Pengertian, Beserta Aspek-Aspek, dan Contoh Efektifitas

Pada kesempatan kali ini kami akuntanonline.com akan membahas materi tentang pengertian beserta aspek dan contoh dari efektifitas. Semoga penjelesan dari kami dapat mudah dipahami oleh para pembaca sekalian.

Pengertian atau Definisi Efektifitas

Dalam dunia ekonomi terkhusus pada ilmu manajemen, kata efektifitas sering terasa tidak asing bagi kita semua. Berikut ini adalah beberapa definisi dari efektifitas menurut para ahli ilmu ekonomi :

  • Prasetyo Budi Saksono menjelaskan bahwa, efektifitas adalah seberapa besar tingkat kelekatan keluaran atau output yang sudah dicapai dengan output yang diharapkan dari jumlah masukan atau input  dalam suatu perusahaan.
  • Menurut Hidayat, efektifitas merupakan suatu ukuran perusahaan dalam menyatakan seberapa terget yakni kuantitas, kualitas, waktu telah tercapai secara jauh. Dimana makin besar presentase target yang dicapai, maka akan semakin tinggi efektifitasnya.
  • Schemerhin John R. Jr., menjelaskan bahwa efektifitas adalah pencapaian target output/keluaran yang akan di ukur dengan cara membandingkan anggaan output atau OA (seharusnya) dengan output realisasi atau OS (sesungguhnya). Dimana jika OA > OS maka akan dinyatakan sebagai efektif.
  • Songang berpendapat bahwa efektifitas adalah suatu pemanfaatan dari sarana prasarana atau sumber daya dalam jumlah tertentu yang sebelumnya telah ditentukan untuk menghasilkan sejumlah barang atu jasa dari kegiatan yang akan dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan.
  • Siagaan menjelaskan efektifitas adalah suatu yang menekankan pada hasil yang akan dicapai oleh suatu perusahaan atau seseorang.
  • Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahwa kata efektif mengandung makna sebagai pengaruh, efek, akibat, atau hasil. Sedangkan efektifitas merupakan daya guna, keaktifan serta adanya kesesuaian dalam suatu kegiatan antara seseorang yang melaksanakan tugas dengan tujuan yang ingin dicapainya.

Berdasarkan pengertian efektifitas menurut beberapa ahli ekonomi di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa pada dasarnya pengertian efektifitas adalah suatu keadaan yang menunjukkan seberapa besar target yang sudah dicapai  oleh manajemen dalam hal seperti kualitas, kuantitas, dan waktu. (Pengerian Reasuransi dan Koasuransi Beserta Manfaat dan Fungsinya)

Yang mana sebelumnya targetan tersebut sudah ditentukan terlebih dahulu sebelumnya.

Semakin banyak target yang sudah dicapai, maka akan semakin efektif pula kegiatan tersebut. Kata efektifitas dapat juga dimaknai sebagai usaha tertentu atau sebuah keberhasilan yang dapat diapai oleh seseorang atau suatu perusahaan.

Contoh Efektifitas

Efektifitas erat hubungannya dengan keterkaitan antara tujuan dengan hasil yang ingin dicapai dan atau tercapainya semua tugas  pokok, ketepatan waktu, tujuan serta partisipasi dari para anggota aktif serta menunjukan derajat kesesuaian antara tujuan yang diinginkan dengan hasil yang sudah dicapai oleh perusahaan. (Pengertian Manajemen Kas Lengakap dengan Tujuan dan Contohnya)

Sebagai contoh, media pembelajaran dalam pendidikan yakni apabila media pembelajaran memenuhi kriteria yang diinginkan seperti membawa hasil, yang menunjukkan adanya hasil  perubahan dan memberikan pengaruh bagi para peserta didik nantinya.

Maka ketika merumuskan tujuan instruksional dari media pembelajaran tersebut, dan apabila tujuan dari instruksionalnya dapat dicapai dengan baik, maka bisa dikatakan bahwa hal itu sudah mencapai efektifitasnya.

Semakin banyak tujuan yang telah tercapai maka akan semakin efektif pula media pembelajaran tersebut. (Pengertian Devaluasi, Revaluasi, Apresiasi, dan Resesi)

Rumus Efektifitas

Demi tercapainya efektifitas maka perusahaan atau seseorang dapat menggunakan rumus berikut ini :

rumus mencari efektifitas

Ket :

  • Apabilla otuput (keluaran) aktual berbanding output yang diinginkan < 1 maka tidak tercapai sebuah efektifitas
  • Apabila output (keluaran) aktual berbanding dengan yang diinginkan > 1 atau = 1 maka akan tercapai sebuah efektifitas.

Aspek-Aspek dalam Efektifitas

Setidaknya terdapat 4 aspek yang ada untuk mencapai efektifitas suatu program, dan berikut ini adalah ke 4 aspek tersebut lengkap dengan penjelasannya :

  1. Aspek Peraturan dan Ketentuan

Sebuah efektifitas dapat dikatakan tercapai dalam suatu kegiatan dengan melihat berfungsi atay tidaknya aturan yang dibuat dalam menjaga  keberlangsungan peroses kegiatan tersebut.

Yang mana aturan ini berkaitan dengan aturan-aturan baik yang berhubungan langsung dengan peserta didik maupun berhubungan  tenagag pendidik atau guru. (Contoh Jurnal Penyesuaian pada Perusahaan Jasa)

Apabila peraturan ini dapat berjalan dengan baik, maka aturan atau kententuan yang telah disepakati tersebut dapat dinyatakan berjalan dengan efektif.

  1. Aspek Fungsi atau Tugas

Suatu perusahaan dapat dikatakan efektifitas manakala perusahaan tersebut melakasanakan tugas dan fungsi serta kewajibanya dengan baik. Begitu pula dengan model pembelajaran dikatakan mencapai efektifitas manakalah fungsi dan tugasnya berjalan dengan baik dan proses pembelajaran pada peserta didik dapat berjalan dengan baik dan memberikan sebuah hasil yang memuaskan.

  1. Aspek Program atau Rencana

Yang dimaksud dalam aspek ini ialah adanya rencana pembelajaran pada siswa yang terprogram dengan baik. Apabila seluruh rencana dapat dilaksanakan dengan baik maka bisa diartikan telah mencapai efektifitas. (Rumus Elastis Permintaan dan Penawaran Lengkap dengan Contohnya)

  1. Aspek Kondisi Ideal atau Tujuan

Dalam aspek yang terakhir ini, suatu program atau kegiatan dapat dikatakan berhasil mencapai efektifitas dilihat dari sudut pandang hasil. Apabila kondisi ideal atau tujuan dari suatu program atau kegiatan dapat diacapai dengan baik.

Penilaian pada aspek ini dapat kita ketahui dari tingkat keberhasilan pada peserta didik dalam proses belajar mengajar. (Ciri-Ciri Lengkap Pasar Monopolistik)

Istilah efektifitas sering sekali disandingkan dengan istilah kata  efisiensi. Meskipun terlihat sama, kedua istilah tersebut memiliku makna yang berbeda. Efektifitas lebih menekankan pada hasil yang dicapai  oleh seseorang atau perusahaan, sedangkan makna efisiensi lebih melihat pada proses untuk mencapai hasil tersebut dengan baik.

Nah, itulah tadi penjelasan dari kami mengenai “Pengertian Efektifitas Lengkap dengan Aspek dan Contohnya”.  Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca setia akuntanonline.com.

Jangan lupa like dan share bila merasakan  manfaat dari artikel ini ^^  Terimakasih.

Kunjungi juga artikel  lainnya :

Tinggalkan komentar