Pihak-Pihak Pengguna Informasi Akuntansi

12 Pihak Pemakai Informasi Akuntansi

Akuntansi memiliki peran sebagai bagian yang menjadi bahasa komunikasi ekonomi baik untuk perorangan maupun sebuah lembaga. Dalam siklus akuntansi akan menghasilkan sebuah laporan yang akan menyajikan informasi pokok kepada para pemakainya.

Dalam prakteknya, pihak-pihak yang menggunakan atau membutuhkan informasi akuntansi di bagi menjadi dua,  yakni pihak internal dan pihak eksternal. Berikut ini adalah penjelasan dan contoh dari pihak internal dan eksternal dari pemakai informasi akuntansi.

Pengertian Pihak Internal

Pihak internal adalah mereka yang mempunyai tanggungjawab dan tugas dalam mengelola dan melaksanakan manajemen perusahaan. Adapun contoh dari pihak internal ini antara lain adalah :

  1. Pemilik atau Owner

Seorang pemilik perusahaan akan selalu ingin mengetahui apakah bisnisnya berjalan dengan baik atau tidak.

Owner perlu mengetahui posisi keuangan perusahaan, melihat investasi serta membandingkan jumlah rekening dengan periode sebelumnya dan bagaimana prospek perusahaan dimasa yang akan datang serta persentasi hasil yang akan dicapai oleh perusahaannya.

  1. Pihak Manajemen

Setiap manajer perusahaan baik yang ada pada posisi tertinggi maupun terendah membutuhkan informasi akuntansi yang cermat yang berkaitan dengan bidang pertanggungjawaban mereka.

Misalnya untuk menentukan harga pokok produk, maka pihak manajer bidang produksi akan membutuhkan informasi akuntansi yang berhubungan dengan perhitungan biaya produksi.

  1. Karyawan

Seorang karyawan membutuhkan informasi keuangan dari perusahaan sebagai bahan pertimbanagan baginya mengenai kontrak kerja yang akan dijalani, seperti pengajuan kesejahteraan serta kepentingan karyawan yang lainnya.

Jika diketahui posisi dari keuangan sebuah perusahaan baik, maka akan membuat lega karyawan dalam menjalankan pekerjaanya.

Pihak-Pihak Eksternal

Pihak eksternala adalah mereka yang menjadi partner bagi perusahaan atau entitas. Dalam prakteknya pihak eksternal dikelompokkan menjadi 9 bagian, dan berikut ini adalah ke 9 jenis kelompok eksternal pemakai informasi akuntansi dan penjelasannya :

  1. Kreditor

Kreditu atau kreditor adalah pihak yang dapat memberikan bantuan berupa barang secar kredit maupun pinjaman berupa dana kepada perusahaan.

Seorang kreditur membuthkan informasi keuangan dari sebuah perusahaan dikarenakan mereka ingin mengetahui  posisi kesanggupan dan kesehatan dari keuangan perusahaan yang menerima pinjaman darinya.

Dari hasil laporan akuntansi perusahaan tersebut, maka kreditur dapat mengetahui apakah nantinya perusahaan tersebut dapat mengembalikan pinjaman yang diterimanya atau tidak.

Disisi lain, laporan keuangan dari perusahaan ini juga akan menentukan sikap dari kreditur untuk memberikan pinjaman atau menolak pengajuan kredit dari perusahaan bersangkutan jika ternyata hasil laporan keuangan perusahaan tersebut menunjukkan hal yang negatif.

  1. Pemerintah

Dalam hal ini pemerintah memerlukan informasi laporan akuntanasi atau keuangan perusahaan untuk  keperluan pemungutan atau penetapan pajak yang harus dibayarkan perusahaan dan untuk memenuhi ketentuan peraturan serta Undang-Undang.

  1. Investor

Investor adalah sekelompok orang yang  menanamkan modalnya pada perusahaan. Mereka membuthkan informasi laporan keungan perusahaan guna mengukur kemampuan perusahaan untuk mendapatkan profitabilitas atau prospek keberlanjutan perusahaan dimasas depan.

Laporan akuntansi dari perusahaan memungkinakn para investor untuk menambahkan atau berhenti menanamkan modalnya pada perusahaan, serta untuk mengetahui tingkat keamanan dalam menanamkan modal atau investasi diperusahaan tersebut

  1. Konsumen atau Pelanggan

Partner bisnis perusahaan yang satu ini (konsumen) menggunakan informasi akuntansi guna untuk melakukan evaluasi terhadap hubungan dagang atau usaha yang akan datang.

  1. Masyarakat

Kegunaan informasi akuntansi sebuah perusahaan bagi masyarakt adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi perusahaan ikut serta berperan dalam perekonomian nasional, trend dan perkembangan terakhir dari kesejahteraan perusahaan beserta rangkaian aktivitasnya.

  1. Beasiswa Penelitian

Informasi akuntansi merupakan sebuah cerminan dari kinerja perusahaan atau entitas bisnis. Para kaun akademisi membutuhkan informasi akuntansi dari perusahaan yang terperinci berkaitan dengan aset, kewajiban, penjualan, beban atau biaya serta data pemegang saham yang ada dalam catatan akuntansi perusahaan.

  1. Lembaga Keuangan

Bagi lembaga keuangan informasi laporan akuntansi dari suatu perusahaan digunakan dalam rangka untuk memberikan kredit atau pinjaman serta untuk memberi penilian akan kelayakan dan menganalisa posisi keuangan dari perusahaan.


  1. Otoritas Pajak

Untuk menentukan sebuah kredibiltas pajak suatu perusahaan harus menyertakan informasi keuangannya. Hal ini bertujuan untuk melihat rekam jejak keuangan yang dapat dilihat pada laporan keuangan dari perusahaan yang bersangkutan.

  1. Agent Regulatory

Selain itu informasi akuntansi juga diperlukan oleh badan-badan pemerintah seperti misalnya bagian Departemen Hukum, Panitera, dan lainnya untuk memastikan semua aktivitas dari perusahaan tersebut telah mentaati peraturan hukum dan Undang-Undang yang berlaku.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Pihak-Pihak Pemakai Informasi Laporan Akuntansi. Semoga penjelasan dari kami dapat bermanfaat dan menambahkan wawasan dari para pembaca sekalian. Terimakasi atas kunjungannya^^.

Kunjungi juga :