Pengertian dan Contoh Instrumen yang Sering Digunakan dalam Penelitian

Sebuah instrumen penelitian memiliki peran yang sangat penting dalam teknik pengumpulan data penelitian. Baik dalam jenis riset kualitatif, kuantitatif, eksperimen, maupun didalam penelitian deskriftif.

Alasan utama penggunaan instrumen didalam sebuah penelitian adalah lantaran ada kesempatan tertentu yang memberikan penilaian apakah penting konsepsi penelitian yang dihadirkan secara ilmiah maupun tidak.

Nah, pada kesempatan kali ini kami admin akuntanonline.coma akan mengulas secara gambang mengenai contoh instrumen penelitian yang dilengkapi dengan contohnya.

Instrumen Penelitian

Instrumen penelitian adalah sebuah alat bantu yang dipergunakan oleh seorang peneliti dalam mendapatkan hasil riset yang berkualitas. Selain itu, dengan adanya keterangan terhadap instrumen penelitian seseorang pembaca hasil penelitian dalam menentukan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif yang dipergunakan.

Penjelasan mengenai keadaan tersebut tentu saja tidak cukup jika digunakan dalam memahami apa saja yang menjadi bagian instrumen penelitian. Sebelumnya perlu untuk diketahui bahwa setiap penggunaan instrumen penelitian ini harus sesuai dengan jenis metode penelitian yang akan dipergunakan.

Jenis Metode Penelitian

Jenis metode penelitian sosial atau penelitian eksakta sangat diperlukan dalam proses penyelesaian karya tulis seperti skripsi, makalah, artikel, maupun sebuah laporan penelitian. Adapun macam jenis metode penelitian yang bisa digunakan adalah sebagai berikut :

Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang mempergunakan perhitungan yang tidak mempergunakan angka numerik. Dalam jenis penelitian satu ini lebih condong mengarah pada tingkat kajian pustaka yang kuat, serta juga melakukan analisis terhadap teori-teori terdahulu yang mengandung hasil penelitian.

Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan analisis data dengan angka-angka nomer, instrumen yang digunakan dalam metode penelitian jenis ini ialah menggunakan sistem poling, angket, atau menggunakan kuesinoer.

Eksperimen

Metode penelitian eksperimen adalah jenis penelitian yang lebih mendekatkan diri pada riset di dalam laboratorium dengan langsung terjun kelapangan merupakan ciri khas utama dari metode ini.

Pelaksanaan dari metode ini lebih didasari pada sikap penelitian yang ingin menyempurnakan dari hasil sebuah penelitian yang didapat.

Deskriptif

Penelitian selanjutnya adalah penelitian deskriptif yang mempergunakan data serta teknik dengan menggunakan analisis berdasarkan kajian pustaka. Instrumen yang dipergunakan pada metode deskriptif ini lebih pada mendekati bentuk penelitian kualitatif, oleh karena itu tidak sedikit yang orang yang memberi nama penelitian ini dengan istilah kualitatif deskriptif.

Contoh Instrumen Penelitian

Harapan penulis setelah memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian serta jenis instrumen atau metode dalam melakukan sebuah penelitian, maka tidak lengkap jika kami tidak memberikan sebuah pandangan tentang bagai mana cara untuk mengumpulkan data atau informasi yang masuk dalam kelompok alat instrumen penelitian.

Untuk itu dibawah ini adalah beberapa alat atau instrumen yang bisa digunakan dalam mengumpulkan data atau informasi dalam melakukan sebuah penelitian:

Kuesioner

Contoh alat pengumpul data yang  bisa kalian gunakan saat melakukan sebuah penelitian adalah dengan melakukan penyebaran angket yang berisi sejumlah  pertanyaan kepada responden yang berkaitan degan penelitian yang akan kita lakukan.

Maka alat pengumpulan data dengan melakukan penyebaran angket ini sering disebut dengan istilah kata kuesioner, sedangkan untuk teknik analisis data hasil kuesioner adalah dengan menggunakan SPSS.

Wawancara

Wawancara adalah sebuah model penelitian yang bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung terjun kedalam masyarakat. Jenis teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara ini lebih cocok jika dipakai dalam metode penelitian jenis kualitatif.

Hal ini karena setelah proses wawancara selesai, perlu dilakukan sebuah rangkuman yang kemudian dimasukkan atau dilampirkan dalam bab pembahasan sebuah karya tulis.

Buku Catatan

Instrumen lain dalam penelitian adalah adanya buku catatan, dimana fungsi dari penggunaan buku catatan ini adalah untuk mendapatkan hasil penelitian yang ada diluar perkiraan. Dengan menggunakan teknik ini, maka data-data yang dibutuhkan maupun yang tidak dibutuhkan dalam kuesioner maupun wawancara dapat dimasukkan sebagai pelengkap.

Oleh karena itulah setiap jenis penelitian kualitatif atau kuantitatif perlu menggunakan teknik ini.

Alat Rekam

Contoh lain dari penggunaan instrumen penelitian adalah dengan menggunakan alat rekam. Dimana alat rekam ini kemudian bisa kita gunakan sebagai pelengkap dalam bentuk riset yang ada di lapangan.

Alat perekam atau dokumentasi ini bisa dalam bentuk audio maupun video. Kalian bisa menggunakan smartphone, kamera, tape recorder dan alat rekam jenis lainnya.

Buku Tes

Jenis alat selanjutnya yang bisa digunakan adalah buku tes. Penggunaan buku tes sendiri lebih mengerucut untuk jenis metode penelitian eksperimen yang banyak menghabiskan waktu di dalam laboratorium.

Observasi

Contoh instrumen alat penelitian selanjutnya yang bisa kalian gunakan dalam melakukan penelitian adalah dengan menggunakan observasi. Observasi dapat dilakukan dengan cara terjun langsung kedalam lapangan penelitian.

Fungsi yang diharapkan dari teknik ini adalah agar mendapatkan data-data penelitian yang bisa untuk dipertanggungjawabkan baik secara ilmiah maupun non ilmiah.

Peneliti

Instrumen terakhir dalam pengumpulan data atau informasi penelitian adalah penelitian itu sendiri. Sebagai ahli reset setiap individu baik secara langsung maupun tidak langsung menjadi bagian dari instrumen dalam penelitian.

Kehadiran dari peneliti sendiri sangat berperan penting, hal ini lantaran dengan adanya penelitian ilmu pengetahuan bisa berkembang.

Dari sejumlah penjelasan mengenai instrumen penelitian perlu untuk diketahui bahwa, penggunaan sebuah instrumen dalam riset berbeda antara suatu metode dengan metode pengumpulan data yang lainnya.

Bahkan adanya perbedaan dalam penggunaan ini sendiri bisa menentukan teknik penulisan yang disajikan oleh para pembaca didalam memahami sebuah hasil penelitiannya. Oleh sebab itu selalu sesuaikan judul penelitian teknik penulisan serta instrumen penelitian yang dipergunakan.

Sekian penjelasan dari kami mengenai contoh instrumen penelitian. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menentukan metode apa yang cocok untuk anda yang sedang akan melakukan sebuah penelitian.

Kunjungi Juga :