Pengertian Bank Garansi Lengkap dengan Contoh, Jenis dan Tujuannya

akuntanonline.com | Seorang pengusaha dalam melaksanakan bisnisnya terkadang tidak mampu bila harus menjalankan proyek yang diperolehnya sendirian, untuk itu terkadang mereka akan melimpahkan kepada pihak lain.

Oleh karena itu, maka seorang pebisnis ulung harus memiliki keyakinan bahwa pihak yang dituju mampu berkomitmen sesuai dengan kontrak yang telah disepakati sebelumnya.

Namun, ada kalanya ketika proyek bisnis tersebut tidak bisa dijalankan sesuai dengan rencana sehingga berujung pada sebuah kerugian bagi pengusaha tersebut. (Pengertian Analisis SWOT, Fungsi dan Tujuannya)

Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, beberapa bank di Indonesia sudah menyediakan layanan bank garansi. Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai bank garansi lebih lanjut.

Pengertian Bank Garansi

Bank garansi merupakan suatu jaminan yang diberikan bank kepada suatu pihak tertentu, baik itu perorangan, perusahaan, badan maupun lembaga lainnya dalam bentuk surat jaminan.

Maksud dan tujuan dari pemberian jaminan ini adalah bahwa bank menjamin akan membayar atau memenuhi kewajiban-kewajiban dari pihak yang dijaminkan kepada pihak yang menerima jaminan, dan apabila pada kemudian hari pihak yang dijamin tidak memenuhi kewajibannya kepada pihak lain sesuai dengan yang diperjanjikan. (Pengertian serta Karakteristik Perusahaan Jasa & Strategi Pemasarannya)

Contoh Bank Garansi

Dibawah ini adalah contoh bank garansi untuk perdagangan

contoh bank garansi untuk usaha perdagangan

Berikut ini adalah contoh bank garansi jaminan uang muka

contoh bank garansi uang muka

Baca juga :
Pengertian Jaminan atau Agunan Lengkap dengan Tujuannta
Perbedaan FOB Shiping Point dan FOB Destination
Pengertian Ekonomi Mikro dan Makro serta Perbedaanya
Pengertian Teori Kebutuhan Hiearki Maslow

Jenis-Jenis Bank Garansi

Setiaknya terdapat 10 jenis bank garasi, dan berikut ini adalah ke10 bank garasi tersebut lengkap dengan penjelasannya :

  1. Bank Garasi untuk Pita Cukai Tembakau

Adalah bank garasi yang diberikan kepada kantor bea cukai untuk kepentingan perusahaan pabrik rokok, guna penangguhan pembayaran pita cukai tembakau atas rokok-rokok yang dikeluarkan dari pabrik.

  1. Bank Garansi untuk Tender Dalam Negeri

Yang dimaksud dengan bank garasi untuk tender dalam negeri adalah bank garansi yang diberikan kepada bouwheer  atau yang memberi pekerjaan demi kepentingan leveransi atau kontraktor yang akan mengikuti tender luar negeri tersebut.

  1. Bank Garansi Untuk Tender Luar Negeri

Merupakan bank garansi yang diberikan kepada kontraktor yang akan mengikuti tender pemborong diman bouwheer nya adalah pihak luar negeri.

  1. Bank Garansi untuk Penanguhan Bea Masuk

Adalah bank garansi yang diberikan kepada pihak kantor bea cukai untuk kepentingan pemilik barang guna penangguhan pembayaran bea masuk.

  1. Bank Garansi untuk Pelaksanan Pekerjaan

Merupakan bank garansi yang diberikan kepada bouwheer untuk kepentingan kontraktor guna untuk menjamin pelaksanan pekerjaan yang diterima dari brouwheer.

  1. Bank Garansi untuk Uang Muka Pekerjaan

Adalah bank garansi yang diberikan keapada bouwheer  untuk kepentingan kontraktor guna menerima pembayaran berupa uang muka dari yanag memberikan pekerjaan tersebut.

  1. Bank Garansi untuk Penyerahan Barang

Merupakan bank garansi yang diberikan kepada nasabah yang akan melakukan kegiatan penyerhan barang, baik yang dibayarkan oleh bank maupun tidak.

  1. Bank Garansi untuk Perdagangan

Merupakan jenis bank garansi yang diberikan kepada dealer atau agen perdagangan.

  1. Bank Garansi untuk Mendapatkan Keterangan Pemasukan barang

Adalah bank garansi untuk pengeluaran barang L/C balum dibayar secara penuh oleh importirnya.

  1. Bank Garansi untuk Pemeliharaan

Adalah jenis bank garansi yang diberikan keapda bouwheer untuk kepentingan kantor guna menjamin pemeliharaan atas proyek yang telah dikerjakan.

Baca juga :
7 Macam Sumber Penerimaan Negara Bukan Pajak
14 Prinsip Manajemen Menurut Alhi Teori Manajemen Henry Fayol
Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
Pengertian Asuransi, Fungsi dan Tujuannya

Tujuan Dari Bank Garansi

Bank garansi memiliki kurang lebih 5 tujuan utama, ke 5 tujuan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Bagi pihak bank,tujuannya adalah untuk memberikan fasilitas maupun kemudahan dalam memperlancar kegiatan transaksi nasabah dalam hal mengerjakan suatu usaha atau proyek.
  2. Pihak bank juga memperoleh keuntungan dari biya-biaya yang harus dibayarkan oleh nasabah serta jaminan lawan yang diberikan.
  3. Bagi peserta pemegang jaminan, tujuanya adalah untuk memberi keyakinan bahwa pemegang jaminan tidak akan mengalami kerugian, bilamana pihak yang dijaminkan melalikan kewajibannya. Mengapa demikian? Hal ini karena pemgang jaminan akan mendapatkan ganti rugi dari pihak perbankan yang menerbitkan bank garansi tersebut.
  4. Akan memberikan rasa aman dan ketentraman dalam berusaha, baik bagi pihak bank khususnya dana pihak lainnya umumnya.
  5. Menumbuhkan rasa saliang percaya satu sama lain antara pihak pemberi jaminan dan pihak yang dijaminkan dan pihak yang menerima jaminan.

Nah, itulah dia penjelasan dari kami mengenai “Pengertian Bank Garasi, Jenis, Contoh dan Tujuan dari Bank Garansi”. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan terimkasih atas kunjunganya ^^.

Kunjungi juga :