Pengertian, Rumus, dan Contoh GNP & GDP

GNP & GP merupakan salah satu konsep dari pendapatan nasional sebuah negara. Nah, sebelum kita lanjut membahasa lebih dalam mengenai GNP & GDP ada baiknya kita memahami kembali apa itu pendapatan nasional.

Taukah anda..?

Pendapatan nasional adalah jumlah keseluruhan  pendapatan yang diterima oleh masyarakat dalam suatu negara tertentu, dengan jangka waktu selama satu tahun berjalan. Setidaknya ada 6 konsep dari pendapatan nasional, diantaranya GNP, GDP, NNI, PI, dan DI. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahasa secara terperinci tentang GNP dan GDP.

Pengertian GNP dan GDP

Gross National Prduct atau yang lebih mudah kita singkat dengan GNP merupakan jumlah pendapatan total ekonomi dalam suatu negara dalam jangka waktu satu tahun. Yang mana didalamnya termasuk nilai produksi barang atau jasa yang dihasilkan oleh penduduk dari negara tersebut baik didalam maupun diluar wilayah negara.

Namun, pendapatan yang diperoleh dari non penduduk dalam suatu negara tersebut tidak dihitung dalam nilai-nilai GNP. Perlu untuk anda ketahui nama lain dari GNP adalah PNB atau Produk Nasional Bruto.

Gross Domestic Product atau GDP adalah jumlah produk yang dihasilkan oleh unit-unit produksi didalam batas wilayah suatu negara, yang berupa barang dan jasa dalam waktu satu tahun. (Baca juga : Contoh Bukti-Bukti Transaksi Perusahaan)

Didalamnya termasuk hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh orang asing, atau suatu  perusahaan yang beroprasi diwilayah negara yang bersangkutan.

Nama lain dari GDP  adalah PDB atau Produk Domestik Bruto.

Sebagai catatan, barang-barnag yang dihasilkan temasuk barang modal yang belum diperhitungkan penyusutanya. Hal ini karena jumlah yang diperoleh dari GDP adalah jumlah bruto atau kotor.

Rumus Gross National Produk

Rumus yang umumnya digunakan untuk memperoleh GNP atau PBD adalah sebagai berikut :

Rumus Mencari GNP

Rumus Gross Domestic Product atau GDP

Rumus pendekatan pendapatan nasional yang sering digunakan untuk menghitung PDB atau GDP adalah pendekatan pengeluaran, dan berikut ini adalah rumusnya :

Rumus GDP

Keterangan :

Konsumsi : pengeluaran yang dikeluarkan oleh rumah tangga

Investasi : sektor usaha

Pengeluaran pemerintah : pemerintah

Ekspor/ Impor : sektor luar negeri

Dari data terakhir, negara yang memiliki GNP terbesar adalah Lixembourg, dengan jumlah nilai perkapita 45.360  U$ Dolar. Sedangkan negara yang memeliki jumlah GDP terbesar adalah Qatar, dengan jumlah GDP nilai perkapitanya mencapai 102.943 Dolar AS.

GNP dan GDP merupakan salah satu indikator dari perkembangan ekonomi masyaratkat didalam suatu negara. Salah satu cara meningkatkan pendapatan nasional suatu negara adalah dengan meningkatkan jumlah ekspor barang dan jasa keluar negeri. (Baca juga : Contoh Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa)

Sedangkan pengembangan barang serta adanya inovasi sangatlah diperlukan guna pengembangan barang produksi untuk meningkatkan daya jual.

Contoh Soal GNP dan GDP

Berikut ini adalah contoh soal pencarian GDP  :

Suatu negara mempunyai pendapat nasional sebagai berikut :

Contoh soal GNP & GDP
  1. Carilah GDP dari contoh pendapatan nasional suatu negara tersebut di atas :

Jawab :

GDP = C + I + G + (X – M)

GDP = 90.000.000 + 75.000.000 + 300.000.000 + (50.000.000 – 35.000.000)

GDP  = 465.000.000 + 15.000.000

GDP  = 480.000.000

Maka diketahui besarnya GDP atau PDB negara tersebut adalah Rp.480.000.000,-.

(Baca juga : [Lengkap] Rumus Elastisitas Permintaan dan Penawaran)

  1. Pada tahun 2005 diketahui produk domestik bruto Indonesia adalah sebesar Rp.131.101,6 Milyar. Sedangkan pendapatan atau produk netto terhadap luar negeri mencapai Rp.4.955,7 Milyar, pajak tidak langsung sebesar Rp.8.954,1 Milyar, penyusutan Rp.6.984,1 Milyar, iuran asuransi sebesar Rp. 30M, laba ditahan Rp.5,1M, transfer payment Rp.6M, dan pajak tidak langsung sebesar Rp.12M. Hitunglah berapa besar GNP atau PNB negara Indonesia tersebut?

Jawab :

GNP = GDP + Produk Netto Terhadap Luar Negri

GNP = 131.101,6 + 4.955,7

GNP = 136.0557,3

Maka diketahui bersanya GNP atau PBN negara Indonesia pada tahun 2005 adalah sebesar Rp.136.057,3 Milyar.

 

Nah, demikianlah penjelasan kami mengenai “Pengertian, Rumus Serta Contoh GNP dan GDP”. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan keilmuan para pembaca sekalian. Jangan lupa beri bintang di bawah ini ya ^^.

Baca juga artikel lainnya :

Tinggalkan komentar