Pengertian dan Jenis Transaksi Pada Perusahaan

Ok pada kesempatan kali ini kami admin akuntanonline.com akan membahas mengenai transaksi dan jenis transaksi yang ada dalam perusahaan.

Nah, untuk itu jangan kemana-mana tetap pantengin terus artikel ini hingga akhir agar bertambah sedikit pengetahuan kita tentang apa itu transaksi.

Pengertian Transaksi

Secara umum transaksi merupakan suatu aktivitas baik yang dilakukan oleh perorangan maupun perusahaan yang berakibat pada adanya perubahan terhadap posisi harta maupun keuangan perusahaan.

Perubahan harta atau keuangan tersebut akibat adanya transaksi seperti misalnya membeli atau menjual, membayar gaji karyawan, serta membayar berbagai macam biaya lain yang menjadi pertanggungjawaban dari perusahaan.

Dalam sebuah transaksi keuangan ada sebuah istilah administrasi transaksi, yang mana artinya adalah suatu kegiatan untuk mencatat berbagai perubahan posisi keuangan dari perusahaan yang dicatat berdasarkan kronologis dengan mengunakan metode-metode tertentu.

Hasil dari pencatatan administrasi transaksi tersebut kemudian dapat digunakan untuk mengkomunikasikan kepada pihak lain yang berikaitan.

Lalu apa pengertian transaksi keuangan itu..? dan apa bedanya dengan transaksi bisni.?

Transaksi keuangan adalah sebuah kegiatan ekonomi yang dapat kita ukur dengan satuan uang tertentu, yang dapat mengubah posisi keuangan perusahaan tersebut.

 Sedangkan transaksi bisnis dapat kita artikan sebagai sebuah kejadian-kejadian ekonomi dari usaha atau bisnis yang secara langsung akan mempengaruhi kondisi keuangan dari seorang pebisnis.

Jenis-Jenis Transaksi pada Perusahaan

ilustrasi transaksi
sumber islamidia.com

Umunya transaksi yang terjadi pada perusahaan dibedakan menjadi dua, yakni transaksi internal dan transaksi eksternal.

Dan dibawah ini adalah penjelasan mengenai kedau jenis transaksi tersebut :

Transaksi Internal

Transaksi internal merupakan suatu transaksi yang hanya  melibatkan bagian-bagian yang terdapat dalam perusahaan dan lebih menekankan pada perubahan posisi keuangan yang terjadi antar bagian yang ada dalam perusahaan.

Misalnya seperti memo yang ditinggalkan oleh pimpinan kepada seseorang yang ditunjuk, adanya perubahan nilai dari harta kekayaan karena penyusutan, serta pemakaian perlengkapan kantor.

Selain itu, dapat  juga diartikan sebagai bukti pencatatan atas kejadian-kejadian yang terjadi di dalam perusahaan itu sendiri.

Misalnya seperti penghapusan piutang usaha, pengalokasian beban dan lain sebagainya.

Transaksi Eksternal

Transakasi eksternal adalah sebuah transaksi yang melibatkan pihak-pihak diluar perusahaan.

Seperti misalnya transaksi pembelian, penjualan serta pembayaran utang piutang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menengok dari penjelasan di atas, maka setiap transaksi yang terjadi memiliki bukti-bukti yang kemudian bukti-buti transaksi tersebut akan menjadi arsip bagi perusahaan yang berfungsi sebagai sebuah pedoman dalam mengambil keputusan dimasa yang akan datang.

Cukup sekian penjelasan dari kami mengenai Pengertian Transaksi dan Jenisnya pada Perusahaan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pengetahuan dan menambah khazanah keilmuan para pembaca sekalian. Terimaksaih sudah berkunjung.

Baca juga :