Makna Bauran Pemasaran, 7P Marketing Mix

Jika pada kesempatan lalu kami telah membahas mengenai macam-macam jenis strategi pemasaran, maka pada kesempatan kali ini kami admin akuntanonline.com akan mengupas tentang apa itu bauran pemasaran.

So…, buat kalian yang belum paham banget mengenai apa itu bauran pemasaran wajib hukumnya untuk membaca artikel ini hingga akhir.

Pengertian Bauran Pemasaran atau Marketing Mix

Bauran pemasaran dapat kita artikan sebagai sebuah pendekatan yang mudah serta fleksibel dalam memasarkan suatu prodak maupun jasa dalam perusahaan.

Bauran pemasaran atau dalam istilah bahasa asing sebagai marketing mix merupakan sebuah strategi penjualan maupun promosi serta penentuan harga yang bersifat unik dan dirancang untuk menghasilkan sebuah pertukaran yang saling mengutungkan satu sama lain.

Perkembangan Bauran Pemsaran From 4P to 7P

Kini bauran pemasaran semakin lama semakin berkembang, terutama di bidang jasa kini tidak hanya meliputi produk, promosi,  dan price atau yang dikenal dengan istilah  4P.

Bauran pemasaran kini hadir dengan meninjau juga dari segi place, people, process, and physical evidence yang  kemudian kini bauran pemasran dikenal dengan istilah 7P.

Konsep 7P ini sangat cocok untuk diterapkan pada strategi pemasaran perusahaan jasa, namun demikian harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan jasa tersebut.

Namun secara umum, konsep 7P ini digunakan untuk mengambil keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran.

Penjelasan Konsep 7P dalam Bauran Pemasaran

Marketing Mix 7P
Marketing Mix 7P

Produk atau Jasa (Product/The Services)

Produk jasa adalah produk yang dapat memberikan manfaat, mememuaskan konsumen dan juga memenuhi kebutuhan konsumen.

Hal ini karena pada hakekatnya para konsumen tidak membeli suatu barang atau jasa melainkan mereka membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan oleh produsen.

Harga atau Price

 Hal lain yang tidak kalah penting tentang produk barang atau jasa adalah penetepan harga, dimana setiap perusahaan akan menentukan hal tersebut dengan penuh pertimbangan.

Hal ini tentunya karena penetapan harga dapat mempengaruhi pendapatan tota dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Harga merupakan faktor utama dalam penentu posisi yang harus diputuskan sesuai dengan sasaran pasar, bauran ragam produk, serta pelayanan dan persaingan pasar.

Place atau Lokasi Usaha

Jangkauan jarak tempuh tempat usaha menjadi sesuatu yang harus dipertimbangkan dengan matang.

Tempat-tempat yang strategis tentunya memiliki peluang akses ke publik yang sangat tepat, namun tentunya  hal ini selalu diimbangi dengan biaya sewa yang lumayan mahal sebagai sebuah konsekwensi dari kemudahan akses terhadap konsumen.

Promotion atau Strategi promosi

Kegiatan promosi adalah sebuah aktivitas dan  materi yang dalam menjalankannya menggunakan teknik dibawah pengendalian penjual atau produsen.

Yang mana strategi ini dapat mengkomunikasikan informasi yang persuasif serta menarik tentan produk yang kita tawarkan kepada konsumen.

Strategi promosi ini dapat kita lakukan secara langsung maupun melalui publik figur yang dapat mempengaruhi para pembeli atau konsumen.

Sumber Daya Manusia (SDM) atau People

SDM merupakan aset utama dalam industri jasa. Lebih-lebih lagi bisnis yang membutuhkan sumber daya dengan performa tinggi.

Kebutuhan konsumen terhadap karyawan dengan kinerja yang tinggi akan menyebabkan konsumen mera puas dan loyal terhadap produk jasa yang ditawarkan.

Kemampuan pemahaman yang baik mengenai produk yang ditawarkan kepada konsumen akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar.

Process / Proses atau Aktivitas Bisnis

Layanan jasa maupun kwalitas produk sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen.

Hal ini karena pergerakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa adalah kinerja dari karyawan itu sendiri, oleh karen itu untuk menjamin mutu layanan atau quality assurance seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sisten dan prosedur yang sudah terstandarisasi oleh karyawan yang berkomitmen, berkompetisi, serta loyal terhadap perusahaan tempat ia bekerja.

Bukti Fisik Peruasahaan atau Physical Evidence

Sebuah bangunan dari perusahaan yang bergerak dibidang jasa adalah bukti fisik dari kebenaran perusahaan tersebut.

Ini merupakan karakteristik yang menjadi nilai tambah bagi konsumen. Terlebih lagi mengenai perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk didalamnya lighting system, serta tata ruang yang lapang menjadi perhitungan penting dan dapat mempengaruhi mood dari para pengunjung.

Sebuah bangunan harus dapat menciptakan suasana yang nyaman serta memberikan pengalaman yang berkesan kepada pengunjung, yang kemudian nantinya hal tersebut menjadi nilai tambah dari pengunjung.

Demikianlah sedikit ulasan dari kami mengenai “Pengertian Bauran Manajemen dengan Konsep 7 P”.  Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dari para pembaca sekalian.

Terimaksih sudah berkunjun ^^.