Pengertian Nilai Moral dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Nilai merupakan sebuah abtraksi dari sekumpulan tata prilaku atau kelakuan yang dijalankan oleh seseorang. Nilai terbagi dalam berbagai macam, salah satu nilai yang melekat pada diri seseorang adalah nilai moral.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian nilai moral dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Moral

Moral merupakan sebuah adat atau kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang kepada lingkungannya. Arti moral tersebut diambil dari etimologi dari moral itu sendiri, yang berasal dari kata “mos”.

Sedangkan secara umum moral adalah sebuah etika-etika dalam kehidupan yang dijalankan untuk menjaga keteraturan sosial dalam masyarakat.

Pengertian Nilai Moral

Yang dimaksud dengan nilai moral adalah bentuk gambaran objektif atas sisi kebenaran yang dijalankan oleh seseorang dalam lingkungan bermasyarakat. Definisi penjelasan moral ini sesuai dengan berbagai bahas terhadap penjelasan suku kata moral, seperti misalnya dalam bahasa Yunani “Etika”, Bahasa Arab “Akhlak”, dan dalam bahasa Indonesia “Kesuliaan”.

Pengertian Nilai Moral Menurut Ahli

Berikut ini adalah penjelasan dari para ahli mengenai pengertian nilai moral :

Driyarkara

Menurut beliau definisi nilai moral adalah suatu gambaran objektif terhadap tindakan manusia dalam menjalankan rutinitas kehidupannya.

Dan mulai dari sinilah kemudian banyak orang yang beranggapan serta mengkaitakn moral dengan kodrat dan hakekat manusia yang ingin hidup dalam kenyamanan dan ketentraman.

Jenis-Jenis Nilai Moral

Nilai Moral Baik

Nilai moral baik merupakan nilai yang dikaitkan dengan kesesuaian antara harapan dan tujuan hidup manusia. Dalam praktek menjalankannya bisa kita tinjau dari kaidah sosial masyarkat.

Sebagi contoh dari nilai moral baik yang sangat sering kita jumpai  dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan menolong sesama yang membutuhkan satu sama lain.

Nilai Moral Buruk

Jenis nilai moral yang berikutnya adalah tentang keburukan, atau lawan kata dari istilah kebaikan.

Nilai ini dianggap menyimpang terhadap keteratan sosial, dan disislain dampak dari nilai moral buruk ini adalah timbulnya masalah-masalah sosial. Misalnya saja seperti mencuri, korupsi, merampok dan lain sebagainya.

Dari rangkaian penjelasan mulai dari pengertian nilai moral dan jenisnya, maka dalam artikel ini juga akan memberikan gambaran mengenai contoh tindakan yang berkaitan dengan nilai-nilai moral yang ada dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Contoh Nilai  Moral

Berikut ini adalah beberapa contoh nilai moral yang ada dalam masyarakat dan lingkungan sekitar kita :

Berbicara dengan Perlahan di Hadapan Orang Tua

Hal ini dilakukan sebagai sebuah tindakan untuk penghormatan atau rasa hormat yang selalu dilakukan oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang memiliki kebudayaan bangsa timur, seperti di Indonesia.

Kemunculan berbicara dengan tuturkata  lembut dan sopan dihadapan orang tua menjadi sebuah ilustrasi nyata dari prilaku moral yang baik.

Merunduk Ketika Berjalan

Contoh lain dari nilai moral yang juga sering kita temui dalam  kehidupan sehari-hari adalah merundukkan kepala saat berjalan melewati kerumpulan orang-orang yang lebih tua.

Berjalan dengan merundukkan kepala ini merupakan ajaran yang sudah diturunkan oleh nenek moyang, tujuanya adalah untuk memberikan penghormatan kepada orang yang lebih tua.

Membuang Sampah

Contoh kasus dari penjelasan mengenai nilai moral ini dapat kita ambil dari membuang sampah. Tindakan yang tepat atau baik dalam membuang sampah adalah dengan membuangnya pada tempat yang sudah disediakan atau tong sampah.

Sedangkan nilai moral yang buruk dari membuang sampah adalah dengan membuangnya secara sembarangan yang kemudian merusaka dan mencemari lingkungan sekitar.

Tidak Membuat Keributan saat Jam Pelajaran Dimulai

Fenomena sosial dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita jumpai selanjutnya adalah ribut saat jam pelajaran. Dimana tindakan yang dilakukan oleh anak tersebut adalah tindakan dengan moral yang buruk atau tidak baik, sehingga tidak pantas untuk dicontoh bagi para pelajar lainnya.

Korupsi

Masalah sosial di Indonesia yang kerap kali menghiasi dilayar kaca telivisi kita saat ini adalah tindakan menyimpang (Korupsi) yang dilakukan oleh para anggota dewan maupun aparat lainnya.

Tindakan ini merupakan tindakan yang merugikan banyak masyarakat, bahkan secara nyata akan membuat masyarakat hidup dalam kemiskinan. Oleh sebab itu, dalam upaya menciptakan kesetabillan negara korupsi haruslah diperangi oleh seluruh elemen masyarakt di Indonesia.

Menyimak dari serangkaian penjelasan tentang pengertian nilai moral di atas, maka kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa moral adalah sebuah nilai kesusilaan yang telah diajaran oleh setiap manusia untuk kembali memanusiakan manusia.

Dengan langkah ini, maka efek diintegrasi akan mudah untuk di hindari dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Nah, demikianlah penjelasan dari kami mengenai “Pengertian Nilai Moral  dan Contonya dalam Kehidupan Sehari-hari”. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu para pemabaca untuk memahami lebih lanjut mengenani nilai moral dalam masyarakat. Trimakasih atas kunjungannya.

Baca juga :