Pentingnya Asuransi Pendidikan Anak untuk Masa Depan

Bagi Anda yang sudah memiliki buah hati, sangat penting untuk mempersiapkan asuransi pendidikan anak. Bisa dipastikan setiap tahunnya biaya sekolah akan selalu naik, sementara pendapatan orang tua bisa saja terhenti karena suatu hal yang tidak diinginkan. 

Seberapa Penting Asuransi Pendidikan?

Dengan banyaknya masalah perekonomian, jangan sampai pendidikan anak dikorbankan. Salah satu solusi untuk mengantisipasi masalah tersebut, bisa menggunakan asuransi pendidikan, Akan tetapi, masih bayak orang tua yang kurang sadar akah hal semacam itu.

Alasannya, karena mengeluarkan uang pendidikan anak melalui asuransi tidak terlalu penting. Selain itu, juga ada beberapa kendala seperti harga kebutuhan yang dinilai semakin mahal. Hal semacam ini kerap kali dirasakan oleh golongan menengah ke bawah.

Padahal, biaya sekolah tidak hanya iuran bulanan atau biaya gedung saja. Tetapi juga pengeluaran lainnya seperti seragam, buku dan sebagainya. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki asuransi pendidikan anak untuk menjamin masa depannya.

Manfaat Asuransi Pendidikan Anak

Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika memiliki asuransi jenis ini, yaitu (referensi info):

Mendapatkan Jaminan

Ada dua jaminan yang bisa didapatkan, yakni keamanan dan juga kepastian pendidikan anak. Misalnya, orang tua mengalami musibah, mereka sudah tidak lagi khawatir dengan biaya sekolah. Karena sudah ditanggung oleh pihak asuransi.

Tanpa Anda sadari dengan adanya asuransi ini, berarti sudah bisa mengontrol keuangan dengan sangat baik. Sehingga, lebih mudah dalam menerapkan kebiasaan menabung dan hidup hemat.

Angsuran Menyesuaikan

Ketika Anda mendaftaran asuransi tersebut, berarti sudah bergabung dalam perencanaan pendidikan anak. Produk di dalamnya juga disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan dari nasabah.

Premi asuransinya juga sangat fleksibel, sehingga disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan yang Anda inginkan. Pembayarannya juga tidak harus dilakukan setiap bulan, melainkan 3 bulan sekali tergantung perjanjian di awal.

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Memilih asuransi pendidikan anak bukanlah perkara mudah, terlebih ini berkaitan dengan keberhasilan. Proses pemilihannya juga harus disesuaikan dengan kemampuan finansial keluarga. Di Indonesia sendiri, ada beberapa perusahaan terbaik menyediakan layanan tersebut. seperti:

Asuransi Pendidikan Manulife

Salah satu produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini adalah Manulife Education Protector. Asuransi pendidikan tersebut termasuk jenis unit link. Ini berarti tidak hanya memastikan masa depan anak saja, tetapi juga melakukan investasi lainnya seperti Manulife Dana Ekuitas, Manulife Dana Ekuitas Syariah dan sebagainya.

Manulife juga menyediakan asuransi jenis dwiguna, yaitu ProGraduate. Program ini memberikan layanan pembayaran tunai sebagai dana untuk pendidikan dan dibayarkan pada usia 18 hingga 23 tahun. Tentunya juga memberikan perlindungan jiwa kepada orang tua sebagai pihak tertanggung.

Asuransi Pendidikan BCA

BCA baru saja mengeluarkan layanan asuransi pendidikan yang bernama Proteksi Edukasi Maksimal (EduPlan). Produk tersebut merupakan jenis dwiguna, sehingga bisa membantu orang tua mempersiapkan kebutuhan dana sekolah untuk anaknya.

Pembayaran premi dapat dilakukan 3, 10 hingga 15 tahun. Keuntungan menggunakan EduPlan adalah pendidikan yang dijamin sebesar 200 persen dari uang pertanggungan saat anak berusia 18 sampai 21 tahun. Selain itu, juga memiliki kesempatan mendapatkan bonus tahunan dan akhir polis.

Asuransi Pendidikan BRI

Asuransi ini bekerja sama dengan Sequis dan siap memberikan jaminan keselamatan jiwa serta dana untuk sekolah.  Anda cukup membayarkan premi selama 8 tahun dan bisa menikmatinya hingga usia 18 tahun.

Jika tertanggung mengalami kematian atau kecelakaan, maka Anda berhak untuk mendapatkan dana sebesar 150 persen dari semua uang pertanggungan. Sementara dana pendidikan yang diperoleh juga sama.

Asuransi Pendidikan Mandiri

Mandiri Sejahtera Cerdas merupakan produk asuransi pendidikan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Hampir sama dengan yang pihak lainnya, penentuan premi dan uang pertanggungan juga sangat fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Keunggulan yang dimiliki adalah pemberian loyalti bonus sebesar 1,5 persen pada akhir tahun kelima. Selain itu, juga ada beragam pilihan dana investasi sesuai dengan profil risiko. Jadi, selain menjaga masa depan pendidikan anak, sekaligus orang tua juga bisa melakukan investasi.

Itulah penjelasan tentang asuransi pendidikan anak. Semoga setelah membaca ulasan di atas Anda bisa memiliki kesadaran akan pentingnya hal tersebut. Dengan begitu, tidak ada kendala saat pelaksanaannya. 

Kategori REVIEW