Pengertian Pasar Uang, Fungsi, dan Instrumen Pasar Uang

akuntanonline.com |  Seiring dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat, menyebabkan semakin menjamur dan bermunculannya aktivitas-aktivitas ekonomi. Salah satunya yakni pasa uang, secara umum pasar uang merupakan sebuah tempat atau wadah yang dijadikan sebagi tempat pertemuan antara pemilik dana dengan calon konsumen. Baik pertemuan dilakukan secara langsung atau melalui perantara, serta dilakukan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

baca juga: [LENGKAP PENGERTIAN] Ciri dan Karakteristik Perusahaan Dagang

Pada kesempatan kali ini akuntansionline.com akan membahas pasar uang secara lengkap, detail dan singkat. Meliputi dari tujuan pasar uang,fungsi, serta instrumen-instrumen yang ada didalamnya.

Pengertian Pasar Uang

Pada penjelasan sebelumnya, disebutkan bahwa pasar uang merupakan sebuah tempat atau wadah yang menjadi tempat untuk bertemunya antara pemilik dana atau funder, dengan calon konsumen atau consumer, baik secara langsung atau melaui perantara/broker atas permintaan maupun penawaran kepada sejumlah dana atau surat-surat berharga dalam jangak waktu yang singkat atau pendek (kurang dari satu tahun).

Pengertian Manajemen Kas, Tujuan dan Contohnya

Pasar uang juga bisa diartikan sebgai tempat yang bentuknya abstrak dimana dijadikan tempat bertemunya antara pemilik modal/dana yang menawrkan kepada calon pemakai dana dalam jangaka waktu yang relatif pendek atau singkat.

Jangka waktu yang singakat atau pendek disini maksudnya adalah dana-dana yang terkumpul dari perusahaan atau perorangan dengan batas waktu kurang dari satu tahun yang dapat diperjualbelikan di pasar uang.

Peserta yang Beraktifitas dalam Pasar Uang:

  • Lembaga-lembaga
  • Individu
  • Perusahaan

Cara Menghitung SHU, Pembagian SHU dan Contoh Soalnya

Ciri-Ciri Dari Pasar Uang

  • Tidak terkait pada tempat-tempat tertentu
  • Dalam mekanismenya, lebih menekankan pada pertemuan antara pemilik modal dan calon pengguna modal.
  • Menekankan pada pemenuhan modal/dana dalam jangka pendek.

Fungsi dan Tujuan Pasar Uang

Kehadiran pasar uang bukan tanpa tujuan dan fungsi, maka berikut ini adalah beberapa fungsi dan tujuan dari pasar uang:

Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier Beserta Dengan Cotohnya

  1. Sebagai salah satu sumber dari pembiayaan modal kerja serta investasi jangka pendek untuk perusahaan-perusahaan yang melakukan ekspansi usaha.
  2. Menjadi fasilator sekaligus mediator untuk para pemikik modal/investor yang berasal dari luar negeri yang juga ingin melakukan investasi dengan melakukan pinjaman dana jangka pendek kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.
  3. Sebagai mediator atau perantara dalam menghimpun dana dari masyarakat yang berbentuk transaksi perdagangan berupa surat-surat berharga yang memiliki jangka waktu relatif pendek.
  4. Menawarkan kepada masyarakat agar dapat ikut andail dalam pembelian sertifikat Bank Indonesia dan surat-surat berharga pada pasar uang lainya.

Instrumen Pasar Uang

Berikut ini adalah beberapa instrumen-instrumen yang beredar pada pasar uang beserta dengan sedikit penjelasanya:

Contoh Surat Keterangan Kerja Yang Baik dan Benar

1. SBPU atau Surat Berharga Pasar Uang

Surat Berharga Pasar uang adalah salah satu jenis surat berharga yang diperjual belikan dengan menggunakan cara diskonto dengan Bank Indonesia maupun lembaga keuangan lainya, yang sebelumnya sudah ditunjuk oleh BI.

2. SBI ata Sertifikat Bank Indonesia

SBI adalah jenis surat berharga yang bentuknya hutang jangka pendek yang dikeluarkan oleh pemerintah.

3. Promissory Notes

Adalah surat pernyataan yang menyatakan ssebuah kemampuan atau kesanggupan untuk membayar transaksi utang piutang dalam jangka waktu yang relatif pendek, hal ini antara debitur dan kreditur.

4. Deposito

Deposito merupakan instrumen keuangan yang dikeluarkan oleh bank berdasarkan simpanan nasabah dengan periode yang sudah jatuh tempo serta pada tingkat suku bunga tertentu.

Beberapa Contoh Gaya Kepemimpinan Dalam Suatu Perusahaan

5. Treasurry Bills

Treasurry Bills adalah salah satu instrumen pasar uang yang dikeluarkan oleh Negara dalam jangka waktu yang relatif singkat yakni kurang dari satu tahun atau satu tahun.

6. Commercial Paper

Commercial Paper adalah instrument hutang yang dikeluarkan oleh perusahaan, ditujukan kepada pihak investor dengan tidak menggunakan jaminan atau collateral yang digunakan untuk membiayai kewajiban jangka pendek.

7. Call Money

Merupakan salah satu instrumen pasar uang yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang erat kaitanya dengan transaksi pinjam meminjam dana antara pihak bank pada ajangka waktu yang relatif pendek

[LENGKAP] Pengertian Suku Bunga, Jenis dan Contoh Suku Bunga

8. Banker’s acceptance

Banker’s acceptance merupakan instrumen terakhir yang ada pada pasar uang, dimana instrumen ini digunakan untuk kegiatan impor dan ekspor barang, atau juga digunakan pada transaksi valuta asing atau pertukarang uang asing.

Pasar Uang Berbeda Dengan Pasar Modal

Sudah dapat kita pastikan pasar uang jelas berbeda dengan pasar modal. Jika pada pasar uang memiliki jangka waktu yang relatif pendek, maka berbeda halnya dengan pasar modal yang tergolong memiliki periode jangaka waktu yang panjang. Selain itu, pasar uang berada dibawah otorisasi pihak Bank Indonesia, berbeda halnya dengan pasar modal yang langsung diawasi oleh OJK.

Pengertian Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith

Namun, secara umum ada 5 perbedaan mendasar antara pasar uang dan pasa modal, dan berikut ini adalah  perbedaan mendasarnya:

  • Dalam instrumen Pasar uang, periode waktunya adalah jangka pendek atau kurang dari 270 hari, sedangkan pasar modal periodenya jangka panjang.
  • Produk Pasar uang yang utama meliputi SBI, SBPU, dan Deposito, sedangkan produk pasar modal diantaranya adalah saham, obligasi dan reksadana.
  • Pasar uang diotorisasi oleh Bank Indonesia, sedangkan pasar modal diotoritasi oleh Departemen Keuangan melalui Badan Pengawas Pasar Modal atau yang sering disingkat dengan BAPEPAM.
  • Proses seluruh transaksi pasar uang ada di bank sedangkan untuk pasar modal berada di Bursa efek dan juga perusahaan sekuritas.
  • Resiko serta earningpasar uang lebih kecil karena lebih stabil, sedangkan pada pasar modal resiko dan earningnya lebih tinggi.

Demikian penjelasan dari kami mengenai pengertian dari “pengertian pasar uang, fungsi beserta instrumenya”, semoga bermanfaat dan menambah khazanah keilmuan bagi para pembaca setia akuntansionline.com.

Tak lupa kami ucapkan terimakasih sudah berkunjung, dan jika dirasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share atau bagikan kepada teman-teman pembaca sekalian.

Baca juga artikel kami lainya:

Please rate this

Tinggalkan komentar