Pengertian dan Perbedaan Barang Subtitusi dan Komplementer

Barang subtitusi dan komplementer adalah dua jenis barang atau lebih yang memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Dimana barang itu bisa jadi saling melengkapi, atau bahkan saling menggantikan.

Kedua jenis barang ini sebenarnya sangat sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena pada hakekatnya setiap barang mempunyai fungsi sebagai alat pemuas kebutuhan bagi manusia.

Barang Subtitusi

Ok, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai pengertian dari barang subtitusi ini ada baiknya kita memahami terlebih dahulu makna dari kata subtitusi. Arti dari kata subtitusi adalah sesuatu yang dapat menggantikan fungsi maupun kegunaan secara sempurna.

Dalam ilmu bahasa Indonesia, kata subtitusi memiliki arti yang mirip dengan sinonim atau persamaan kata. Contohnya seperti partitur dapat digantikan dengan nada, disinyalir dapat digantikan dengan kata ditengarai, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menurut ilmu matematika subtitusi dapat digantikan dengan variabel. Contoh : Umur Ali 6 tahun lebih tua dari Badrun dapat digantikan dengan variabel A = B + 6, dengan keterangan A untuk Ali dan B untuk Badrun.

Sedangkan dalam ilmu ekonomi barang subtitusi adalah suatu barang yang dapat menggantikan fungsi barang lain. Misalnya seperti baju kemeja dengan kaos,  nasi dapat digantikan dengan jagung, bensin dengan solar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengertian Barang Subtitusi

Melihat dari uraian penjelasan di atas, tentunya anda sudah memiliki gambaran tentang pengertian dari barang subtitusi. Barang subtitusi adalah suatu alat pemuas kebutuhan manusia yang dapat saling menggantikan fungsi dan kegunaannya secara sempurna.

Pada barang subtitusi ini, pastinya setiap orang tidak menggunakannya secara bersamaan meskipun beberapa diantaranya memungkinkan untuk digunakan secara bersamaan.

Sebagai sebuah contoh misalnya nasi yang bisa di konsumsi secara bersamaan dengan jagung, daging dengan ikan, sedangkan kedua jenis barang tersebut adalah barang subtitusi.

Akan tetapi sebagian dari barang subtitusi tidak dapat digunakan secara bersamaan, misalnya saja seperti sepeda dengan motor, dan solar dengan bensin.

Contoh Barang Subtitusi

Untuk mempermudah anda dalam memahami makna dan pengertian dari barang subtitusi berikut ini kami akan berikan contoh dan penjelasan mengapa suatu barang dapat menggantikan barang lainnya dimana barang tersebut sama sekali berbeda jenisnya.

Nasi dan Mie Instan

Contoh pertama dari barang subtitusi ini adalah nasi dan mie instan. Saat lapar maka kita butuh makan, meskipun makanan pokok kita adalah nasi dengan beragam jenis lauk pauknya namun dalam kondisi tertentu kita dapat mengganti nasi dengan lauk pauknya itu dengan mie instan saja.

Dalam hal ini mie instan memiliki fungsi yang sama dengan nasi, yakni sebagai sumber energi untuk aktivitas sehari-hari.

Pulpen dan Pensil

Tentunya kita sama-sama pernah mengalami hal ini,  dimana saat kita sedang mencatat materi menggunakan pulpen dan  tiba-tiba ternyata tinta isi pulpen kita habis, maka solusi untuk melanjutkan menulis materi yang sedang dicatat adalah dengan menggunakan pensil.

Benar memang hasilnya tulisan tidak akan sama antara pulpen dengan  pensil, namun setidaknya pensil ini memiliki fungsi yang sama dengan pulpen yakni untuk menulis.

Laptop dan Komputer

Laptop digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah, dan apabila laptop tersebut sedang dalam keadaan rusak atau di service maka kita masih bisa mengerjakan tugas sekolah itu dengan menggunakan komputer yang ada dirumah.

Kedua alat ini memiliki fungsi yang sama, oleh karenanya hubungan dari kedua jenis barang ini dapat dijadikan sebagai salah satu contoh dari barang subtitusi.

Premium dan Pertalite

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa tidak selamanya premium tersedia di SPBU. Dalam hal ini kita dihadapkan pada dua pilihan, yakni melanjutkan perjalanan sampai pada SPBU berikutnya atau cukup mengganti bahan bakar premium degnan pertalite.

Akan lain ceritanya jika ternyata bahan bakar dalam kendaraan ada sudah pada titik akan habis, sudah pasti anda akan memilih untuk mengganti premium dengan pertalite.

Bus dan Angkot atau Mikrolet

Saat hendak berpergian kita bisa menggunakan transportasi berupa bus, namun apabila bus tidak ada kita bisa menggunakan mikrolet atau angkot sebagai pengganti dari ketiadaan bus.

Kehadiran barang subtitusi umumnya bertolak belakang antara satu dengan yang lainnya. Dimana jika permintaan akan suatu barang naik, maka barang yang lainnya cenderung mengalami penurunan.

Barang Komplementer

Komplementer bermakna saling melengkapi, saling mengisi, dan menyempurnakan. Istilah kata komplementer menyangkut segala hal, termasuk didalamnya barang, warna, hingga pengobatan.

Namun lebih tepatnya istilah  komplementer ini digunakan untuk barang.

Pengertian Barang Komplementer

Barang komplementer adalah barang yang kegunaannya saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Jika salah satu barang tidak ada, maka barang yang lainnya akan mengalami penurunan fungsi atau bahkan sampai tidak dapat digunakan sama sekali.

Berbeda dengan barang subtitiusi barang komplementer ini lebih cenderung digunakan secara bersamaan. Jika kita tidak menggunakan barang yang bersifat komplementer ini secara bersamaan maka akan terasa aneh dan terlihat tidak wajar.

Contoh Barang Komplementer

Berikut ini adalah beberapa contoh barang komplementer, yang saling berketergantungan antara satu dengan yang lainnya.

Gula dan Kopi

Kopi merupakan minuman yang banyak disukai oleh orang-orang Indonesia. Kopi akan lebih nikmat untuk dinikmati manakala di beri tambahan gula sebagai pelengkap atau pemanis dari kopi tersebut.

Jika penghidangan kopi tanpa disertai gula sebagai pemanisnya, mungkin penikmat kopi tidak akan sebanyak seperti sekarang ini.

Dispenser dan Galon

Dispenser dan galon merupakan salah satu contoh dari barang yang saling melengkapi. Dispenser dirancang untuk menggunakan galon sebagai wadah penyimpanan air minumnya, sedangkan galon dirancang untuk menjadi tempat penyimpanan air bagi  dispenser.

Kompor dan Gas

Saat akan memasak masakan tentunya kita membutuhkan 2 alat utama, yakni kompor dan gas yang berada dalam tabung. Jika salah satu dari keduanya tidak ada, misalnya gas habis maka kompor sudah dapat dipastikan tidak akan menyala dan sudah tentu kita tidak jadi memasak.

Buku Catatan dengan Pulpen

Buku merupakan salah satu bentuk alat yang berfungsi untuk menyimpan semua catatan kegiatan serta ilmu dalam bentuk tulisan yang terdokumentasi. Agar buku dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka buku membutuhkan alat bantu lainnya seperti pulpen, pensil, maupun sepidol.

Demikian juga sebaliknya, pulpen membutuhkan media lain sebagai alat bantu agar fungsi dari pulpen itu dapat terealisasikan. Dan alat bantu itu salah satunya adalah buku.

Tv dan Antena

Saat kita menikmati siaran TV dirumah, itu artinya bukan semata-mata karena kita memiliki televisi saja. Melainkan kita membutuhkan sebuah antena untuk  dapat memperoleh siaran dari tv-tv swasta seperti RCTI, SCTV, Indosiar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kehadiran antena sangat penting bagi televisi dalam menangkap gambar siaran dari stasiun tv. Antara antena dan TV memiliki hubungan yang saling melengkapi sebagai sebuah alat pemuas kebutuhan manusia dalam hal hiburan.

Monitor, CPU, Keyboard, dan Mouse

ke empat komponen ini harus ada dalam satu perangkat komputer, apabila salah satunya tidak ada maka fungsi dari sebuah komputer ini tidak akan berjalan dengan baik.

Handphone dan Charger

Handphone tidak berfungsi manakala baterainya tidak memiliki daya, untuk  itu dibutuhkan charger untuk mengecas atau mengisi daya dari baterai handphone tersebut.

Keduanya masuk dalam kategori barang komplementer yang saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.

Berbeda dengan barang subtitusi yang mana jika permintaan akan suatu barang naik, maka barang yang lainnya akan mengalami penurunan. Pada barang komplementer permintaan barang akan cenderung beriringan, yang artinya jika permintaan suatu barang naik, maka barang lainnya/komplementer juga akan ikut mengalami kenaikan.

Demikian penjelasan singkat dari kami tentang Perbedaan Barang Subtitusi dan Komplementer Lengkap Dengan Contohnya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca sekalian dan terimakasih sudah berkunjung.

Baca juga :