Definisi Serta Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian Pasar Perasingan Sempurna

Jika pada kesempatan yang lalu kami telah membahas mengenai beberapa jenis pasar yang di antaranya adalah, pasar oligopoli dan pasar monopolistik. Maka pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas mengenai apa itu pasar persaingan sempurna.

Tahukah anda apa itu pasar persaingan sempurna..?

Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli/konsumen sangat banyak dan produk yang ditawarkan atau barang yang dijual serupa atau sejenis.

Contoh dari jenis barang yang dijual di pasar ini adalah seperti beras, gandum, kentang, batu bara, dan masih banyak lagi yang lainnya. Didalam pasar persaingan sempurna penjual dan pembeli tidak berperan dalam mempengaruhi harga, sehingga nya harga yang berlaku di pasar merupakan benar-benar hasil kesepakatan atau interaksi antara penawaran dan permintaan.

Dimana permintaan yang terbentuk merupakan cerminan dari keinginan para konsumen, sedangkan penawaran mencerminkan keinginan para produsen. Sekali lagi kami tegaskan bahwa, didalam pasar persaingan sempurna penjual dan pembeli sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar.

Mengapa demikian.? Hal ini karena baik penjual  maupun pembeli memiliki sebuah ikatan batin dan mengetahui akan struktur serta informasi yang ada di dalam pasar persaingan sempurna.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

ciri-ciri pasar persaingan sempurna
  1. Terdiri atas Banyaknya Penjual dan Pembeli

Ciri utama dari pasar persaingan sempurna yakni dengan ada banyaknya penjual dan pembeli. Adanya sifat ini mengakibatkan penjual dan pembeli tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi keadaan pasar.

Dalam hal ini bisa kita katakan bahwa kehadiran mereka hanyalah sebagian kecil dari unsur-unsur pasar secara keseluruhan. Interaksi antara penjual dan pembeli dianggap sebagai pengikut harga atau price taker.

Hal tersebut menyebabkan harga di pasar ini bersifat datum atau harganya tetap berapapun jumlah barang yang dijual, semua ini terjadi karena mekanisme pasar lah yang menentukan harga melalui teraksi antara kekuatan pemerintah dan penawaran di masyarakat.

  1. Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan / Free Entry and Free Exit

Artinya dalam pasar persaingan sempurna seorang pedagang bebas atau tidak memiliki hambatan manakala ia ingin memulai sebuah bisnis barunya jika dianggap menguntungkan, dan menutupnya apabila usaha nya tersebut merugikan.

Tentunya hal ini berbeda atau tidak sama pada pasar jenis lain, yang mungkin ada keterikatan dalam urusan membuka maupun menutup pasar yang sebelumnya telah terika dengan adanya surat perjanjian.

  1. Barang yang Dijual Belikan Bersifat Sama atau Homgen

Maksud dari barang yang bersifat homogen dalam pasar persaingan sempurna adalah bahwa perusahaan menghasilkan barang dimana barang tersebut merupakan pengganti yang sempurna terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek, sehingga produk lebih cenderung atau identik sama dan tidak bisa dibedakan.

Artinya mana kala anda membeli di suatu perusahaan, ada kemungkinan besar bahwa kualitas dan kuantitas nya akan sama persih dengan perusahaan lainnya.

  1. Memiliki Pengetahuan yang Sempurna tentang Pasar

Pada pasar persaingan sempurna, baik penjual dan pembeli sangat memahami betul akan kondisi pasar, baik dalam hal  tingkat harga yang berlaku di pasar dan meliputi setiap perubahan yang terjadi di pasar.

Pengetahuan tentang keadaan ini yang kemudian mengakibatkan :

  • Semua sumber daya digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.
  • Tidak boleh ada produsen di dalam pasar persaingan sempurna yang menjual barang di bawah harga pasar.
  • Tidak ada konsumen yang membeli barang pada pasar persaingan sempurna dengan harga yang lebih tinggi.
  1. Mobilitas atau Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna

Maksud dari adanya mobilitas yang cukup sempurna dalam pasar persaingan sempurna ini adalah tidak adanya kesulitan sedikit pun jika sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Hal ini dikarenakan semua tempat produksi memiliki kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli.

Pasar persaingan sempurna merupakan sebuah wadah yang bagus untuk anda yang memiliki bisnis produk atau jasa yang umum dilakukan oleh sebagian besar orang.

Keberhasilan atau kesuksesan dalam berbisnis dapat diperoleh dimanapun dan kapan pun, asalkan anda memiliki strategi pemasaran yang matang. Salah satunya adalah dengan anda melakukan pencatatan keuangan perusahaan secara berkala pada laporan keuangan perusahaan anda.

Cukup sekian penjelasan dari kami mengenai “Pengertian serta Ciri-Ciri  dari Pasar Persaingan Sempurna”. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian, dan terimakasih telah berkunjung.

Kunjungi artikel lainnya :

Tinggalkan komentar