Pengertian, Karakterisitik dan Juga Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa

Pengertian, Ciri, dan Karakteristik Perusahaan Dagang | Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang tidak bisa dianggap sebagai fungsi tersendiri dalam transaksi jual beli. Adanya konsumen berpotensial mempunyai kebutuhan atau keinginan tertentu, serta mampu dan mau berpartisipasi dalam pertukaran yang telah disepakati untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannnya di pasar.

Besarnya akan sebuah pasar tergantung dari jumlah masyarakat yang memiliki kebutuhan tertentu, memiliki  sumber daya yang mungkin akan diminati oleh orang lain, dan memiliki kemauan dalam menawarkan sumber daya tersebut untuk ditukar agar dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Pengertian Pemasaran Jasa Menurut Para Ahli

Menurut Kotler

Pemasaran adalah sebuah proses perencanaan dan pelaksanan dari perwujudan, pemberian harga, promosi, dan distribusi dari barang atau jasa. Dengan alasan untuk dapat melakukan pertukaran dengan kelompok yang menjadi sasaran untuk memenuhi tujuan konsumen.

Begitulah penjelasan Kotler mengenai pemasaran.

Menurut Payne

Payne menjelaskan bahwa jasa dalah suatu kegiatan ekonomi yang mempunyai sejumlah unsur yang tidak berwujud, intangible namun saling berkaitan, adanya interaksi dengan konsumen.

Jasa merupakan sebuah aktivitas,  manfaat, atau sebuah kepuasan yang ditawarkan kepada para konsumenya. Contohnya seperti misalnya, jasa penjahit, ojek, bengkel reparasi, kursus, salon kecantikan, pangkas rambut, hotel, lembaga pendidikan dan masih banyak lagi yang lainya.

Pemasaran Jasa Menurut Christoper Lovelock dan Lauren K Wright

Pemasaran jasa merupakan salah satu bagian dari sistem jasa secara keseluruhan, yakni dimana perusahaan tersebut memiliki suatu kontak dengan pelanggannya, melalui dari pengiklanan, hingga pada penagihan. Hal itu mencakup kontak yanag dilakukan pada saat penyerahan jasa.

Menurut Rismiati

Rismiati menjelaskan pemasaran jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak yang lain dan merupakan sebuah barang tidak berwujud atau intangible serta tidak berakibat pada kepemilikan akan sesuatu.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa pemasaran jasa menurut beliau adalah suatu proses kegiatan yang memiliki manfaat lalu ditawarkan atau dijual dan diberikan oleh suatu pihak yang pada dasarnya bersifat tidak berwujud.

Baca juga:
Pengertian Barang Ekonomi, Baranag Bebas, dan Barang Illith
Pengertian Analisisi Rasio Keuangan Lengkap Dengan Rumusnya
Pengertian Suku Bunga, Jenis dan Contohnya
Cara Mudah Menghitung Bunga Deposito Bank

 

Karakteristik  Jenis Jasa

Agar memudahkan para pembaca akan membedakan antara prouk jasa dengan produk barang, makan berikut ini akuntanonline.com akan memberikan beberapa karakteristik dari jasa dan sedikit penjelasanya.

Jas memiliki karakteristik yang luas, karakter ini menyebabkan suatu implikasi yang penting dalam pemasaran jasa. Menurut Kotler dan Armstrong, jasa memiliki 4 karakteristik utama yang dapat mempengaruhi rancangan program yaitu sebagai berikut :

  1. Tidak Berwujud atau Intangibility

Yups, jelas sekali bahwa karakteristik yang pertama dari sebuah jasa adalah tidak berwujud. Jasa merupakan hal yang tidak dapat dilihat, diraba, dirasa, didiengar, dicium atau menggunakan indra lainnya sebulum jasa itu dibeli.

Inilah yang menjadi karakteristik pertama yang membedakan antara jasa dengan hasil produksi berupa barang dari perusahaan.

Adapun wujud dari sebuah jasa itu bisa berupa perbuatau, penampilan, atau sebuah usaha lainnya yang tidak dapat disimpan, dipakai atau kita letakan disuatu tempat yang kita inginkan.

Wujud dari produksi jasa ini dapat memberikan pengalaman serta dapat mempegaruhi kepuasan konsumen. Hal ini merupakan salah satu hal sulit dalam mengevaluasi suatu produk jasa.

Maka dari itu, tugas dari perusahaan ialah memberikan pelayanan atau jasa yang nyata dalam satu atau lebih cara dan mengirim isyarat yang tepat mengenai kualitas perubahan.

  1. Tidak Terpisahkan atau Inseparability

Sebuah jasa tidak bisa terpisahkan dari penyedia pelayanan atau jasanya, baik orang-orang maupun mesin. Bila seorang karyawan memberikan pelayanan atau jasa, maka seorang karyawan menjadi bagian dari proses pelayanan tersebut, karena konsumen juga hadir pada saat jasa diberikan.

Jasa bisa diberikan atau dikonsumsi secara bersamaan. Hal ini tentunya berbeda dengan barang fisik yang diproduksi, yang disimpan dalam persediaan, didistribusikan lewat berbagai penjualan, dan barulah kemudian baru dapat dikonsumsi secara bersama atau yang sering kita sebut dengan istilah tidak terpisahkan.

  1. Bervariasi atau Variability

Sebuah jasa sangat banyak sekali variasinya, hal tersebut karena jasa selalu tergantung pada siapa yang menyediakan dan kapan hal itu terjadi serta dimana jasa itu dilakukan.

Sebagi contoh kita ambil jasa yang ditawarkan oleh sebuah hotel. Meskipun setiap hotel memiliki sebuah standar yang sama, tetapi jasa yang akan diberikan pasti selalu berevariasi atau bermacam-macam.

Hal ini membuktikan bahwa, kualitas pelayanan karyawan bervariasi tergantung dengan energi dan pemikiran yang dimiliki saat melayani konsumenya.

  1. Tidak Tahan Lama atau Perishability

Suatu jasa tidak dapat kita simpan untuk kemudian kita gunakan dalam jangka waktu lama. Tidak tahan kamanya jasa tidak menjadi sebuah masalah manakala bila permintaanya tetap.

Namun tetapi, jika permintaan akan jasa tesebut berfluktuasi maka perusahaan jasa dapat menghadapi masalah.

Baca juga :
Beberapa Contoh Gaya Kepemimpinan
5 Jurnal Khusus Perusahaan Dagang
Pengertian HPP dan Cara Mudah Menghitungnya
Contoh Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung
Macam-macam Jenis Strategi Pemasaran

 

Strategi Pemasaran Jasa

Dalam menjalankan bisnis dibidang jasa, seorang pengusaha akan membutuhkan suat strategi pemasaran juga. Seorang pebisnis perlu juga mengetahui perbedaan strategi pemasaran yang menawarkan jasa dengan strategi pemasaran bisnis yang memberikan penawaran berupa produk atau barang, untuk menetapkan sebuah strategi pemasaran yang akan digunakan.

Seoragn pengusaha dibidang jasa biasanya memberikan pelayanan kepada konsumen dengan berhubungan secara langsung, oleh karena itu usah dibidang jasa ini dapat mengukur keberhasilan strategi pemasaran yang digunakan degan tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen.

Untuk menghasilkan jasa yang dapat memberikan kepuasan yang maksimal bagi para konsumen, berikut 5 strategi pemasaran jasa yang perlu kalian ketahui :

  1. Memberikan Pelayanan Secara Efisien

Dengan memberikan pelayanan yang cepat tanggap dan sesuai degna keinginan konsumen, hal tersebut secara tidak langsung dapat mempengaruhi konsumen untuk kembali lagi menggunakan jasa yang sudah kita tawarkan.

Karena pada umumnya seorang konsumen tidak suka jika harus menunggu terlalu lama akan pelayanan yang mereka butuhkan.

  1. Peran Karyawan dalam Melayani Konsumen

Prilaku baik seorang karyawan dalam memberikan pelayanan yang baik pada setiap konsumen yang datang termasuk menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Hal ini karena citra baik sebuah perusahaan bisa kita lihat dari kinerja pelayanan seorang karyawanya.

  1. Penentuan Harga yang Ditawarkan

Penentuan harga yang akan ditawarkan kepada konsumen sebaiknya disesuaikan dengan manfaat yang nantinya akan diterima oleh konsumen dari hasil produksi yang diberikan.

  1. Penggunaan Perkembangan Teknologi serta Inovasi

Demi menghasilkan produk jasa yanag mampu memberikan kepuasa yang maksimal bagi konsumen, maka diperlukan pelayanan yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan inovasi yang ada pada sekarang ini.

Jika teknolgi yang digunakan oleh perusahan penyalur layana jasa semakin cangih, maka akan semakin cepat pula pelayanan yangakan diberikan untuk konsumen.

  1. Menyesuaikan dengan Budaya yang Berkembang

Penyesuaian perusahaan penyedia layanan jasa haruslah menyesuaikan degnan budaya yang sedang berkembang saat ini, karena hal tersebut dapat mempengaruhi peluang akan pasar jasa.

Sekian penjelasan kami mengenai “Pengertian, Karakterisitik dan Juga Strategi Pemasaran Jasa”. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan terimakasih sudah berkunjung ^^.

Kunjungi artikel kami lainnya :