Pengertian Pertumbuhan Penduduk, Faktor yang Mempengaruhi dan Rumus nya

Dengan membaca artikel ini penulis berharap dapat membantu para pembaca untuk memahami tentang pertumbuhan penduduk, mulai dari pengertian, sampai pada faktor yang mempengaruhi adanya pertumbuhan penduduk, dan macam-macam pertumbuhan penduduk serta rumus bagaimana cara menghitung laju pertumbuhan penduduk di suatu Negara.

Nah, sebelum lanjut kedalam pembahasan inti, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu penduduk.

Do you Know.?

Penduduk adalah sekumpulan orang yang bertempat tinggal atau berdomisili di suatu wilayah negara selama jangka waktu tertentu dan sudah memenuhi syarat-syarat yang berlaku di negara tersebut.

Pengertian Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk merupakan suatu keadaan perubahan yang terjadi pada sewaktu-waktu serta dapat dihitung sebagai perubahan jumlah individu pada suatu populasi menggunakan per waktu unit dalam pengukurannya. (Pengertian Pasar Persaingan Sempurna)

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk yang banyak. Jumlah penduduk Indonesia setiap tahunnya akan bertambah secara terus menerus.

Dengan jumlah penduduk yang terus mengalami peningkatan maka pemerintah Indonesia harus lebih giat dalam memperbaiki kualitas penduduknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam memperbaiki kualitas penduduknya adalah pada aspek pendidikan. (Lengkap Bunyi Hukum Permintaan dan Penawaran)

Istilah kata pertumbuhan penduduk, seringkali dihubungkan dengan manusai dan digunakan dalam sebutan demografi nilai pertambahan penduduk.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Sekurang nya ada 4 faktor yang mempengaruhi akan pertumbuhan penduduk suatu negara, ke 4 faktor tersebut adalah kelahiran, kematian, imigrasi, dan emigrasi. Berikut ini adalah penjelasan dari ke 4 faktor tersebut :

  • Faktor Kelahiran atau Fertilitas

Terjadi kelahiran dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mana diantaranya adalah pernikahan di usia dini (muda), dan tidak melakukan program keluarga berencana atau KB yang telah diterapkan oleh pemerintah sehingga akan meningkatkan angka kelahiran atau fertilitas.(Contoh Soal Elastisitas Permintaan dan Penawaran)

Dengan adanya kelahiran seorang anak, maka akan menambah jumlah penduduk didaerah tersebut sehingga dicatat sebagai pertumbuhan penduduk.

  • Faktor Kematian atau Mortalitas

Faktor kematian dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorong dan penghambat kematian.

Adapun faktor pendorong yang mengakibatkan terjadinya kematian diantaranya adalah  kurangnya kesadaran dalam menjaga kesehatan, tingkat kemiskinan yang berlebih, kurangnya sarana dan prasarana rumah sakit, puskes, apotek, dan lain sebagainya di daerah yang menyebabkan adanya wabah penyakit, kurangnya asupan gizi dan pola makan yang tidak teratur. (Perbedaan serta Kelebihan dan Kekurangan BUMN dan BUMS)

Faktor penghambat kematian atau mortalitas diantaranya adalah dengan menjaga kesehatan dengan berolahraga yang teratur, memberi asupan makanan yang bergizi, tingkat kemiskinan yang rendah dan disertai dengan saran prasarana kesehatan yang memadai.

Adanya kematian individu akan mempengaruhi (mengurangi) jumlah penduduk di daerah tersebut.

  • Faktor Imigrasi atau Pendatangan Penduduk

Istilah imigrasi sangatlah familiar di telinga kita, imigrasi merupakan kedatangan penduduk dari suatu daerah ke daerah lainnya. Imigrasi ini dapat meningkatkan jumlah penduduk di suatu daerah tersebut.

Proses imigrasi ini terjadi karena beberapa alasan tertentu, salah satu alasannya adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka tak jarang seseorang atau kelompok melakukan imigrasi besar-besaran ke daerah lain yang lebih menjamin kemakmuran hidupnya. (9 Metode Dasar Perhitungan Indeks Harga)

  • Faktor Emigrasi atau Penduduk yang Pergi

Penduduk yang pergi atau emigrasi ini maksudnya adalah seseorang yang berpindah dari satu wilayah ke wilayah lainnya dengan tujuan untuk menetap karena pekerjaan, sekolah, atau hal lainnya.

Adanya penduduk yang pindah atau emigrasi ini akan berpengaruh terhadap jumlah penduduk di daerah tempat asalnya. (Cara Menghitung Harga Keseimbangan)

Macam-Macam Pertumbuhan Penduduk dan Rumus Perhitungannya

Berikut ini adalah macam-macam jenis pertumbuhan penduduk lengkap dengan cara perhitungan jumlah penduduknya.

  • Pertumbuhan Penduduk Alami

Yang dimaksud dengan pertumbuhan penduduk alami adalah suatu pertumbuhan penduduk yang jumlah nya diperoleh dari selisih antara jumlah penduduk yang lahir dengan jumlah penduduk yang meninggal dunia atau mati di suatu daerah. (Ciri-Ciri Mendasar Ekonomi Kapitalis)

Adapun rumus pertumbuhan penduduk Alami adalah sebagai berikut:

Rumus Pertumbuhan Alami

T = L – M

Keterangan :

T = total atau jumlah penduduk per tahun dalam suatu daerah

L = jumlah kelahiran penduduk per tahun

M = jumlah kematian penduduk per tahun

Contoh :

Telah diketahui dari kantor desa di suatu daerah, bahwa jumlah kelahiran per tahun 2107 adalah sebanyak 500 bayi lahir selamat, dan laporan kematian per tahun yang sama di desa tersebut adalah sebanyak 40 orang.

Maka hitunglah jumlah total penduduk per tahun di desa tersebut.

Jawab :

Diketahui

L = 500  & M = 40 per tahun.

Maka T = L – M

 Maka T = 500 – 40

Maka T = 460

 

maka total jumlah penduduk per tahun di desa tersebut adalah sebanyak 460 orang.

  • Pertumbuhan Penduduk Migrasi

Migrasi adalah perpindahan penduduk dari tempat tinggal asalnya ke tempat tempat tinggal lainnya dengan tujuan untuk menetap di wilayah tempat tinggal barunya tersebut.

Istilah imigrasi ini kerap sekali digunakan untuk mereka para penduduk yang berpindah secara menetap atau permanen di suatu daerah. (Macam-Macam Bukti Transaksi Perusahaan Dagang)

Pertumbuhan penduduk migrasi adalah suatu pertumbuhan penduduk yang jumlahnya didapat dari hasil selisih jumlah penduduk migrasi masuk dengan jumlah penduduk migrasi keluar pada suatu daerah tertentu.

Rumus Pertumbuhan Migrasi :

T = I – E

Dengan keterangan sebagai berikut:

T = total atau jumlah penduduk per tahun dalam suatu daerah

I = jumlah penduduk migrasi masuk per tahun

E = jumlah penduduk migrasi keluar per tahun

  • Pertumbuhan Penduduk Total

Pertumbuhan penduduk total adalah jumlah pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih antara jumlah kelahiran per tahun dengan jumlah kematian per tahun yang di tambah dengan selisih jumlah penduduk migrasi yang  masuk dengan jumlah penduduk migrasi yang keluar pada suatu daerah. (Pengertian Buku Besar)

Rumus Pertumbuhan Penduduk Total

T = (L – M)+(I – E)

Dengan keterangan:

T = total atau jumlah penduduk per tahun dalam suatu daerah

L = jumlah kelahiran penduduk per tahun

M = jumlah kematian penduduk per tahun

I = jumlah penduduk migrasi masuk per tahun

E = jumlah penduduk migrasi keluar per tahun

Berkaitan dengan jumlah penduduk, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk yang besar. Hal tersebut terbukti dengan bahwasanya Indonesia berada pada peringkat ke 5 jumlah penduduk terbanyak di dunia dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Demikian lah penjelasan dari kami mengenai “Pengertian Pertumbuhan Penduduk, Faktor yang Mempengaruhi dan Cara Menghitung Pertumbuhan Penduduk Di sautu Daerah”. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Kunjungi juga artikel kami lainnya: