Laporan Perubahan Ekuitas Pada Perusahaan Jasa

Pengertian Laporan Perubahan Ekuitas (modal)

Istilah laporan perubahan ekuitas atau yang lebih kita kenal dengan istilah laporan perubahan modal merupakan salah satu dari bagian laporan keuangan pada siklus akuntansi dalam perusahaan.

Hal ini berlaku baik itu pada perusahaan dagang maupun perusahaan jasa. Pada dasarnya laporan perubahan modal memiliki fungsi untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan dalam penggunaan modal usahanya selama masa satu periode berjalan.

Tujuan Umum Laporan Keuangan

Pada dasarnya tujuan dibuatkan nya laporan keuangan pada perusahaan jasa maupun dagang adalah untuk memenuhi kebutuhan bersama dari sebagian besar pengguna laporan keuangan. Tujuan tersebut diantaranya :

  1. Memberikan informasi mengenai posisi keuangan
  2. Kinerja perusahaan
  3. Arus kas perusahaan

Selai dari itu, laporan keuangan juga memiliki fungsi bagi para pengguna laporan keuangan dalam rangka membuat keputusan ekonomi dan dapat menunjukkan pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka. (sumber PSAK 01 Revisi 1998,p1.2-3.r35-1).

Komponen Laporan Keuangan

Berikut ini adalah komponen-komponen yang ada pada laporan keuangan pada perusahaan jasa :

  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan perubahan modal atau ekuitas
  4. Laporan arus kas
  5. Catatan atas laporan keuangan

Laporan Perubahan Modal atau ekuitas

Dapat kita simpulkan bahwa laporan perubahan modal merupakan rincian dari perubahan modal yang terjadi selama jangka waktu tertentu, misalnya dalam tenor satu bulan atau satu tahun.

  1. Modal awal

Adalah merupakan sebuah dana yang disetorkan pada saat awal mula usahanya berjalan. Modal ini bisa berasal dari investasi awal maupun penambahan investasi. Untuk memahami lebih lanjut mengenai modal anda bisa membaca disini.

  1. Laba Bersih

Laba bersih merupakan hasil dari selisih penjualan yang terjadi selama transaksi berjalan. Untuk penjelasan lebih lanjut anda bisa baca disini.

  1. Prive atau Pengambilan Pribadi

Prive atau pengambilan pribadi merupakan pengambilan dana pribadi yang dilakukan oleh pemilik modal.

  1. Modal Akhir

Modal akhir merupakan modal yang diperoleh setelah lunas nya semua beban-beban selama masa periode berjalan.

 Contoh Laporan Perubahan Ekuitas

akuntanonline.com
akuntanonline.com
akuntanonline.com

Nah, itulah tadi penjelasan dari kami mengenai contoh laporan perubahan ekuitas pada perusahaan jasa. Jangan lupa share atau bagikan artikel ini bila dirasa bermanfaat dan membantu anda sekalian.

Tinggalkan komentar