Pengertian Serta Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Kali ini akuntanoline.com akan mengupas tuntas mengenai pengertian serta  perbedaan  dari ekonomi mikro dan makro. Untuk mempersingkat pembahasan kita akan masuk langsung kedalam pembahasan inti.

Pengertian Ekonomi Mikro dan Makro

Pengertian Ekonomi Makro

Ekonomi makro merupakan kegiatan ekonomi yang mencakup secara keseluruhan ilmu ekonomi. Artinya dalam cabang ekonomi makro ini menjelaskan tentang perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyarakat, perusahaan dan pasar.

Dalam perkembangannya ekonomi makro berkaitan erat dengan masalah ekonomi publik atau yang dialami oleh suatu negara.

Adapun aspek dari analisis ekonomi makro ini terdiri  dari :

Pengertian Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro merupakan sebuah kegiatan perekonomian yang mempelajari hanya sebagian kecil dari kegiatan perekonomian yang ada.

Adapun bagian kecil dari kegiatan perekonomian itu antara lain adalah seperti perilaku konsumen dan  perusahaan serta penentuan harga-harga pasar, serta kualitas dari barang dan jasa yang diperjualbelikan.

Dalam perkembangannya ekonomi mikro mengalami banyak perkembangan yang kemudian telah melahirkan beragam teori dan konsep mengenai ekonomi regional, ekonomi manajerial, ekonomi lingkungan dan ekonomi sumber daya alam.

Adapun aspek dari analisis ekonomi mikro itu sendiri meliputi sebagai berikut :

Perbedaan Utama Antara Ekonomi Mikro dan Makro

Perbedaan yang nampak jelas pada sistem ekonomi mikro dan makro ini dapat kita temui pada 3 unsur, yakni dari segi harga, unit analisis dan tujuan dari analisis.

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai ketiganya :

Harga

Dari segi harga, pada ekonomi mikro, harga adalah nilai dari  suatu komoditas atau barang tertentu saja. Sedangkan pada ekonomi makro harga merupakan mencakup nilai dari suatu komoditas secara keseluruhan atau agregat.

Unit Analisis

Pada ekonomi mikro, pembahasan hanya mencakup lingkup kegiatan tentang ekonomi yang melibatkan secara individual. Contohnya seperti permintaan dan penawaran, pasar, laba dan biaya atau rugi dari suatu perusahaan.

Sedangkan pada ekonomi makro,  pembahasan unit analisisnya mencakup dari kegiatan ekonomi secara agregat atau keseluruhan. Contohnya seperti pendapatan nasional, inflasi, deflasi, investasi, dan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Tujuan Analisis

Pada ekonomi mikro tujuan dari analisisnya lebih berfokus pada cara mengalokasikan sumber daya yang dimiliki agar dapat tercapai kombinasi yang tepat.

Sedangkan pada ekonomi makro lebih memfokuskan pada tujuan analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi yang dilakukan terhadap perekonomian yang terjadi secara keseluruhan di suatu negara.

Sekian penjelasan dari kami mengenai pengertian dan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro, semoga bermanfaat.

Kunjungi artikel lainnya :