Pengertian Suku, Ciri, Jenis dan Contohnya

Indonesia merupakan negara kepulauan yang membentang luas dari Sabang samapi dengan Merauke. Indonesia sebagai negara berkembang memiliki bendera dengan warna merah dan putih, yang bermakna merah artinya berani dan putih yang berarti suci. Negara Indonesia ini adalah negara berkembang dengan mayoritas penduduk memiliki mata pencaharian di bidang agraris.

Negara Kesatuan Republik Indonesia ini memiliki lambang negara berupa Burung Garuda yang dibawah kakinya tertulis semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Moto atau semboyan tersebut memiliki makna, berbeda-beda tetap satu jua. Perbedaan tersebutlah yang membuat Indonesia ini memiliki berbagai keragaman budaya, suku, ras, dan agama.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahasa mengenai keragaman dari pengertian suku, jenis dan ciri serta contoh yang ada di Indonesia.

Pengertian Suku

Suku adalah sekelompok masyarakat yang hidup dan tinggal di suatau tempat atau daerah tertentu dengan memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan adat dan istiadat serta kebudayaan yang berlaku di daerah tersebut.

Keragaman suku yang ada di Indonesia ini mempunyai jenis dan ciri-ciri khas tersendiri dari setiap suku nya.

Ciri, Jenis dan Contoh Suku di Indonesia

Dibawah ini adalah beberpa contoh dari jenis suku yang tersebar di Negara Kesatuan Republik Indonesia beserta ciri-cirinya:

Sub Ras Melayu atau Proto Melayu

Jenis suku  yang pertama kami bahas yang ada di Indonesia ini adalah suku sub ras melayu atau yang sering kita sebut dengan sebutan suku proto melayu. Suku proto melayu merupakan suku tertua yang ada di Indonesia.

Yang mana suku ini sudah ada sejak zaman kerajaan. Berikut ini adalah ciri-ciri dan contoh dari suku sub ras melayu :

  • Suku Tapanuli

Suku tapanuli adalah suku yang ada dan tinggal di daerah Sumatra Utara. Orang-orang dari suku tapanuli ini memiliki  karakteristik yang sama dengan suku batak, yakni nada bicara yang keras.

Sistem kekeluargaan yang dianut pada suku tapanuli ini adalah sistem patrilineal yang artinya alur keturunan diatur dari pihak laki-laki.

  • Suku Batak

Suku batak merupakan suku yang mendiami daratan Provinsi Sumatra Utara, dimana mereka berkolaborasi dengan suku tapanuli. Umunya suku batak dapat kita temui di wilayah Kota Medan.

Orang Batak terkenal denan nada bicaranya yang tinggi atau keras.

  • Suku Riau

Suku Riau adalah suku yang mendiami Indoneisa dan berdomisili di daerah Riau, khususnya Kepulauan Riau. Suku riau bisa dibilang sebagai salah satu suku yang terbesar yang ada di Indonesia.

Suku riau ini berpendapat bahwa rejeki seorang laki-laki itu terdapat diluar. Maksudnya adalah dimana ada anak laki-laki dari suku riau yang sudah menginjak usia 18 tahun, maka akan diminta untuk merantau mencari rejeki di tanah orang atau keluar dari wilayah kepulauan Riau.

Meskipun suku riau berdomisili asali di Kepulauan Riau, tak jarang kita menumui mereka di di kota-kota besar seperti Jakarta dan Makasar. Hal ini terjadi karena sebuah adat kebiasaan mereka untuk merantau mencari nafkah di kota lain.

Kita dapat mencermati cri-ciri dari anak suku riau dengan melihat dari porsi tubuh yang tinggi dengan perawakan yang tegap.

  • Suku Kubu Lubu

Suku kubu lubu merupakan suku yang mendiami daerah wilayah Jambi dan Sumatra Selatan. Suku kubu lubu memiliki kebiasaan dalam kebudayaanya bahwa pria yang sudah berusia 18 tahun diharuskan untu merantau.

Hal ini sama dengan suku riau, maka suku kubu lubu jambi ini pun banyak tersebar di luar daerah Jambi dan Sumatera Selatan. Daerah rantu yang sering menjadi tujuan dari anak suku kubu lubu ini adalah daerah Ibukota Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, dan Surabaya.

  • Suku Dayak

Suku dayak merupakan suku asli Indonesia yang mendiami wilayah Pulau Kalimantan. Suku dayak terkenal dengan suku yang memiliki aktivitas spiritual mistis yang tinggi. Hal ini membuat suku diwilayah lain Indonesia sangat menghargai orang asli sku dayak.

  • Suku Toraja

Suku toraja adalah suku yang mendiami dataran tinggi tanah toraja yang ada di Sulawesi Selatan. Adapun keunikan dari suku toraja ini adalah menyimpan atau memakamkan mayak suku toraja dalam goa, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Goa Londa.

Lalu kemudian setiap anggota keluarga akan memotong  jarinya sesuia dengan jumlah anggota keluarga yang meninggal.

Sub Ras Melayu Muda

Sub ras melayu muda atau yang lebih dikenal dengan istilah detero melayu adalah jenis suku yang menempati Indonesia setelah kehadirian dari proto melayu. Adapun suku yang masuk dalam kategoro sub ras melayu muda ini terdiri dari 9 suku.

Dan berikut ini adalah ke 9 suku yang masuk dalam sub ras melayu muda :

  • Suku Minang

Suku minang merupakan suku asli Indonesia yang menepati wilayah Sumatera Barat. Suku minang terkenal dengan kuliner khasnya dan mendunia, yups nasi padang dan rendangnya.

Suku minang memiiki sistim keturunan matrilineal yang artinya alur keturunan diatur oleh pihak wanita.

  • Suku Baduy

Suku badui berdomisili di daerah Provinsi Banten. Orang suku baduy sering dikenal dengan sebutuan lokal urang kanekes. Suku baduy memiliki sebuah pantangan dalam mandi, yakni tidak boleh menggunakan bahan kimia seperti sabun mandi, mereka hanya menggunakan air untuk membersihkan tubuhnya.

  • Suku Betawi

Suku betawi adalah suku yang bertempat tinggal di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kebudayaan suku betawi yang sanggat terkenal adalah ondel-ondel atau sepasang boneka raksasa.

Ciri khas lain dari suku betawi dapat kita temui saat acara lamaran. Dimana antara pihak mempelai wanita dan pria akan saling beradu pantun yang di selangi dengan gerakan-gerakan pencak silat khas betawi.

  • Suku Sunda

Suku sunda berada di Indonesia tepatnya diwilayah Jawa Barat. Suku sunda pada zaman kerajaan dahulu memiliki kerajaan yang besar dan terkemuka, yakni kerajaan Pasundan.

Pada masyarakat sudah masih banyak yang menganut kepercayaan sunda yakni wiwitan.

  • Suku Jawa

Suku jawa adalah suku yang mendiami wilayah di Provinsi Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Namun demikian, persebaran suku jawa ini hampir di seluruh wilayah Indonesia dapat kita temui. Hal ini terjadi karena adanya kebijakan transmigrasi besar-besaran dari pemerintah yang disebabkan dari adanya kepadatan penduduk.

Suku jawa dibagi atas dasar 3 sub bagian, yakni suku Jawa Kejawen, Jawa Banyumas, dan Jawa Timuran.

  • Suku Madura

Suku madura adalah suku yang mendiami kawasan wilayah Madura. Suku madura terkenal dengan makanan khasnnya yakni sate serta logat khas dalam memangil pelangganya yang berulang-ulang.

  • Suku Bali

Suku bali memiliki sebuah kesamaan dengan suku dayak. Yakni memiliki unsur spiritual mistis yang tinggi. Mayoritas masyarakat suku bali menganut kepercayaan Hindu. Suku bali hanya tersebar di kawasan seluruh pula Bali.

  • Suku Buton

Suku buton adalah suku yang mendiami wilayah asli Provinsi Sulawesi Tenggara. Suku buton ini memiliki ciri khas suara yang besar dan bahasa yang dibalik-balik. Suku buton tersebat diseluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dimulai dari Kendari, Konawe, Kilaka, Bau-bau, hingga Wakatobi.

  • Suku Manado

Suku manado adalah suku yang menghuni wilayah asli di Sulawesi Utara. Mayoritas suku manado beragama Nasrani. Suku manado terkenal mempunyai suara yang bagus dalam bernyanyi.

Hal itu bisa kita lihat dari banyaknya artis Indonesai asli manado yang pandai bernyanyi.

Sub Ras Negrito

Sub ras Negrito adalah jenis suku di Indonesia yang mendiami Indonesia bagian Timur. Klasifikasi jenis suku sub ras negrito adalah suku dani yang ada di papu dan suku ambon yang berada di maluku. Ciri-ciri khusu dari sub ras negrito ini adalah memiliki rambut kriting dan kulit yang gelap atau hitam.

Nah, demikianlah penjelasa dari kami menenai pengertian suku yang di kaji dari jenis dan ciri serta contohnya yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan membantu para pemabca sekalian.