Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Serta Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi

Dalam praktek-nya pelaku kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat di bagi menjadi  empat kelompok.

Ke empat kelompok itu adalah rumah tangga keluarga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri.

Rumah Tangga Konsumen atau Konsumsi

Adalah golongan pelaku kegiatan ekonomi dalam kehidupan masyarakat yang terdiri atas beberapa orang yang memiliki kebutuhan yang tidak terbatas.

Agar dapat memenuhi kebutuhannya, seseorang tersebut harus bekerja untuk mendapatkan uang. Yang kemudian uang tersebut barulah bisa digunakan untuk membeli barang atau jasa sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Beberapa hal yang sering dilakukan oleh rumah tangga konsumen adalah mereka melakukan cara-cara seperti berikut ini :

  1. Mereka akan menawarkan sejumlah tanah atau rumah untuk mendapatkan balas jasa berupa uang sewa.
  2. Menawarkan sumber daya manusia atau tenaga kerja untuk kemudian mendapatkan balas jasa berupa upah atau gaji.
  3. Menawarkan modal miliknya untuk kemudian mendapatkan bunga dari modal tersebut sebagai bentuk dari balas jasa.
  4. Menawarkan skill atau keahlian yang dimiliki untuk mendapatkan balas jasa yang disebut dengan istilah bagi keuntungan atau laba usaha.

skema rumah tangga konsumen

Peran Rumah Tangga Konsumen atau Konsumsi

Mengacu pada bagan di atas, maka peran rumah tangga konsumen atau konsumsi adalah sebagai berikut :

  1. Menyerahkan atau menyediakan faktor produksi.
  2. Mengkonsumsi jenis barang dan jasa.
  3. Memperoleh imbalan atau mendapatkan balas jasa dari faktor produksi yang dimiliki. Imbalan yang dimaksud dalam hal ini bisa berupa upah tenaga untuk faktor-faktor produksi, sewa untuk tanah, bunga untuk modal serta keuntungan untuk usaha.

Rumah Tangga Produksi atau Produsen

Lalu apakah yang dimaksud dengan perusahaan? Adakah perusahaan di sekitar daerah tempat anda tinggal? Dan bagaimana hubungannya perusahaan dengan rumah tangga keluarga?

Do You Know.?
Perusahaan merupakan salah satu dari pelaku ekonomi yang melakukan kegiatan produksi melalui peningkatan kegunaan suatu barang.

Contohnya, merubah kayu yang semula berupa kayu balok lalu kemudian dijadikan sebagai perabot rumah tangga.

Untuk merubah kayu tersebut dibutuhkan alat-alat seperti gergaji, tukang kayu, paku, cat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alat-alat yang digunakan atau dihimpun untuk meningkatkan kegunaan barang dalam teori ekonomi ini disebut faktor produksi atau sumber daya ekonomi.

Faktor produksi ini sangatlah penting dalam proses produksi untuk menghasilkan output akan suatu barang atau jasa.

skema rumah tangga produsen

Peran Rumah Tangga Produsen

Berdasarkan pada bagan di atas, maka peran rumah tangga produksi atau perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan kegiatan produksi atas barang dan jasa, dengan cara mengelola faktor produksi yang didapat dari rumah tangga konsumen.
  2. Membayar imbalan atas penggunaan faktor produksi tersebut.
  3. Menjual kembali hasil produksi kepada rumah tangga konsumen.
  4. Menerima pembayaran atas adanya penjualan barang dan jasa.

Rumah Tangga Pemerintah

Peran pemerintah dalam perekonomian sesuai berdasarkan motif ekonomi yakni untuk mencari penghasilan demi kepentingan umum.

Dengan kata lain kegiatan ekonomi pemerintah jelas berbeda dengan peran rumah tangga konsumen maupun produsen di perusahaan yang kegiatannya bermotif private ekonomi atau berguna untuk kepentingan diri sendiri.

skema rumah tangga pemerintah

Peran Rumah Tangga Pemerintah

Adapun peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi adalah :

  1. Pertama, mengeluarkan undang-undang peraturan serta kebijakan yang bertujuan mengumpulkan dana dari masyarakat. Contohnya seperti dari adanya pemungutan pajak baik dari perusahaan maupun rumah tangga konsumsi.
  2. Kedua, membeli berbagai jenis kebutuhan pemerintah untuk mempersiapkan sarana dan prasarana guna kepentingan umum. Misalnya seperti kegiatan keamanan pendidikan serta jalan raya.
  3. Terakhir, melakukan kegiatan langsung melalui badan usaha milik negara BUMN. Contoh seperti menyediakan tenaga listrik, pertambangan, perbankan, serta menjalin hubungan ekonomi dengan negara-negara lain. (lebih jelas tentan BUMN baca disini)

Perusahaan milik negara dibedakan menjadi dua jenis, yakni Perusahaan Umum Perum dan Perusahaan Perseroan atau PT.

  1. Perusahaan Umum atau Perum contohnya seperti Perum Pengadiaan, Perum Prumnas. Di Indonesia tercatat ada sekitar 32 perusahaan umum yang berdiri dibawah naungan pemerintah.
  2. Perusahaan Perseroan. Menjalankan usaha seperti layaknya perusahaan swasta. Contohnya PT Perkebunan, PT Garuda, PT Pelni Jasa Marga dan masih banyak lagi yang lainnya.

Peran Pemerintah

Selain menjaga dan bertanggung jawab akan kesejahteraan rakyat, keamanan serta tata tertib, pemerintah juga memiliki tugas seperti :

  1. Menyediakan prasarana umum seperti misalnya pengangkutan umum air minum, jalan-jalan umum, listrik sekolah, rumah sakit, dan lain-lain.
  2. Merangsang produksi melalui pajak dan juga subsidi.
  3. Mengawasi peredaran jumlah uang di masyarakat.
  4. Menyediakan dan memberikan informasi melalui bagian statistik harga riset dan penerangan.
  5. Mengatur jalannya perekonomian melalui peraturan serta pengawasan dan perizinan usaha.
  6. Menjalankan beberapa usaha secara mandiri atau sendiri.

Peran Masyarakat Luar Negeri atau Masyarakat Internasional

Keberadaan manusia sebagai seorang mahluk sosial membuat kita tidak bisa hidup tanpa kehadiran dari orang lain.

Kita tidak akan mampu untuk mencukupi kehidupan sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Sama halnya dengan negara, yang tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan seluruh warga negaranya.

Dalam hal ini kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa, negara membutuhkan kehadiran negara lain untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakatnya.

skema peran masyarakat luar negeri

Peran Masyarakat Luar Negeri

Jadi dapat kita simpul kan bahwa, peran masyarakat luar negeri sebagai salah satu pelaku dari kegiatan ekonomi adalah untuk menjalin kerjasama dibidang ekonomi, dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhannya sendiri.

Cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan melakukan kegiatan ekspor dan impor barang dan jasa. Kegiatan ini tercatat pada daftar neraca perdagangan dan seluruh kegiatan lalu lintas pembayaran dicatat dalam daftar yang disebut dengan neraca pembayaran.

Itulah tadi pembahasan tentang Peran Rumah Tangga Konsumsi, Produsen, dan Pemerintah Sebagai Pelaku dari Kegiatan Ekonomi. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan terimakasih atas kunjungannya.

Kunjungi Juga :