Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung Lengkap Dengan Contoh dan Penjelasanya

5 Jurnal Khusus Perusahaan Dagang | Umumnya sebuah laporan arus kas keuangan suatu perusahaan terdiri atas dua metode, yakni metode langsung atau direct method dan tidak langsung atau indirect method.  Dalam penyususnanya, laporan arus kas harus membandingkan antara neraca pada periode yang sedang berjalan dan neraca saldo periode sebelumnya.

Pada kesempatan kali ini, kami admin akuntanonline.com akan membahas secara singkat dan jelas mengenai contoh dari laporan arus kas lengkap dengan penjelasan dan penyelesainnya. Untuk itu jangan kemana-mana tetap pantengin terus artikel ini sampai selesai.

Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung

Sebelum lanjut pada pembahasan inti, mari kita sedikit mengulas kembali tentang laporan arus kas. Seperti yang kita ketahui bersama laporan arus kas menurut Standar Akuntansi Keuangan atau yang lebih akrab dengan singkatan PSAK, laporan arus kas merupakan sebuah laporan keuangan yang menggambarkan secara rinci akan adanya aliran arus kas yang masuk dan keluar pada  perusahaan dalam periode tertentu.

[LENGKAP] Pengertian Valuta Asing, Fungsi dan Jenis Valuta Asing

Selalin itu sebuah laporan arus kas juga mengkalsifikasikan aliran kas sesuai dengan aktivitas oprasional, investasi serta pendanaan suatu perusahaan.

Seorang akuntan dalam menyelesaikan sebuah laporan arus kas dituntut untuk menguasai logika pengerjaan laporan arus kas.  Dimana logika berpikir inilah yang nanti akan membantu akuntan-akuntan lainya dalam mengatasai kesulitan yang muncul saat penyusunan laporan arus kas.

Perbedaan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung

Perbedaan metode arus kas langsung dan tidak langsung secara khusu kami kelompoka kedalam 3 bagian, dan berikut ini adalah perbedaanya:

1.Perbedaan pertama, dari kedua metode diatas, hanya pada bagian aktivitas operasi perusahaan yang bersangkutan, seperti investasi dan aktivitas dari pendanaan.

12 Contoh Bukti Transaksi Pembayaran Dalam Perusahaan

2.Perbedaan kedua, jika laporan arus kas pada metode langasugn perhitungan dimulai dari atas, maka perhitungan pada metode aruskas tidak langsung dimulai dari laporan laba rugi atau dari pendapat bersih terlebih dahulu atau dari bawah ke atas.

3.Perbedaan ketiga, pada perbedaan ketiga ini dalam laporan arus kas langsung akun-akun seperti beban penyusutan, beban amortisasi, beban deplesi, keuntungan serta kerugian harus dikelurkan dari komponen komponen aktivitas oprasional perusahaan. Jadi nanti akan nampak pada laporan arus kas seperti pada gambar berikut ini:

Dari penjelasan kedua metode diatas, kami menyimpukan terdapat 3 aktivitas utama pada laporan arus kas. Dan diantaranya adalah sebagai berikut:

[LENGKAP] Pengertian Analisis Rasio Keuangan, Macam-Macam Rasio dan Rumusnya

  1. Aktivitas Oprasi atau Operating Activites

Komponen-komponen yang terdapat pada aktivitas oprasi ini diantaranya adalah neraca, baik berupa aset atau kewajiban yang nilai dari kewajiban ini tidak lebih dari satu tahun.

Contoh, seperti hutang dagang, pembayaran gajih karyawan, piutan usaha, persediaan, hutang usaha, dan peralatan yang nilainya ditaksir cukup bertahan kurang dari satu tahun.  

  1. Aktivitas Investasi atau Investing Aktivities

Neraca pada bagian aset yang nilainya lebih dari satu tahun ini termasuk dalam komponen kas dari saktivitas investasi. Contoh dari asset ini seperti tanah, kendaraan, gedung, mesin, hak paten dan masih banyak lagi yang lainya.

Pengertian Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith

  1. Aktivitas Pendanaan atau Financing Aktivites

Selanjutnya komponen neraca pada bagian kewajiban yang nilainya lebih dari satu tahun, merupakan termasuk dalam akativitas pendanaan.

Contoh dari aktivitas ini seperti, penertbitan saham baik berupa saham preeren/biasa, pnerbitan surat berharga obligasi yang sudah jatuh tempo lebih dari satu tahun.

Kas dari aktivas pendanaan merupakan kas yang erat kaitanya dengan masalah penambahan atau pengurangan pada modal perusahaan.

[LENGKAP] Pengertian Suku Bunga, Jenis dan Contoh Suku Bunga

“sedikit informasi: transaksi yang berjalan non cash tidak bisa dimasukan kedalam laporan arus kas, sebgai contoh, pembelian sebidang tanah yang dilakukan perusahaan dengan hanya memberikan 3 buah mobil, atau menukar tanah dengan saham bias”.

Rumus Mengerjakan Laporan Arus Kas

Sangat mudah untuk menghfal dari rumus penyusunan arus kas, anda hanya perlu mengingat dua poin saja, yakni Pendapatan+Aset Awal.

Beberapa Contoh Gaya Kepemimpinan Dalam Suatu Perusahaan

Contoh Laporan Arus Kas Pada Perusahaan:

Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier Beserta Dengan Cotohnya

Tambahan informasi:

  1. perusahaan menjual perlengkapan senilai Rp. 20.000,-/bukunya
  2. perusahaan menjual tanah dengan nilai buku Rp.1.000.000,-
  3. Perusahaan mencatat bebereapa beban, yakni Beban Karyawan, Beban Pajak, Beban Depresiasi, Beban Amortisasi ke Komponen Beban Penjualan.

Cara Menghitung SHU, Pembagian SHU dan Contoh Soalnya

Demikianlah sedikit penjelasan dari kami mengenai “Laporan Arus Kas Langsung dan Tidak Langsung”. Semoga bermanfaat dan membantu para pembaca. Tak lupa kami ucapkan terimakasih karena telah berkunjung di akuntanonline.com, jangan lupa bagikan bila artikel ini bermanfaat dan membantu anda.

Baca juga:

Tinggalkan komentar