Jenis – Jenis Pinjaman Dana Tunai Yang Mungkin Belum Anda Tahu

Layanan pinjaman dana tunai adalah salah satu produk finansial yang kini banyak dimanfaatkan. Dengan semakin banyaknya kemajuan teknologi di sektor finansial, semakin banyak kemudahan yang bisa didapatkan oleh banyak masyarakat, mulai dari setor dan tarik tunai melalui aplikasi mobile banking hingga layanan pinjaman dana tunai. Namun apakah anda tahu apa saja jenis-jenis pinjaman dana tunai sebagai salah satu solusi bagi anda yang membutuhkan dana mendadak?

Pinjaman Dana Tanpa Agunan

Pinjaman tanpa agunan lebih dikenal sebagai Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Pinjaman jenis ini tidak memerlukan aset sebagai agunan sehingga proses pengajuan dan pencairannya cenderung lebih cepat. Syarat pengajuan pinjaman dana tanpa agunan ini antara lain KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji, rekening koran selama 3 bulan terakhir, dan kartu kredit aktif minimal 1 tahun penggunaan. Pinjaman jenis ini biasanya banyak diberikan oleh beberapa perusahaan perbankan.

Pinjaman Dana Dengan Agunan

Selain jenis pinjaman tanpa agunan, Bank juga biasanya memberikan fasilitas pinajamn dengan agunan. Biasanya yang dijadikan aset dalam pinjaman dana dengan agunan ini berupa sertifikat rumah, sertifikat tanah hingga BPKB. Plafon pinjaman yang biasanya diijinkan adalah sekitar 70% dari nilai jual aset, sehingga semakin tinggi nilai aset yang dijadikan agunan, maka plafon pinjamannya juga semakin tinggi.

Pinjaman Dana Untuk Usaha

Apakah anda membutuhkan modal usaha? Beberapa perusahaan perbankan sudah banyak yang menyediakan fasilitas KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Fasilitas KUR ini biasanya diperuntukkan bagi pemilik usaha mikro dan makro dengan perbedaan limit dana pinjaman. Biasanya pinjaman dana untuk usaha mikro tidak diperlukan agunan sedangkan pinjaman dana untuk usaha ritel memerlukan agunan dengan limit pinjaman hingga 500 juta.

Pinjaman Dana Koperasi

Jenis pinjaman ini lebih cocok bagi kalangan menengah hingga menengah ke bawah, terutama yang tidak mendapatkan kesempatan untuk meminjam dana ke bank. Pinjaman dana dari koperasi biasanya memberikan bunga yang relatif lebih rendah daripada bank, hanya saja jumlah pinjamannya tidak sebesar jenis pinjaman lainnya karena sumber dana koperasi hanya berasal dari iuran anggotanya saja.

Pinjaman Dana Tunai Online

Di era digital seperti sekarang ini tentunya ada banyak sekali industri yang memanfaatkan fitur berbasis online, salah satunya layanan pinjaman dana tunai. Layanan ini memungkinkan peminjam dana memproses pinjamannya secara cepat dan mudah karena bisa dilakukan kapan saja bahkan tanpa perlu datang ke kantor perusahaan pemberi layanan pinjaman dana. Dengan proses pengajuan dan pencairan dana yang relatif lebih cepat, tentunya jenis pinjaman dana tunai ini termasuk yang paling banyak diminati.

Dari beberapa jenis pinjaman dana tunai, anda tentunya harus lebih bijak dalam menentukan jenis pinjaman mana yang akan diambil. Perhatikan juga kelebihan dan kekurangan dari berbagai jenis pinjaman dana tunai. Anda juga harus bisa memperhatikan perusahaan fintech yang aman dalam memberikan layanan pinjaman dana tunai.