Masalah Sosial Menurut Para Ahli dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah penting yang dibahas dalam ilmu sosiologi adalah masalah sosial. Masalah sosial ini erat kaitannya dengan keadaan yang tidak seimbang antara keinginan, harapan, serta impian dengan kenyataan yang sebenarnya terjadi.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahasa secara singkat tentan Pengertian Masalah Sosial Menurut  Para Ahli.

Pengertian Masalah Sosial

Masalah sosial atau juga yang sering disebut sebagai permasalahan sosial secara umum merupakan suatu keadaan yang disebabkan dari adanya ketidaksesuaian antara impian dan kenyataan dalam kehidupan bermasyarakat.

Hasil dari masalah ini menimbulkan penyimpangan atau interaksi sosial yang menyimpang.

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definis masalah sosial menurut para ahli :

Soetomo

Menurut Soetomo masalah  sosial adalah suatu keadaan yang berbeda dengan kehidupa biasanya. Maksudnya keadaan ini seringkali tidak diinginkan masyarakat secara umum yang kemudian mengakibatkan gejolak-gejolak sosial terjadinya dalam masyarakat.

Soejono Soekamto

Salah satu ahli sosiologi dari Indonesia ini menjelaskan masalah sosial adaalh sebagai ketidak sesuaian kehidupan dalam masyarakat karena adanya  pengaruh dari kebudayaan atau rutinitas yang terganggu.

Akibatnya tidak sedikit yang beranggapan bahwa masalah sosial merupakan keadaan yang menakutkan.

Martin S. Weiberg

Menurut beliau  masalah sosial adalah keadaan yang dianggap memiliki latar belakang yang bertentangan dengan nilai dan norma yang mayoritas dijalaini oleh masyarakat.

Sehingga kemudian menimbulkan proses perubahan sosisal yang sangat signifikan.

Lesli

Lesli menjelaskan masalah sosial adalah keadaan yang berpengaruh dalam kondisional sisi dalam hidup sosial, lantaran adanya masalah yang tidak diinginkan.

Sehingganya membutuhkan tindakan dalam upaya untuk perwujudtan solusinya.

Arnold Rose

Dalam bukunya beliau menjelaskan bahwa masalah sosial adalah situasi yang tidak diinginkan dan dianggap akan mempengaruhi pada keadaan masyarakat yang akhirnya kondisi tersebut haruslah diberikan upaya pengubahannya.

Bulmer

Pandangan Bulmer mengenai masalah sosial adalah situasi dan kondisi yang tidak diinginkan oleh masyarakat, karena adanya sebuah paradigma kesalahan sosial atau gejala sosial yang dianggap tidak wajar.

Raab

Penjelasan masalah sosial menurut Raab adalah suatu situasi yang dapat mengangu hubungan di dalam masyarakat. Hubungan tersebut terganggu akibat adanya rutinitas kegiatan yang tidak wajar yang dilakukan oleh individu atau kelompok.

Kartini Kartono

Menurut beliau permasalah sosial adalah sebuah situasi yang dapata mengangu kestabilan kehidupan manusia, dimana situasi ini dianggap sebagai situasi yang menyimpang hingga akhirnya harus sesegera mungkin untuk dapat diselesaikan.

Dari penjelasan para ahli di atas mengenai masalah sosial, maka kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa permasalah sosial merupakan permasalahan yang ada didalam kehidupan masyarakat dikarenakan adanya sejumlah kegiatan yang tidak wajar atau menyimpang hingga ditakutkan akan menganggu keteraturan sosial yang sudah tumbuh dan berkembang di daerah tersebut.

Upaya  Pemecahan Masalah Sosial

Munculnya sebuah masalah sosial ditengah-tengah masyarakat harus sesegera mungkin untuk diatasi. Hal ini dikarenakan beberapa masalah sosial dapat memicu sebuah konflik manakala tidak segara diatasi.

Berikut ini adalah beberapa upaya pemecahan masalah sosial yang bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari :

Pemberian Sanksi

Pemberian sanksi yang tegas bagi pelaku yang melanggar sebuah peraturan merupakan sebuah upaya represif dalam mengatasi masalah sosial. Pemberian sanksi tentunya pun harus sesuai dengan tindakan yang sudah dilakukan oleh sipelaku.

Adanya Sosialisasi Nilai dan Norma Sosial

Kemunculan masalah sosial juga dapat kita tangani dengan upaya preventif. Upaya preventif ini dapat dilakukan dengan melakukan sosialisasi akan nilai dan norma sosial secara intensif kepada seluruh aspek kehidupan yang ada didalam masyarakat.

Menyediakan Modal Usaha

Adanya bantuan modal usaha yang dilakukan oleh pemerintah maupun kelompok swasta/LSM melalui sistem pemantauan dapat menyelesaikan masalah kemiskinan dan juga dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Contoh Bantuan Modal Usaha
Contoh Bentuk Bantuan Modal Usaha

Adanya bantuan modal usaha juga diharapkan dapat membuka lapangan usaha mandiri serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang telah terbina dalam bantuan modal usaha tersebut.

Meningkatkan Pemerataan Pembangunan dan Pendidikan

Kehadiran pemerataan pembangunan bertujuan untuk mengurangi tingakat kesenjangan sosial. Adanya pemerataan pembangunan disuatu daerah akan menciptakan perekonomian masyarakat semakin bak.

Pemerataan pemabangunan juga penting dalam meningkatkan pendapatan per kapita suatu negara.

Contoh Masalah Sosial yang Dialami Masyarakat Indonesia

Contoh nyata masalah sosial yang sering kali kita temui di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari adalah meningkatnya jumlah kemiskinan yang  ada di masyarakat.

Kemiskinan masuk dalam bagian masalah sosial, hal ini karena jumlah kemiskinan yang tinggi akan berpengaruh besar pada angka kriminalitas yang dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat.

Oleh sebab itu pemerintah banyak melakukan program-program dalam menangulangi masalah sosial berupa kemiskinan ini. Beberapa program yang dilayangkan oleh pemerintah Indonesia adalah dengan memberikan bantuan berupa uang tunai (BLT), pelatihan kewirah usahaan, tunjangan, dan masih banyak lagi yang lainya.

Demikianlah tadi penjelasan dari kami tentang “Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli & Cara Mengatasinya”. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan para pemabaca sekalian. Terimaksih sudah berkunjung.

Kunjungi juga :