Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli & Penjelasannya

Ekonomi adalah bidang ilmu yang berkaitan dengan finansial dan keuangan. Sedangkan secara umum pengertian ekonomi mencakup bebagai hal lain yang didalamnya termasuk ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahasa  mengenai pengertian ekonomii serta definisi ilmu ekonomi menurut para ahli lengkap dengan penjelasanya.

Sudah tentu kita tidak asing lagi dengan kata istilah ekonomi. Mengapa demikian, hal ini karena kita dapat menjumpai kegiatan-kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya kegiatan jual beli di pasar, harga sembako, hingga pada kegiatan perekonomian negara. (Baca juga : Rumus Rasio Keuangan)

Jika kita berkata ekonomi, maka ruang lingkupnya sangatlah luas, hal ini sesuai  dengan pembagian ilmu ekonomi itu sendiri yaang meliputi ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Kata ekonomi memiliki banyak makna. Pengertian ekonomi secara umum dapat kita lihat pada KBBI “Kamus Besar Bahasa Indonesia” atau di Ensiklopedia Indonesia.

Sementara pengertian ekonomi menurut para ahli lebih menuju pembahasan ilmu ekonomi secara mendetail, termasuk didalamnya membahasa arti kata, rung lingkup sampai pada tujuan dari mempelajari ilmu ekonomi itu sendiri. (Baca juga : Macam-Macam Karakteristik Perusahaan Dagang)

Pengertian Ilmu Ekonomi

Lalu apakah ilmu ekonomi sebenarnya? Baik pengertian secara umum maupun menurut para ahli? Nah, berikut ini kami akan menjelaskan pengertian ekonomi lengkap dengan penjelasan dan definisi nya menurut para ahli.

Pengertin ilmu ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian ekonomi menurut KBBI, menurut ensklopedia Indonesia dan menurut Wikipedia dalam bahasa Indonesia. (Baca juga : Pengertian Jurnal Umum dan Contohnya)

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam KBBI ilmu ekonomi merupakan ilmu yang membahasa mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan dalam hal ini adalah keuangan, perindustrian, dan perdagangan. Serta berbagai hal mengenai pemanfaatan uang, waktu, tenaga, dan semua hal yang berharga

Menurut Ensiklopedia Indonesia

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran hidupnya serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut. (Baca juga : Pengertian Pasar Monopolistik dan Contohnya)

Menurut Wikipedia

Wikipedia menjelaskan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Sedangkan menurut wikipedia, inti permasalahan dalam ekonomi adalah adanya ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedang alat pemuas kebutuhan manusia nya terbatas.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa penjelasan dan definisi ilmu ekonomi menurut para ahli, yang mana kami telah mengambil beberapa pendapat dari para pakar ekonomi baik dari luar dan dalam negri.

Dan berikut ini adalah penjelasanya :

Menurut Suherman Rosyid

Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang beradaya upaya untuk memberikan pengetahuan serta pengertian tentang sebuah gejala-gejala dalam masyarakat yang timbul akibat karena adanya perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran hidupnya.

Menurut Aristoteles

Aristoteles menjelaskan ilmu ekonomi merupakan sebagai sutau cabang dapat digunakan dengan dua jalan yaitu kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. Singkatnya didalam ilmu ekonomi terdaoat nilai pemakaian dan nilai pertukaran. (Baca juga : Pengetian Rekonsiliasi Bank & Contoh Soal )

Menurut Adam Smith

Adam Smith mejelaskan ilmu ekonomi merupakan bidang ilmu yang secara sistematis memprlajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.

Menurut Prof. Paul Anthony Samuelson

Prof. Paul Anthony Samuelson mejelaskan ilmu ekonomi adalah sebuah studi tentang manusia dalam kegiatan hidup mereka sehari-hari untuk mendapat dan menikmati kehidupan.

Menurut Alfred Marshall

Alfred Marshall menjelaskan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia dalam sehari-hari. (Baca juga : Contoh Neraca Saldo Setelah Penutupan)

Menurut Case and Fair 

Cese and Fari menjelaskan ilmu ekonomi adalah tentang bagaimana seoragn individu dan atau masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka yang telah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.

Menurut Penson

Penson menjelaskan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang berfokus mendalami mengenai kesejahteraan material di setiap diri manusia.

Menurut M. Manullang

Manullang menjelaskan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masysrakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran. Dimana maksud dari kemakmuran itu adalah suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa barang-barang maupun jasa. (Baca juga : Pengertian Manajemen Kas, Tujuan dan Contohnya)

Menurut Richard G. Lipsey

Richard G. Lipsey memberikan penjelasan tentang ilmu ekonomi merupakan suatu studi tentang pemanfaatan sumber daya yang langka yang bisa digunakan manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas.

Menurut Von Neumann dan Mogenstern

Ilmuan Von Neumann dan Mogenstern menjelaskan bahwa ilmu ekonomi merupakan disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak diperlakukan secara tidak ilmiah, karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak pada masa itu.

Menurut Alfred W.

Alfred W membagi ilmu ekonomi kedalam 3 kelompok, yaitu ilmu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ilmu ekonomi terapan. (Baca juga : Macam-macam Contoh Gaya Kepemimpinan dalam Perusahaan)

Menurut N. Gregory Mankiw

Gregory Mankiw menjelaskan ilmu ekonomi adalah studi mengenai tentang bagaimana cara masyarakat dalam mengelola sumber-sumber daya yang langka.

Menurut Oscar Langen

Oscaar Langen menjelaskan tentang ilmu ekonomi adalah sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tata administrasi dari berbagai sumber, baik kecil maupun besar dan dianalisa sedemikian rupa hingga bisa dipergunakan bagi kehidupan manusia secara maksimal dan sebaik-baiknya.

Menurut J. M. Keynes

J.M. Keynes menjelaskan ilmu ekonomi merupakan suatu teknik berpikir yang mempunyai kegunaan untuk mempertimbangkan sejumlah biaya serta bagian dari keuntungan. (Baca juga : Contoh Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank)

Menurut Khursid Ahmad

Khursid Ahmad menjelaskan ilmu ekonomi merupakan suatu upaya sistematis guna memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungan dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang islam.

Menurut Van Der Valk

Menurut Van Der Valk ilmu ekonomi adalah salah satu cabang dari studi pengetahuan yang selalu mempelajari mengenai setiap tindakan ekonomis, yang dilakukan oleh setiap manusia disertakan juga dengan akibat yang mungkin saja timbul dari setiap tindakan ekonomis itu.

Menurut M. Akram Khan

Menurut ilmuan M. Akram Khan ilmu ekonomi merupakan ilmu yang memiliki tujuan untuk mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan pertisipasi.

Menurut Willian Beveridge

Willian Beveridge menjelaskan Ilmu ekonomi adalah suatu kajian mengenai cara manusia bekerjasama untuk mendapatkan keperluan material. (Baca juga : Pengertian dan Contoh Soal GNP dan GDP)

Menurut John Stuart Mill

Ilmuan John Stuart Mill menjelaskan secara sinngkat mengenai ilmu ekonomi. Dalam pedapatnya ia mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu praktis tentang produksi dan distribusi kekayaan.

Menurut Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison

Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison  menerangkan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat atau kelompok yang memiliki keinginan tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.

Menurut Jack Hirshleifer

Jack Hirshleifer menjelaskan bahwa ilmu ekonomi merupakan studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin di ambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi bila keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

Menurut Amwal

Amwal memberikan penjelasan Ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu atau studi yang menjelaskan tentang bagaimana cara menentukan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang tersedia dalam rangka memenuhi kebutuhan individu/masyarakat. (Baca juga : Contoh Jurnal Khusus Perusahaan Dagang)

Menurut Jacob Louis Mey Jr.

Jacob Louis Mey Jr. Menjelaskan ilmu ekonomi adalah salah satu dari ilmu pengetahuan yang mempelajari segala usaha manusia untuk mencapai tujuan ke arah yang disebut kemakmuran di dalam kehidupannya.

Menurut Jean-Baptiste Say

Jean-Baptiste Say menjelaskan ilmu ekonomi adalah suatu kajian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan seseoarang.

Menurut A. C. Pigou

Ilmu ekonomi adalah sebuah kajian tentang menambahkan jumlah pengeluaran untuk meningkatkan taraf hidup.

Menurut Lionel Robbins

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia yang berkaitan antara tujuan (ends) dan sarana yang langka (scarce means) yang mempunyai banyak alternatif kegunaan. (Baca juga : Contoh Buku Besar Bentuk T)

Menurut Louis Cantori

Penjelasan Louis berbeda dengan para ahli sebelum-sebeumnya, menurut Louise Cantori ilmu ekonomi merupakan masalah yang menjamin berputar nya harta diantara manusia.

Yang pada akhirnya manusia bisa memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akhirat.

Menurut Edwin Cannan

Edwin Cannan menjelaskan ilmu ekonomi merupakan sebuah studi yang bertujuan untuk menerangkan faktor-faktor umum yang kemenudia menentukan kebijakan material.

Menurut Samuekon

Samuekon menjelaskan ilmu ekonomi adalah sebuah studi yang menganalisis kerugian dan keuntungan serta meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya.

Menurut Frank Knight

Frank Knight menjelaskan ilmu ekonomi adalah ilmu mengenai bagaimana cara menindak lanjuti hubungan yang terkait dengan segala hal yang bersifat ekonomis. (Baca juga : Pengertian Analisis SWOT)

Menurut Albert Meyers

Meyers berpendapat bawha ilmu ekonomi adalah suatu ilmu tentang pengetahuan yang membahas berbagai jenis persoalan untuk memenuhi kebutuhan hidup dari setiap manusia.

Menurut Abraham Maslow

Abraham Maslow berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian, dimana ilmu ini mencoba untuk menyelesaikan masalah atas keperluan manusia melalui berbagai sumber ekonomi yang sudah ada berdasarkan kepada teori dan prinsip tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang sudah dianggap efektif dan efisien oleh manusia itu sendiri.

Menurut Hennipman

Ilmuan Hennipman menjelaskan ilmu ekonomi adalah ilmu atau studi yang bertugas untuk menganalisis manusia dan rekasi yang diberikannya dalam kehidupan ekonomi. (Baca juga : Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier)

Menurut Gunnar Myrdal

Gunnar Myrdal berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah cabang dari ilmu sosial, sehingga ilmu ekonomi tidak bisa lepasa kaitannya dengan ilmu sosial lainnya.

Seperti politik, psikologi, geografi, antropologi dan lain sebagainya.

Menurut Mel Vilye J Ulmer

Ulmer menjelaskan ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang membahas tentang kegiatan pokok perekonomian.

Seperti produksi, distribusi dan konsumsi.

Menurut J. Van Zwijnregt

Ilmu ekonomi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari setiap usaha manusia untuk tercapainya suatu kemakmuran hidup.

Nah, demikianlah referensi pengantar ilmu ekonomi dengan pembahasan pengertian ilmu ekonomi menurtu para alhli. Semoga bermanfaat dan menambah keilmuan para pembaca setia akuntanonline.com. Jangan lupa kasih bintang nya ya KaK ^^.

Tinggalkan komentar