Pengertian serta Contoh Lengkap Studi Kasus dalam Sebuah Penelitian

Studi kasus menjadi salah satau bahasan penting dalam sebuah metodelogi penelitian. Bahasan dalam studi kasus itu sendiri mencakup tentang fenomena-fenomena sosial, serta gejala sosisal dalam kehidupan masyarakat. Seperti misalnya dalam dunia pendidikan, bimbingan konseling atau BK, perusahaan, komunikasi, dan lain sebagainya.

Nah, untuk itu artikel ini akan memberikan penjelasan yang lebih mendalam mengenai studi kasus, dan berikut adalah penjelasannya :

Studi Kasusu

Satudi kasus merupakan istilah dari bahasa inggris “case study” yang bermakna memberikan kajian-kajian penelitian dengan mengedepankan pada masalah sosial. Studi kasus amatlah diperlukan dalam mengidentifikasi serta menginvestasi lebih dalam mengenai kajian objek penelitian yang berkembang.

Pengertian Studi Kasus

Berikut ini merupakan pengertian studi  kasus menurut beberapa ahli:

Kristina Wolff

Kristina Wolff menjelaskan studi kasus adalah sebuah metode penelitian sosial yang mengedepankan pada pandangan umum terhadap kehidupan bermasyarakat. Baik itu dalam bentuk kelompok, komunitas, lembaga sosial, organisasi, institusi maupun peristiwa lain yang sifatnya general atau umum.

Pollit & Hungler (1990)

Pollit & Hungler mendefinisikan studi kasus sebagai sebuah penentuan terhadap penelitian yang mengedepankan proses wawancara dengan menggunakan pertanyaan terkait. Metode penggunaan ini lebih dekat pada jenis penelitian deskriptif dengan analisa brupa metode penelitian kualitatif.

Dari penjelasn para ahli di atas, kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa dalam menentukan metode penelitian studi kasus haruslah mengulas tentang masalah-masalah sosial yang sedang berkembang dengan lebih mengedepankan pada instrumen penelitian berupa wawancara.

Jenis Studi Kasus

Jika melihat dari bentuknya, maka studi kasus dapat dibedakan kedalam berbagai macam jenis. Berikut ini adalah beberapa macam jenis studi kasus :

Ilustratif

Jenis metode penelitian sosial dengan ilustratif ini akan lebih mendekatkan pada kajian deskriptif terhadap berbagai bentuk kejadian-kejadian yang ada didalam masyarakat. Misalnya seperti masalah sisuak di Indonesia yang saat ini sedang terjadi.

Seperti misalnya kemiskinan, kriminalitas maupun kenakalan remaja atau pelajar.

Penyelidikan

Jenis lain dari studi kasus adalah dengan penyelidikan atau lebih dikenal dengan istilah investigasi dalam penelitian. Metode ini sangat efektif diterapkan dalam masyarkat, terutama mengenai konflik sosial yang sering terjadi.

Kumulatif

Dalam penentuan studi kasusu bisa juga menggunakan jenis penelitian kumlatif yang secara singkat akan menjelasakan perbandingan kumpulan informasi yang ada dalam sumber literasi seperti misal pada buku-buku, jurnal, maupun yang ada didalam internet.

Kemudian selanjutnya dari bahasan tersebut dikumpulkan menjadi satu untuk selanjutnya dilakukan penelaahan yang lebih dalam.

Kritis

Jenis terakir dari studi kasus adalah kritis, kritis ini bisa kita lakukan dengan menguji persoalan masyarakat dengan hasil dari sebab dan akibat. Proses kritis yang dilakukan dalam studi kasus ini haruslah dilakukan dengan wawasan dan pengetahuan yang luas, olehk karena itu terkhusus untuk jenis studi kasus yang terakhir ini bisa dikatakan sulit dilakukan unutk orang awam.

Contoh studi kasusu

 Dari penjelasan mengenai pengertian serta jenis studi kasus di atas rasanya kurnag cukup bila tanpa ada contoh studi kasus dalam penelitian. Oleh karena itu kami akan memberikan contoh penjabaran dari sebuah penelitian yang membahasa tentang “Pemanfaatan Biji Karet Sebagai Pengawet Makanan”.

Studi Kasus Penelitian
Dalam rancangan penelitian studi kasus yang diajukan oleh penulis, mengenai cangkang biki karet yang dahulu tidak berguna kini akan diubah menjadi produk yang dapat bermanfaat dengan cara mengubahnya menjadi bahan pengawet alami makanan.Dengan adanya pengolahan cangkang biji karet tersebut tentu diharapkan akan meningkatkan pendapatan para petani tanaman karet.

Hasil produk dari cangkang biji karet ini adalah berbentuk asap cair yang tentunya akan mudah untuk diperjual belikan. Dan diharapkan dengan adanya produk asap cair dari cangkang karet ini dapat menekan penggunaan bahan pengawet dari sintentik oleh masyarakat.

Karena produk pengawet asap cair dari cangkang biji karet ini mudah dibuat dan hanya dengan menggunakan tekhnik sederhana. Penggunaan pengawet alami makanan tentunya sangat diharapkan bagi para kalangan orang tua maupun masyarakat umum, karena makanan berbahan pengawet kimia akan sangat berpengaruh pada kesehatan orang banyak dan tentunya akan berdampak pada generasi penerus bangsa.

Dari serangkaian penulisan studi kasus  di atas, perlu kita ketahui bersama bahwa tujuan serta manfaat yang diharapkan dalam metode penelitian ini ialah untuk mengkaji persistiwa sosial yang yang bersifat kontemporer dalam sistem pengaturan kehidupan sosial tertentu.

Selain itu manfaat lain dari adanya metode studi kasus adalah untuk mempermudah penelitian sosial yang dilakukan. Yang mana hal ini lantaran teknik pengumpulan data, pengeorganisian kelompok serta presentasi data yang diberikan dalam studi kasus tidak sulit untuk kemudian dipahami.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai penjelasan serta pembahasan mengenai contoh studi kasus dalam penelitan sosial. Semoga bermanfaat dan membantu para pembaca sekalian. Terimakasih