Pengertian Kontravensi, Bentuk, Contoh dan Dampaknya

Istilah kontravensi menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kelompok sosial antar masyarakat. Berbagai jenis bentuk bahasan mengenai kontravensi ini bahkan sampai digolongkan menjadi salah satu faktor yang dapat merusak keteraturan sosial.

Arti kata kontravensi menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah proses persaingan dan pertikaian yang ditandai dengan sebuah gejala ketidak pastian mengenai kepribadian seseorang serta perasaan tidak suka yang disembunyikan terhadap kepribadiaan seseorang.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit menjelaskan tentang pengertian kontravensi, bentuk, dan contohnya dalam masyarakat.

Pengertian Kontravensi

Kontravensi atau contravention ini merupakan suatu keadaan sosial yang didasari pada rasa ketidak puasan dan penyangkalan yang dilakukan secara perorangan maupun dilakukan oleh kelompok sosial masyarakat, baik dilakukan secara terbuka maupun tertutup.

Pengertian Kontravensi Menurut Ahli

Berikut ini adalah pengertian kontravensi menurut Leopold von Wiese dan Howard Becker;

Kontravensi menurut beliau adalah suatu sikap sosial yang dilandasi rasa ketidak percayaan dalam suatu individu atau kelompok sosial dalam masyarakat.

Yang mana kemudian hal ini akan menimbulkan masalah sosial yang menjadi acuan untuk melakukan sebuah proses pemberontakan dengan mengenyampingkan kepentingan-kepentingan perdamain dalam masyarakat.

Bentuk-Bentuk Kontravensi

Dari pengertian kontravensi menurut Leopold von Wiese dan Howard Becker, mereka menyimpulkan bahwa terdapat 5 bentuk kontravensi dalam kehidupan masyarakat. Dan dibawah ini adalah ke lima jenis bentuk kontravensi yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat ;

1. Kontravensi Umum

Merupakan jenis kontravensi yang dilakukan secara umum dalam kehidupan bermasyarakat. Pada umumnya kontravensi umum ini lebih memberikan titik fokus pada dampak yang akan ditimbulkannya serta intensitas kejadiannya.

2. Kontravensi Sederhana

Adalah bentuk kontravensi yang terjadi dalam rung lingkup masyarakat kecil, diamana kontravensi ini tidak memberikan dampak yang luas karena terjadi atau dilakukan oleh antar individu atau kelompok dalam masyarakat saja.

3. Kontravensi Intensif

Yang dimaksud dengan kontravensi insentif adalah merupakan bentuk kontravensi yang dilakukan secara terus menerus atau ajeg. Dalam pelaksanaan prakteknya kontravensi intensif ini akan berdampak pada psikologis dalam kehidupan masyarakat,

4. Kontravensi Rahasia

Adalah sebuah kontravensi yang dilakukan secara diam-diam atau sembunyi-sembunyi dalam kehidupan masyarakat.

5. Kontravensi Taktis

Merupakan bentuk kontravensi yang memiliki pola aturan dalam pelaksanaannya, sehingga umumnya ciri kontravensi ini sulit untuk dihilangkan.

Dampak Kontravensi Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Dampak dari munculnya kontravensi ini umumnya ada dua, yakni dampak positif dan dampak negatif.

Dan berikut ini adalah penjelasan serta urain dari kedau dampak tersebut ;

Dampak Positif Kontravensi

Dampak positif dari adanya kontravensi ini biasanya akan mendorong terjadinya sebuah keteraturan sosial dalam masyarakat. Adapun keteraturan itu antaralain adalah sebagai berikut :

  • Dalam sebuah diskusi karya ilmiah, serta seminar-seminar tetang sebuah masalah tertentu, munculnya sebuah perbedaan pendapat justru akan dimanfaatkan untuk melihat kelemahan-kelemahan dari suatu pendapat sehingga kemudian nanti dapat diambil pendapat atau pilihan yang tepat dalam proses jalanya karya ilmiah tersebut.
  • Mengajarakan rasa untuk saling memiliki, dimana lantaran dengan adanya kontravensi prilaku yang ada dalam individu atau kelompok secara tidak langsung menunjukan rasa kecintaanya terhadap budaya serta keadaan dalam masyarakat.
  • Memberikan kesatuan atau rasa solidaritas yang kuat, kondisi ini akan terjadi manakala kontravensi itu terjadi dalam bentuk berkelompok.
  • Menjadi salah satu dampak pendorong dari perubahan sosial, yang mana dengan adanya kontravensi secara langsung akan mengubah kebijakan dan juga arahan dari pihak-pihak yang bertentangan.

Dampak Negatif Kontravensi

Berikut ini adalah akibat atau dampak negatif dari adanya kontravensi;

  • Dampak negatif dari adanya kontravensi ini adalah menurunya tingkat kepercayaan masyarakat, rasa kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat sering kali terjadi lantaran adanya kontravensi yang dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat. Dimana dalam hal ini kontravensi akan memberikan rasa kecurigaan antar masyarakat.
  • Mendorong terjadinya sebuah konflik sosial dalam masyarakat, yang kemudian pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya pertikaian dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Menghambat proses mobilisasi masyarakat, dimana kemunculan kontravensi masyarakat akan membuat mobilisasi masyarakat terhambat.

Contoh Kontravensi

Contoh Kontravensi Dalam Masyarakat

Contoh kontravensi yang sering kita temui dalam kehidupan bermasyarakat adalah misalnya saja seperti adanya peristiwa unjuk rasa yang dilakukan oleh para buruh pabrik.

Dimana unjuk rasa yang dilakukan adalah dalam bentuk upaya meluruskan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah yang tidak sesuai dengan harapan para buruh pabrik, seperti misalnya unjuk rasa mengenai sistem kerja outsorsing atau tidak adanya kebijakan pengangkatan karyawan tetap pada pabrik.

Penyebab utama dari kontravensi ini lebih didorong pada masalah kebijkan pemerintah, dan bisa dengan mudah untuk mengakomodir jumlah masa.

Contoh Kontravensi di Lingkungan Pendidikan/Sekolah

Contoh kontravensi yang sering kita jumpai di dalam lingkungan sekolah adalah misalnya seperti adanya perbedaan pendapat antara pelajar saat sedang melakukan tugas diskusi.

Terjadinya perbedaan pendapat antar pelajar yang menimbulkan kontravensi ini tergolong dalam kontravensi positif, hal ini karena kontravensi yang muncul akan memberikan stimulus kepercayaan diri untuk pelajar itu sendiri.

Contoh Kontravensi dalam Agama

Contoh masalah kontravensi yang sering kita jumpai dalam agama adalah tentang penetapan Hari Raya Idul Fitri, dimana sering kali kita jumpai perbedaan dalam penetapan Bulan Syawal sebagi pertanda berakhirnya Bulan Suci Ramadhan dan datangnya hari Raya Idul Fitri.

Contoh Kontravensi dalam Politik

Cotoh kontravensi dalam dunia politik ini biasanya kita jumpai saat adanya selisih paham atau pertikaian yang dilakukan oleh anggota DPR di gedung MPR/DPR. Pertikaian ini tibul bisa jadi karena adanya perbedaan koalisi partai atau dalam masalha perbedaan padangan untuk mencapai tujuan politik.

Contoh Kontravensi dalam Kehidupan Sehari-hari

Disadari atau tidak pada hakekatnya dalam kehidupan sehari-hari sering kita alami sebuah kontravensi. Misalnya saja sesama tetangga atau bahkan sesama saudara kandung, saat ngerumpi atau mengobral terucap kabar yang belum jelas kebenarnya maka kabar yang belum jelas kebenarannya tersebut menjadi sebuah kontravensi.

Oleh karena itu, sebaiknyaa saat sedang ngerumpi atau ngobrol sebaiknya menhindari membicarakan hal-hal yang belum jelas kebenarannya. Karena hal tersebut di atas tergolong dalam kontravensi intensif.

Melihat dari penjelsan mengenai kontravensi di atas, maka dapat kita katakan bahwa penyembab dari munculnya kontravensi antara lain adalah adanya perbedaan pendapat/pendirian antara kelompok tertentu dengan kelompok lainnya dalam masyarakat.

Oleh karena itu kita perlu menanamkan sebuah nilai moral yang baik dalam kehidupan bermasyarakat seperti misalnya menghargai pendapat atau pendirian seseorang. (baca juga : pengertian nilai moral dan contohnya)

Karena jika kontravensi ini dibiarkan maka tidak menuntuk kemungkinan akan terjadi sebuah konflik yang berkepnajangan antar masyarakat, untuk itu diperlukan pengawasan serta arahan agar kontravensi yang terjadi tidak menimbulkan terjadinya pertikaian dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikian penjelasan dari kami mengenai pengertian, dampak serta bentuk dan contoh dari kontravensi, semoga penjelasan dari kami dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian, dan terimakasih atas kunjungannya.