kelengkapan fasilitas dan pelayanan yang dimiliki bank akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon nasabah bank tersebut.

Semakin banyak jasa layanan bank yang ditawakan maka semakin baik pula bank tersebut dimata para nasabah. Untuk meningkatkan pelayanan yang maksimal oleh bank, maka banyak hal yang harus disiapkan oleh bank seperti misalnya kesiapan bank dalam permodalan, menyiapkan SDM yang handal dan juga didukung dengan kemajuan atau kecangihan teknologi yang ada.

Kegiatan Bank Umum dalam Menghimpun Dana atau Funding

Kegiatan pengumpulan dana ini biasanya dilakukan oleh pihak marketing bank, dengan cara menawarkan  berbagai jenis simpanan yang bisa dilakukan calon nasabah bank. Adapun jenis-jeinis simpanan yang biasaya ditawarakan adalah sebagai berikut :

1.Simpanan Giro atau Demand Deposit

Simpanan giro merupakan simpanan bank yang penarikanya dapat dilakukan dengan menggunakan bilyet giro atau cek. Rekening giro biasanya banyak digunakan oleh para nasabah karena merupakan dana murah, dan juga bunga yang diberikan kepada nasabah relatif rendang jika dibandingkan dengan jenis simpanan lainnya.

2.Simpanan Tabungan atau Seving Deposit

Seving deposit atau simpanan tabungan adalah simpanan dana nasabah pada bank, yang mana penarikan dananya sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan pihak bank.

Nasabah biasanya bisa mengambil dananya dengan menggunakan ATM atau ajungan tunai mandiri, buku tabungan, kwitansi atau slip penarikan. Besarnya bunga tabungan deposito nasabah tergantung dari kebijakan bank yang bersangkutan, namun umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan rekening giro.

3.Simpanan Deposito

Simpanan deposito atau juga sering disebut dengan simpanan berjangka, mengapa demikian.? Hal ini karena penarikan simpana hanya bisa dilakukan sesuai jangka waktu atau jatuh tempo yang sudah disepakati antara kedua belah pihak.

Jenis simpanan deposito pun beragam, contohnya seperti deposito berjangka, sertifikat deposito, dan deposito on call.

Baca juga :

Menyalurkan Dana atau Lending

Jasa bank selanjutnya setelah melakukan pengumpulan dana tau funding adalah kegiatan penyaluran dana atau lending. Kegiatan ini bisa dikatakan sebgai kegiatan penjualan dana yang telah terkumpul dari masyarakat.

Adapun maksud penjualan atau menjual dana disini adalah penyaluran dana lending dengan memberikan penawaran kepada masyarakat dalam bentuk pinjma atau yang lebih akrab ditelingan kita dengan istilah kata kredit.

Adpaun jenis-jenis kredit dalam perbankan itu dikelompokan kedalam 6 bagian. Berikut adalah ke enak kempok jenis kredit dengan sedikit penjelasanya :

1.Kredit Investasi

Dari kata investasi, kita sudah bisa sedikit mengambarkan bahwa kredit investasi ini adalah jenis kredit yang diberikan kepada nasabah yang gemar melakukan investasi atau penanaman modal.

Contohnya seperti kredit membangun sebuah pabrik, membeli peralatan pabrik yang terdiri dari mesin dan lain sebagainya.

2.Kredit Konsumtif

Jenis kredit satu ini terbilang yang paling banyak dilakukan oleh masayrakat, kredit konsumtif adalah jenis kredit yang peruntukanya adalah untuk keperluan pribadi nasabah.

Contohnya seperti kredit perumahan, kredir kendaraan dan jenis kredit konsumtif lainnya.

3.Kredit Profesi

Kredit profesi merupakan jenis kredit yang diberikan kepada nasabah khusus, seperti misalnya seorang dosen, dokter, atau pengacara.

4.Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja adalah jenis kredit yang diambil oleh seorang nasabah untuk tambahan modal usah atau sebagai modal usaha awal. Kredit yang satu ini biasanya hanya memiliki jangka waktu yang pendek atau tidak lebih dari 1 tahun berjalan.

Contohnya kredit untuk membyar gaji karyawan,  kredit untuk membayar bahan baku, dan jenis kredit modal kerja lainnya.

5.Kredit Perdagangan

Kredit perdangangan adalah jenis kredit yang diberikan pihak bank kepada para pedagan guna untuk mengembankan usaha dagangnya. Misalnya untuk membeli barang dagang dari para supplier atau agen.

6.Kredit Produktif

Kredit produktif merupakan kredit berupa investasi modal kerja atau perdagangan. Artinya pinjaman atau kredit ini diberikan untuk kemudian diputar kembali sehingga pengembalian kredit ini bisa diambil dari keuntungan hasil usaha yang dibiayai.

Baca juga :

Jasa Layanan Bank & Produk Bank Lainnya

Berikut ini adalah beberapa jenis jasa layanan bank yang sering kita nikmati sebagai nasabah suatu bank:

1.Kiriman Uang atau transfer

Transfer uang adalah salah satu jenis jasa layanan bank yang banyak digunakan oleh para nasabah bank tersebut. Pengiriman sejumlah uang ini dapat dilakukan pada bank yang sama maupun berbeda bank. Jasa pengiriman bank ini juga bisa dilakukan untuk tujuan dalam kota, luar kota bahkan sampai luar negeri.

Namun khusus untuk pengiriman keluarnegri nasabah harus melalui bank devisa. Dan biasanya para nasabah yang hendak mengirimkan uang melalu bank devisa ini akan dikenakan biaya kirim. Biaya kirim yang harus dibayarkan ini tergantung dari kebijakan dari masing-masing bank.

Biaya kiraim akan lebih mahal manakala pengiriman uang yang dilakukan berbeda bank atau  bank yang dituju tidak sama dengan bank yang kita gunakan jasa pengirimanya.

2.Kliring atau Clearing

contoh transaksi kliring

Kliring merupakan penagihan warkat (nama lain dari jenis surat berharga seperti cek, dan bilyet giro) yang berasal dari luar kota. Sedangkan proses penagihan biasanya cukup memakan waktu selama satu hari saja. besarnya biaya penagihan tergantug pada kebijakan bank.

3.Inkaso atau Collection

 Inkaso merupakan penagihan warkat (nama lain dari jenis surat berharga seperti cek, dan bilyet giro) baik dari luar kota atau luar negeri. Sedangkan untuk proses penagihan inkasonya bisa memakan waktu kurang lebih satu minggu bahkan sampai saru bulan lamanya.

Hal tersebut tergantung dari jarak lokasi penagihan, sedangkan biaya penagihan tergantung pada kebijakan yang diberlakukan oleh pihak bank.

4.Safe Deposit Box

Safe Deposit Box merupakan pelayanan jasa bank yang memberika layanan melalui box atau tempat menyimpan barang-barang atau surat berharga milik para nasabah sautau bank.

Barang-barang berharga yang dititpakan menggunakan safe deposit box akan lebih aman dari bahaya pencurian, dan atau kebakaran. Bagi para nasabah yang menggunakan jenis layana bank yang satu ini akan dikenakan biaya sewa yang jumlanya tergantung dari kebijakan pihak bank.

5.Bank Card atau Kartu Kredit

Bank card atau yang lebih akrab dengan sebutan kartu kredit adalah kartu yang dapat digunakan untuk mengambil uang tunai atau juga bisa digunakan untuk membayar barang yang telah dibeli pada supermarket.

Nasabah yang menggunakan jasa layanan bank ini kemudian harus membyar utang tahunan yang jumlahnya sesuai dengan perjanjia atara nasabah dan pihak bank.

Setiap pembelanjaan yang menggunakan kartu kredit memiliki masa tenggang waktu pelunasan selain itu juga dikenakan bunga dari jumlah uang yang telah dibelanjakan manakalah sudah melewati waktu yang telah ditentukan.

6.Bank Notes

Bank notes merupakan jasa penukaran valuta asing atau mata uang asing. Dalam transaksi jual belinya bank mengacu pada nilai tukar mata uang atau kurs atau nilai tukar rupiah dengan mata uang asing.

7.Bank Garansi

Bank garansi merupakan jaminan bank yang diberikan kepada nasabah untuk membiayai sebuah usaha. Dengan adanya jaminan bank ini, seorang pengusaha mendapatkan fasilitas untuk melaksanakan kegiatan usahanya.

Besarnya jaminan yang akan dikeluarkan oleh bank sebelumnya sudah ditaksir terlebih dahulu dengan melihat kredibilitas dan prospek dari usaha dari nasabah nya.

8.Bank Draft

Bank draft merupakan wesel yang telah dikeluarkan oleh pihak bank kepada para nasabahnya. Kelebihan dari bank draft ini adalah nasabah dapat memperjualbelikan wesel ini saat ketika nasabah membutuhkan uang tunai.

9.Letter of Credit atau L/C

Yang dimaksud dengan Letter of Credit L/C adalah sebuah surat kredit yang diberikan pihak bank kepada importir dan eksportir yang digunakan untuk melakukan pembayaran atas transaksi ekpor dan impor yang mereka kerjakan.

Baca juga :

Terdapat berbagai maca jenis L/C, jadi nasabah bisa memilih jenis mana yang sesuai dengan kebutuhannya dalam berbisnis.

10.Cek Wisata atau Travellers Cheque

Cek wisata merupakan alat yang dapat digunakakan untuk pembayaran diberbagai lokasi wisata perbelanjaan atau hiburan. Contohnya seperti misalnya pada supermarket atau hotel.

Cek wisata juga bisa digunakan sebagai sebuah hadiah kepada para relasi.

11.Menerima Setoran-Setoran

Jenis layanan yang ada pada bank ini adalah jenis layanan yang paling banyak atau sering dimanfaatkan oleh para nasabah, mengapa demikian..? hal ini karena keuntungan bagi para nasabah lebih praktis dan aman.

Dalam proses ini, bank membantu para nasabah dalam menampung dari berbagai setoran dari berbagai diantaranya :

  1. Pembayaran pajak
  2. Pembayaran tagihan telpon
  3. Pembayaran tagihan depot air bersih/pam
  4. Pembayaran tagihan listrik
  5. Dan pembayaran uang kuliah/daftar ulang.

12.Melayani Pembayaran-Pembayaran

Hal ini sama dengan layanan terima dana setoran, bank juga menerima pelayanan pembayaran seperti yang diminta oleh para nasabah, seperti misalnya :

  1. Membayar gaji karyawan, pensiunan, dan atau hinorarium
  2. Pembayaran deviden
  3. Pembayaran kupon
  4. Pembayaran bonus atau hadiah

13.Bermain dalam Pasar Modal

Bank juga memiliki berbagai peran kegiatan di pasar modal, seperti misalnya bermain dalam surat-surat berharga. Seperti misalnya :

  1. Penjamin emisi atau underwriter
  2. Penjamin atau guarantor
  3. Wali amanat atau trustee
  4. Perantara perdagangan di bursa efek atau sebagai pialang/broker
  5. Pedagang efek atau dealer
  6. Perusahaan pengelola dana atau invesment company

Sekian penjelasan dari akuntanonline.com tentang Macam-Macam Produk Perbankan & Contoh Jasa Layanan Bank”. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pemabaca sekalain. Terimakasih telah berkunjung ^^.

Kunjungi juga artikel lainnya :