Pengertian Rasisme, Penyebab Terjadinya Serta Contoh Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pandangan akan perbedaan warna kulit secara implisit masih sering saja terjadi di dunia ini. Fakta sosial ini memicu munculnya gerakan-gerakan yang lebih mengutamakan ras nya sendiri dan hal inilah yang kemudian akan memunculkan konflik dalam masyarakat.

Perilaku atau tipikal penduduk yang masih menganut pandangan tersebut merupakan sebuah praktik rasisme terhadap suatu golongan.

Nah, di kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai Pengertian Rasisme,  Penyebab Terjadinya serta Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari.

Rasisme

Tidak sedikit orang yang menyama artikan kata rasisme dengan rasislisme, hal ini karena terjemahan dari bahasa Inggris racism dan racialism yang memiliki makna  yang sama.

Kemunculan perilaku rasisme ini akan menjadi faktor pendorong terjadinya diskriminasi sosial, kekerasan rasial, bahkan pemicu tindakan genosida.

Pengertian Rasisme

Rasisme merupakan pandangan terhadap ideologi atau paham yang dianut oleh sebagian masyarakat yang menolak atau tidak suka pada satu golongan masyarakat tertentu yang biasanya dilihat berdasarkan ras-nya, derajat, suku, agama dan lain sebagainya.

Pengertian Rasisme  Menurut Ahli

Dibawah ini adalah penjelasan oleh beberapa ahli mengenai pengertian dari rasisme :

1. Pramoedya Ananta Toer

Menjelaskan rasisme atau rasialisme adalah paham yang menolak suatu golongan masyarakat yang berdasarkan atas berbeda ras. Dengan kata lain, memiliki kelainan daripada umumnya.

2. Alo Liliweri

Menurutnya rasisme adalah suatu ideologi yang mendasarkan diri pada diskriminasi terhadap seseorang atau sekelompok orang karena ras mereka, bahkan kini hal ini menjadi doktrin politis.

3. Human Rights and Equal Opportunity Commission

Rasisme adalah suatu ideologi yang menyumbangkan pernyataan mitos perihal kelompok ras dan etnis lain lebih rendah dari kelompok maupun komunitas tersebut.

4. Oliver C.Cox

Oliver C.Cox menjelaskan rasisme adalah peristiwa atau situasi yang menilai berbagai tindakan dan nilai dalam suatu kelompok berdasarkan perspektif kultur yang   memandang semua nilai sosial masyarakat lain diluar dari kelompok mereka salah dan tidak dapat untuk diterima.

Melihat dari penjelasan beberapa ahli di atas mengenai pengertian rasisme, maka kita bisa menarik sebuah kesimpulan bahwa pengertian rasisme adalah sebuah ideologi yang berlandaskan pada kepercayaan bahwa ciri-ciri tertentu yang melekat sejak lahir menandakan orang tersebut lebih rendah sehingga secara otomatis akan mendapatkan perilaku diskriminasi.

Penyebab Terjadinya Rasisme

Melihat dari munculnya tindakan rasisme yang muncul ditengah-tengah masyarakat setidaknya ada tiga faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya perilaku rasisme tersebut.

Dan berikut ini adalah ke tiga faktor utama yang menyebabkannya munculnya tindakan rasisme dalam masyarakat :

Sosialisasi dalam Keluarga

Apapun yang telah diajarkan pada seorag anak oleh orang tuanya, akan secara otomatis melekat dalam diri anak tersebut. Terkait apakah itu hal baik maupun hal buruk sekalipun.

Ironis nya, orangtua bisa menjadi salah satu faktor utama penyebab terjadinya perilaku rasisme, sehingga hal ini akan terus berlanjut seperti sebuah rantai kebencian yang tidak akan pernah putus karena secara terus menerus didoktrin antar generasi.

Keputusan Kebijakan Pemerintah

Umumnya penyebab rasisme yang paling sering terjadi karena keputusan kebijakan pemerintah. Indonesia pun tak terlepas dari hal ini, hal ini dipengaruhi oleh ke otoriteran dari pemimpin dalam pemerintah.

Misalnya saja dari Orde Lama dan Orde Baru, etnis Tionghoa mereka di diskriminasi serta dibatasi atas raung gerak mereka.

Budaya dan Adat Istiadat

Kebudayaan serta adat istiadat dalam setiap daerah tentunya tidak sama dan saling berbeda-beda. Hal ini tentunya secara otomatis akan mempengaruhi kultur maupun pandangan penanganan dalam suatu masalah sosial di dalam masyarakat.

Selain dari ketiga faktor penyebab dari munculnya perilaku rasisme yang telah disebutkan di atas, penyebab lain yang menyebabkan adanya perilaku rasisme ini adalah karena adanya kesenjangan sosial/ekonomi, kesenjangan sarana dan prasarana, serta rasa cinta yang berlebihan dan munculnya sifat iri hati.

Contoh Rasisme dalam Olah Raga Sepakbola

Tidak sedikit masyarakat yang mempraktekan perilaku rasisme dalam kehidupannya sehari-hari. Baik itu dilakukan secara sadar maupun tidak, adapun contoh dari tindakan rasisme yang dilakukan secara implisit dalam bidan olah raga antara lain sebagai berikut :

Perilaku Rasisme Klub Sriwijaya FC pada Pemain Persipura

Dunia persepakbolaan di Indonesia pun tak lepas dari kasus rasisme. Dimana kasus ini terjadi manakala suporter klub Sriwijaya FC menghina para pemain Persipura dengan meneriakan suara-suara yang menyerupai monyet.

Hinaan tersebut jelas ditunjukkan untuk para pemain Persipura yang mayoritas berasal  dari Papua.

Rasisme Klub Sepakbola Spanyol pada Samuel Eto’o

Pesepak bola kelas dunia Samuel Eto’o pun tak lepas dari tindakan rasisme yang dilakukan oleh beberapa klub Spanyol. Tindakan rasisme yang diterima oleh beliau adalah ejekan berupa suara menyerupai monyet/kera saat Samuel Eto’o menggiring bola.

Rasisme Suporter Lazio

Suporter klub sepak bola Lazio memang sudah terkenal dengan suporter klub paling rasisme yang ada di Italia. Aron Winter, mantan pemain timnas Belanda adalah pemain berkulit gelap (hitam) terakhir yang bergabung dengan klub ini.

Tindakan rasisme yang dialami olehnya terjadi pada saat ia pertama kali datang pada klub ini, Aron Winter mendapatkan cemoohan yang cukup menyayat hati dengan kata-kata atau sebutan sebagai “Yahudi Negro”.

Kasus Rasisme Mihajlovic Kepada Vieira

Sinisa Mihajlovic seorang mantan pemain tim nasional Yugoslavia dan juga pemain dari klub intermilan ini telah melakukan penghinaan kepada mantan pemain Arsenal Patrick Vieira.

Mihajlovic menghina Vieira dengan ungkapan atau kata-kata “black shit”. Atas tindakan rasisme nya terhadap Vieira tersebut, Mihajlovic diganjari hukuman oleh FIFA dua kali larangan bermain.

Perilaku Rasisme Jean Marie Le Pen Terhadap Pemain Sepakbola Prancis

Seorang pimpinan partai Front Nasional serta calon presiden Prancis tahun 2002 Jean Marie Le Pean, pernah membuat sensasi dengan mengatakan sebuah statment bahwa “Tim sepakbola Prancis tidak pantas dihuni oleh orang-orang pendatang”.

Tentu jelas yang dimaksud dengan kata-kata “Orang pendatang” ini untuk menyindir para pemain imigran seperti halnya Zinedine Zidane, Lilian Thuram, Patrick Vieira, Thierry Henry, dan juga pemain imigran lainnya.

Contoh Rasisme dalam Masyarakat

Menghina Seseorang Berdasarkan Asal Tempat Tinggal

Keberagaman akan suku dan budaya tentunya tidak terlepas juga dari sebuah konflik antar sesama warga negara. Secara umum suatu wilayah atau daerah akan ditempati oleh para penduduk asli atau pribumi tempat itu.

Misalnya saja pada daerah Kalimantan, penduduk di salah satu wilayah Kalimantan tidak mau menerima orang Madura untuk tinggal dan menetap disana. Sehingga terjadilah konflik dengan kekerasan.

Perilaku tersebut di atas sudah termasuk dalam kategori rasisme.

Menghina Seseorang Dengan Kata-kata

Perilaku rasisme yang sering kita jumpai dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari adalah sebuah ungkapan atau mengucapkan kata-kata yang memojokkan individu.

Ucapan ini seperti sebuah cibiran yang mengatakan seseorang dengan katak-kata “Dasar Miskin”. Tentunya setiap orang yang mendengar cibiran tersebut merasa dihina dan direndahkan.

Meskipun dalam kenyataannya orang tersebut dalam keadaan tidak mampu, maka tidak sepantasnya kita menghina orang tersebut dengan sebutan demikian.

Perilaku Islam Phobia

contoh rasisme islamphobia
rasisme islamphobia

Ciri fisik dari seorang muslim untuk seorang pria adalah dengan membiarkan bulu jenggot nya tumbuh memanjang, dan bagi wanita diwajibkan atasnya untuk menutup aurat dengan menggunakan hijab/cadar/niqob.

Tidak sedikit orang yang menjauh untuk menghindar manakala melihat ciri-ciri di atas, hal ini karena mereka beranggapan bahwa muslim yang demikian identik dengan seorang teroris.

Bahkan tindakan rasisme dalam islam phobia ini tidak hanya cukup dengan mencaci maki saja, mereka yang sudah terjangkit islam phobia bahkan memiliki keinginan untuk membunuh orang muslim dengan ciri-ciri tersebut.

Perilaku menyimpang  ini bisanya terjadi di negara-negara barat. Namun, setelah mereka tau bahwa islam tidak seperti apa yang mereka bayangkan, tidak sedikit pula yang awalnya mereka membenci sekarang menjadi saudara (memeluk islam sebagai agamanya).

Menjauhi Orang Cacat atau Berkebutuhan Khusus

Cacat merupakan kondisi fisik yang dialami seseorang entah itu karena sebuah kecelakaan maupun bawaan dari lahir atau difabel. Orang dengan kondisi seperti ini tentunya memiliki perbedaan yang sangat jelas dengan orang pada umumnya.

Tidak sedikit orang yang menghindar atau menjauh saat melihat seseorang dengan kondisi seperti yang disebutkan di atas, namun demikian tidak sedikit pula orang yang peduli dan mau membantu orang dengan kondisi tersebut.

Perbedaan Warna Kulit

contoh rasisme kulit hitam
rasisme terhadap orang kulit hitam

Ini merupakan jenis rasisme yang seringkali terjadi di kehidupan bermasyarakat.  Seseorang dengan warna kulit hitam sering sekali menjadi bahan olok-olokan karena perbedaan warna kulitnya.

Beda Perlakuan antara PNS dan Pegawai Biasa

Tindakan raisisme yang juga sering kita jumpai dalam kehidupan bermasyarakat selanjutnya adalah adanya perlakuan yang berbeda antara seorang pegawai negeri sipil dengan pegawai biasa/swasta.

Banyak orang yang beranggapan bawa PNS memiliki derajat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pegawai swasta lainnya karena jabatan yang ia miliki.

Saling Membully Sesama Teman

Sikap rasisme yang sering kita lihat dalam tayangan sinetron ini mungkin terinspirasi dari kehidupan sehari-hari dalam lingkungan sekolah. Tak jarang para siswa maupun siswi membuat kelompok atau Geng untuk menghina salah seorang kawan yang tidak masuk dalam kelompoknya tersebut.

Ini adalah sebuah potret dari pelajar masa kini yang sering kita temui akhir-akhir ini. Perilaku rasisme ini mereka layangkan kepada teman-teman mereka yang kurang gaul/culun, miskin, jelek, bodoh, dan lain sebagainya.

Tindakan bully ini mereka lakukan hanya untuk memuaskan hasrat diri mereka tanpa memikirkan akibat dari perbuatannya.

Nah, itulah tadi penjelasan dari kami mengenai “Pengertian Rasisme,  Penyebab Terjadinya dan Contohnya dalam Kehidupan Bermasyarakat”. Semoga apa yang kami bagikan ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Baca juga :