Pengertian Kebutuhan Jasmani dan Rohani Beserta Contohnya

Kehidupan manusia selalu disibukan dengan perkara kebutuhan dan juga keinginan. Kebutuhan merupakan salah satu hal yang harus dipenuhi oleh manusia  untuk dapat bertahan hidup.

Kebutuhan manusia pada dasarnya berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Kebutuhan manusia umumnya tidak terbatas serta beragam macam nya.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai kebutuhan manusia, maka kebutuhan pun dikelompokkan menjadi kebutuhan berdasarkan intensitasnya, sifat, bentuk, waktu, dan subjeknya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami  admin akuntanonlien.com akan membahas kebutuhan manusia dilihat dari sifatnya. Melihat dari sifatnya kebutuhan manusia dibedakan menjadi dua, yakni kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

Kebutuhan jasmani ialah kebutuhan yang berkaitan dengan material, sedangkan untuk kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang lebih bersifat kepada kebutuhan imaterial.

contoh kebutuhan Jasmani
Makan Merupakan salah satu Contoh dari Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani  dan kebutuhan rohani merupakan dua jenis kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi oleh setiap individu. Jika salah satu dari kebutuhan ini ada yang tidak terpenuhi, maka akan menyebabkan sebuah masalah dalam keberlangsungan hidup manusia itu sendiri.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai kebutuhan jasmani dan rohani, maka berikut ini kami akan menjelaskan keduanya dengan lebih terperinci dibawah ini :

Pengertian Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh badan atau jasmani manusia. Kebutuhan jasmani ini berkaitan erat dengan masalah kesehatan manusia maupun penampilan seseorang.

Secara umum kebutuhan jasmani dapat diartikan sebagai sebuah kebutuhan yang dapat langsung dirasakan oleh fisik atau tubuh manusia. Pemuasan kebutuhan jasmani ini secara langsung berkaitan dengan tubuh dari manusia itu sendiri.

Jika kebutuhan  manusia ini tidak dapat dipenuhi, maka manusia tersebut akan mengalami masalah seperti kesehatan tubuh yang menurun atau lain sebagainya.

Contoh Kebutuhan Jasmani Lari Maraton
Kegiatan Lari Pagi Sebagai Salah Satu Contoh Pemenuhan Kebutuhan Jasmani

Contoh Kebutuhan  Jasmani

Contoh kebutuhan jasmani dari setiap individu itu antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kebutuhan akan makan dan minum
  • Kebutuhan akan pakaian
  • Olahraga
  • Kesehatan serta istirahat yang cukup

Jika saja kebutuhan akan makan dan minum manusia tidak terpenuhi, maka dapat dipastikan orang tersebut akan mengalami kelaparan bahkan sampai hal terburuk yang akan terjadi adalah manusia itu kekurangan gizi atau mengalami gizi buruk.

Jadi amat penting bagi manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan jasmani mereka berupa kebutuhan makan dan minum agar kehidupan mereka dapat berlangsung dengan baik dan sehat.

Sebagai contoh lain, apabila kebutuhan akan istirahat yang cukup dan olahraga tidak terpenuhi dengan baik, maka kemungkinan besar seseorang akan mengalami daya tahan tubuh yang rendah dan rentan akan terserang penyakit.

Begitu juga kebutuhan jasmani manusia berupa pakaian, jika tidak dapat terpenuhi dengan baik maka bisa membuat seseorang itu  merasa malu dan kehilangan jati dirinya.

Dari penjelasan serta contoh di atas, dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa jika kebutuhan jasmani seseorang tidak terpenuhi dengan baik, maka akan berdampak  secara langsung pada fisik individu itu sendiri.

Pengertian Kebutuhan Rohani

Rohani atau jiwa seseorang tentunya memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan ini disebut dengan istilah kebutuhan rohani.

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berkaitan dengan psikologis manusia. Hal ini karena yang merasakan atau membutuhkan kebutuhan tersebut bukanlah fisik manusianya melainkan jiwa manusia yang paling dalam.

Kebutuhan rohani berkaitan erat dengan tuntutan perasaan, etika, dan keyakinan manusia demi terpenuhinya kepuasan batin. Kebutuhan rohani ini tidak berkaitan langsung dengan fisik manusia, sehingga tidak dapat dirasakan secara langsung.

Hal ini karena kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang hanya dapat dirasakan oleh individu itu sendiri.

Contoh Kebutuhan Rohani
Sholat merupakan contoh dari kebutuhan rohani

Contoh Kebutuhan Rohani

Adapun contoh dari kebutuhan manusia itu antara lain adalah seperti ibadah, rekreasi atau hiburan, ilmu pengetahuan, bersosialisasi dengan masyarakat, melakukan hobi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal ini dapat tercermin dari kebutuhan orang akan rasa aman serta kebutuhan dalam memilih keyakinan suatu agama atau kepercayaan tertentu. Kebutuhan untuk meyakini serta memeluk agama tertentu akan menjadikan seseorang itu merasakan suatu ketentraman dan mempunyai pedoman dalam kehidupannya.

Di era globalisasi sekarang ini pun, semakin maju nya ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menyebabkan kebutuhan ini terasa menjadi semakin penting bagi manusia, baik dalam statusnya sebagai makhluk individu maupun sosial.

Orang dengan kebutuhan rohani nya yang kurang terpenuhi akan lebih rentan terkena setres. Contohnya apabila seseorang kurang beribadah, makan akan nampak pada dirinya wajah yang suram serta mudah pesimis yang berujung pada kurang produktiv dalam hidupnya.

Menikmati akhir pekan bersama keluarga

Contoh lain dari pemenuhan kebutuhan rohani adalah rekreasi, terutama bersama dengan keluarga tercinta. Kegiatan seperti ini akan memberikan kepuasan batin tersendiri bagi sebagian individu.

Dengan terpenuhinya kebutuhan rohani seseorang, maka ia akan merasakan perasaan yang senantiasa bahagian dan gembira, sehingga akan berdampak positif dalam kehidupannya.

Begitulah pentingnya kebutuhan jasmani dan rohani bagi kehidupan manusia pada umumnya. Oleh karena itu, kita manusia yang telah  dianugerahi oleh Tuhan Yang Maha Esa kecerdasan berfikir tidak boleh mengabaikan akan pentingnya kedau jenis kebutuhan ini.

Maka dari itu, mulai sekarang kita sebagai manusia harus mulai membiasakan diri untuk memakan-makanan sehat dan bergizi, serta melakukan olahraga secara rutin dan berpenampilan rapi dan sopan agar kebutuhan jasmani kita sebagai  manusia dapat terpenuhi dengan seutuhnya.

Kita juga harus beribadah melaksanakan perintah agama kita masing-masing agar mendapatkan ketentraman dalam hati, serta mencari dan terus belajar untuk menambah wawasan keilmuan dan juga menjalani hobi yang dapat membuat hidup kita bahagia dan penuh warna terlebih lagi kegiatan itu dilakukan bersama dengan orang-orang tercinta.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Pengertian serta Contoh dari Kebutuhan Jasmani dan Rohani. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca sekalian.

Kunjungi juga: