Pengertian, Perencanaan, dan Konsep Strategi Manajemen Pemasaran

Halo sahabat akuntanonline.com, pada kesempatan kali ini kami admin akan sedikit berbagi ilmu mengenai pengertia, perencanaan serta konsep strategi manajemen pemasaran pada perusahaan,

Untuk itu simak terus artikel ini hingga usai  ya..,

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran merupkan sebuah alat analisis, perencanaan, penerapan, serta pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, serta mempertahankan pertukaran yang mengutungkan bagi perusahaan dengan target pasar dengan maksud untuk mencapai tujuan utama yakni memperoleh laba sebanyak-banyaknya.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Kotler , 1980

Menurut Kolter manajemen pemasaran merupakan proses perencanaan, penganalisaan, serta pelaksanaan dan pengawasan atas program-program yang bertujuan menyebabkan munculnya pertukaran dengan pasar.

Dimana pertukaran yang dimaksud ini berupa pertukaran untuk mecapai tujuan utaman dari perusahaan.

Dharmmesta & Handoko, 1982

Menurut beliau berdua manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang harus dilakukan perusahaan demi mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, berkembang serta memperoleh laba.

Menurut mereka proses pemasaran itu sudah dimuali sejak jauh-jauh hari sebelum barang-barang tersebut diproduksi. Kegiatan pemasaran perusahaan pun harus memperhatikan tingkat kepuasan dari para konsumen, agar usahanya terus berlanjut dan nantinya para konsumen memiliki pandangan yang baik terhadap perusahaan. 

Kotler & Amstrong

Kotler dan Amstrong menjelaskan bahwa manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan serta implementasi dan pengendalian program yang di design untu menciptakan, membangun  dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan unuk mencapai tujuan dari perusahaan.

American Marketing Association

Menterjemahkan pemasaran sebagai pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa dari tanggan produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Definisi yang dikemukakan oleh American Marketing Association ini hanya menekankan pada aspek distri busi ketimbang kegiatan pemasaran.

Wiliam J. Stanton

Menurut Wilian J. Stanton manajemen pemasaran sebagai suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis.

Dimana kegiatan bisnis tersebut ditujukan untuk menentukan harga,  merencanakan, mempromosikan, dan mendistribusikan barang ataupun jasa yang memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada dan pembeli pontensial lainnya.

Philip Kotler

Mendefinisikan pemasaran secara lebih luas dalam bukunya yang berjudul Marketing Management Analysis, Planning, and Control. Di dalam buku ini menjelaskan bahwa pemasaran adalah suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan serta mempertahankan produk dan nilai tersebut dengan kelompok lainnya.

Baca juga : Perbedaan Akuntansi Manajemen & Akuntansi Keuangan

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep dari falsafah pemasaran adalah bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan para konsumen atau pembeli.

Semua kegiatan dalam perusahaan yang menggunakan konsep pemasaran selalu diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Secara definisi konsep pemasaran adalah sebuah pedoman bisnis yang menyatakan bahwa pemeuasan kebutuhan bagi konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan (Stanto, 1978).

Setidaknya terdapat 3 elemen penting dalam konsep pemasaran. Berikut ini adalah ke 3 elemen tersebut :

  • Orientasi pemasaran atau market oriented berorientasi pada keinginan konsumen.
  • Penyususnan kegiatan pemasaran secara terpadu.
  • Pencapaian tingkat kepuasan konsumen.

Hakikat dari konsep manajemen adalah sebuah upaya dan strategi yang ditempuh oleh pihak manajemen dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.

5 istilah penting dalam Pemasaran

  • Produk (Barang, Jasa, dan ide)

Adalah segala jenis hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa, atau ide kreatif. Tentunya setia konsumen menyukai sebuah barang dengan mutu terbaik, kinerja terbaik, dan pelayanan terbaik dari perusahaan.

Sehingganya hal tersebut menuntut perusahaan untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas produknya secara terus menerus, dan bagi pihak manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.

  • Nilai

Nilai disini maksdunya adalah pekiraan konsumen atas produk untuk kepuasan mereka, apa yang mereka rasakan atau inginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk serta  biaya  untuk memiliki produk tersebut.

  • Biaya

Mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen agar dapat menikmati produk tersebut.

  • Kepuasan

Kepuasa yang diimaksud adalah tingkat kepuasan konsumen akan sebuah produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan), kepuasan (customer statisfaction): tingkat dimana kinerja yang dirasakan (perceived performance) produk akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak.

  • Pasar

Adalah tempat yang berisi semua pelanggan pontensial yang berminat untuk transaksi terhadap suatu produk.

Baca juga : 14 Prinsip Manajemen Menurut Ahlli Teori Manajemen Henry Fayol

Perencanaan Strategi Pemasaran

Stretegi pemasaran atau marketing strategy adalah sebuah proses menentukan target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait.

Berikut ini adalah penjelasan dari target pemasaran dan bauaran pemasaran.

  • Target Market

Target market atau target pemasaran adalah sekelompok peanggan homogen (sejenis) atau pasar yang ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.

  • Bauran pemasaran

Bauran pemasaran atau marketing mix adalah sebuah variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tesebut.

Yang dimksud dengan marketing mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yang meliputi ; produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem saluran distribusi.

Dalam prakteknya variabel-variabel dari marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil strategi yang tepat dalam usaha untuk mendapatkan posisi yang sangat strategis dipasaran.

Sekian dari kami mengenai “Pengertian Perencanaan, dan Konsep strategi Manajemen Pemasaran”. Semoga menambah wawasan untuk para pembaca sekalian, dan terimakasih atas kunjungannya.

Kunjungi Juga :