Pengertian Kewirausahaan Ciri-ciri serta Tujuannya

Pada kesempatan kali ini, kami admin akuntanonline.com akan membahas tentang ciri-ciri serta tujuan dari kewirausahaan secara kompleks dan menyeluruh.

Untuk itu terus baca artikel ini sampai akhir ya, karena barangkali satu dari ke tiga belas ciri-ciri kewirausahaan itu ada pada diri kalian.

Ok, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai ciri dari kewirausahaan itu, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa pengertian dari kewirausahaan tersebut.

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan berasal dari dua suku kata, yakni kata wira dan usaha. Dengan awalan “ke” dan akhiran “an”. Kata wira mengandung makna tentang keberanian, sedangkan kata usaha mengandung arti sebuah tindakan dalam membangun bisnis atau usaha.  

Dari kedua suku kata tersebut kita dapat menarik sebuah benang merah bahwa makna dari kewirausahaan merupakan sebuah kemampuan atau sikap individu untuk berinovasi dalam menciptakan atau membuat sesuatu yang baru, serta memiliki nilai jual dan bermanfaat  baik bagi dirinya sendiri maupun orang banyak.

Sedangkan untuk orang-orang yang memiliki semangat serta sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan tersebut di sebut dengan istilah seorang wirausaha.

Berikut ini adalah beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Kewirausahaan adalah sebuah sikap keberanian dalam melakukan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang atas dasar adanya kemampuan dengan cara memanfaatkan segala jenis potensi yang dimilikinya untuk dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Dalam sebuah buku yang berjudul “Entreprenuerial Finance”  karangan  J. Leach Ronald Melicher beliau menyatakan pendapatnya bahwa kewirausahaan adalah proses dalam mengubah ide menjadi sebuah kesempatan komersil yang menciptakan harga atau nilai jual.

Mengutip dari sebuah buku yang berjudul “Entrepreneurship Determinant and Policy in Europena-Us Comperasion”  bahwa kewirausahaan adalah suatu proses dalam mempersiapkan, menciptakan dan mengejar peluang ekonomi. “Process off  Perceiving Creating and Pursuing Economics Oppurtunities.”

Kewirausahaan menurut Eddy Soeryanto Soegoto merupakan suatu usaha kreatif yang dibangun atas dasar dari inovasi untuk dapat menghasilkan hal baru serta mempunyai nilai tambah, dan memberikan manfaat dan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan, yang kemudian hasilnya dapat bermanfaat bagi orang banyak.

kewirausahaan adalah  sebuah nilai yang diaplikasikan dalam sebuah perilaku untuk menjadi sumber daya manusia dan alam, tenaga baru yang kemudian mempunyai tujuan dan menjadi sebuah bisnis.

Kunjungi juga :

Soeharto Prawiro menjelaskan bahwa kewirausahaan adalah suatu nilai-nilai dalam memulai sebuah usaha baru maupun usaha yang sudah berjalan dan sangat diperlukan oleh setiap wirausaha.

Kewirausahaan adalah suatu proses dalam menerapkan inovasi serta kreativitas dalam mengatasi masalah yang ada, sehingga kemudian terciptalah sebuah peluang bisnis baru.

Siswanto Sudomo menjelaskan bahwa kewirausahaan adalah semua hal yang berkaitan penting dengan seorang wirausaha, dalam hal ini adalah sifat mereka yang pekerja keras, berupaya serta bertekad kuat dengan kemampuan untuk menerima segala hal serta konsekuensi yang kemungkinan terjadi atas keputusan yang telah diambilnya.

Kewirausahaan adalah kemampuan dari seseorang dalam menciptakan sesuatu yang baru atau belum pernah ada sebelumnya dengan jenis produk-produk lain yang ada di pasaran.

Keduanya berpendapat bahwa kewirausahaan merupakan proses dimana individu maupun kelompok yang melakukan usaha yang sudah direncanakan dan saran yang telah dibuat untuk menciptakan sebuah peluang usaha.

Sehingga kemudian terbentuk suatu usaha yang mempunyai nilai dan dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kewirausahaan adalah bagian dari tindakan sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh seorang wirausaha yang memiliki kemampuan dalam menganalisa sebuah resiko dan ketidak pastian terkait dengan tindakan yang telah dilakukan olehnya.

Kewirausahaan menurut Pemerintahan Republik Indonesia sebagaimana yang tertuang dalam  Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil No. 961/KEP/M/XI/1995 yang berbunyi bahwa ;

Kewirausahaan merupakan rangkaian dari sikap, perilaku dan kemampuan serta semangat, individu untuk mengatur sebuah kegiatan yang bertujuan pada usaha menciptakan, menemukan, dan menetapkan mekanisme kerja teknologi maupun produk yang belum ada sebelumnya.

Dari beberapa uraian penjelasan mengenai kewirausahaan  yang telah dijelaskan oleh para ahli di atas, setidaknya kita sudah bisa membedakan apa itu wirausaha dan kewirausahaan.

Yang mana wirausaha pada dasarnya mengarah pada orang yang melakukan usaha atau kegiatan dengan kemampuan yang dimiliki dalam berinovasi serta kreativiatas untuk menghasilkan sebuah barang baru yang memiliki nilai jual lebih serta bermanfaat untuk orang banyak .

Sedangkan kewirausahaan lebih mengarah pada sikap mental yang dimiliki oleh seorang wirausaha tersebut dalam menjalankan kegiatan usahanya.

13 Ciri-Ciri Kewirausahaan

  Berikut ini kami kelompokan 13 ciri-ciri sikap kewirausahaan yang handal dan profesional;

1. Yakin akan Produk yang dimiliki

Setiap wirausahawan yang menjalankan usahanya harus yakin dengan produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan produk-produk sejenis yang ada di pasaran.

2. Mengenal banyak produknya

Seorang wirausahawan harus mengenal serta mengenali secara detail apa saja jenis-jenis produk yang akan dia pasarkan kepada konsumen.

3. Menghindari perdebatan dengan calon konsumen

Seorang wirausahawan yang profesional harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada para konsumen agar para konsumen merasa nyaman dengan service yang diberikan.

4. Komunikatif seta bernegosiasi dengan ramah dalam pelayanan

Berkomunikasi serta bernegosiasi dengan ramah  sangatlah penting bagi seorang wirausahawan untuk dapat memikat para calon konsumen nya.

5. Jujur santun dan berani

Seorang wirausahawan haruslah memiliki sikap jujur, santun, serta berani dalam mengambil keputusan dengan cepat agar semua kegiatan berjalan dengan baik.

6. Menciptakan Transaksi

Menciptakan sebuah transaksi jual beli merupakan salah satu hal yang mutlak dilakukan dalam berwirausaha.

7. Memiliki keberanian serta daya kreasi tinggi

Seorang wirausahawan bisa dikatakan sebagai orang yang gila akan kreasi dan berani dalam berinovasi  dan tidak takut untuk merencanakan hal baru serta bermimpi.

8.  Berani mengambil risiko

Seorang wirausahawan sejati harus berani berspekulasi dan berani dalam mengambil resiko. Hal ini tentunya harus sejalan dengan perencanaan serta pengamatan yang dilakukan terhadap ide yang dimiliki sebelumnya.

9. Bersemangat dengan kemauan yang keras

Sisi lain dari seorang wirausahawan yang berani mengambil risiko adalah memiliki semangat juang yang tinggi serta kemauan yang keras untuk mewujudkan  mimpi nya menjadi nyata dan kesuksesan.

10. Memiliki analisis yang tepat

Setiap wirausahawan haruslah memiliki kepekaan terhadap analisis peluang usaha yang akan dia lakukan sebelum akhirnya mengambil keputusan.

11. Tidak konsumtif

Seorang wirausahawan haruslah bersikap tidak boros atau konsumtif, dimana sifat konsumsinya lebih sedikit dibandingkan dengan penghasilannya.

12. Memiliki Jiwa Kepemimpinan atau Leadership

Seorang wirausahawan haruslah berjiwa kepemimpinan, karena dengan sikap jiwa kepemimpinan ini mereka akan sanggup mengembangkan usaha mereka menjadi lebih maju lagi dari sebelumnya.

13. Memiliki Perencanaan Untuk Masa Depan

Seseorang dengan jiwa kewirausahaan dan kepemimpinan nya sudah pasti memiliki kreatifitas serta inovatif dalam merencanakan usahanya kedepan agar lebih baik dan maju lagi dari sebelum-sebelumnya.

Tujuan Kewirausahaan

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari wirausaha dalam kewirausahaan :

  • Mengembangkan dalam bentuk kreasi dan inovasi yang baru supaya bisa tercipta sebuah dinamika di dunia bisnis atau kewirausahaan sehingga akhirnya kemakmuran bagi masyarakat bisa tercapai.
  • Ikut serta dalam membangun kesadaran serta orientasi kewirausahaan yang kuat dalam masyarakat.
  • Bertekan dan berusaha dalam meningkatkan jumlah wirausahawan muda yang baik sebagai salah satu bentuk peran aktif dalam melakukan pengkaderan serta membangun jaringan bisnis yang lebih baik lagi.

Bagaimana,  sudah dapat gambaran mengenai “Pengertian Kewirausahaan serta Ciri-cirinya?”. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca sekalian.

Mari sebarkan kebaikan dengan membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat bagi orang banyak. Terimakasih sudah berkunjung ^^.

Baca juga :