[Up Date] Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Akan Barang

5 Jurnal Khusus Perusahaan Dagang | Didalam kehidupan sehari-hari permintaan akan suatu barang tidaklah selalu tetap. Bisa saja permintaan suatu barang akan mengalami kenaikan atau penurunan, meningkat dengan drastis atau bahkan menurun dari biasanya.

Apabila kita perhatikan secara seksama kenaikan suatu barang akan terjadi pada momen-momen tertentu, seperti misal pada saat hari raya idul fitri, maupun hari-hari besar lainya. Pada momen ini tentunya permintaan akan pakaian baru, daging, asesoris rumah, dan aneka maca kue lebaran akan meningkat drastis dari hari-hari biasanya.

Namun, apabila hari raya telah usai, makan permintaan akan barang-barang tersebut akan menurun kembali.

Lalu faktor apa sajakah yang yang berperan penting dalam mempengaruhi suatu permintaan barang dan jasa tersebut.?

Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai beberpa faktor yang mempengaruhi permintaan suatu barang atau jasa. Selain hari raya idul fitri ternyata ada banyak faktor yang dapat menyebabkan naik turun nya permintaan akan barang dan jasa.

Baca juga:
Macam-Macam Jenis Strategi Pemasaran
Pengertian dan Cara Mudah Menghitung Harga Pokok Penjualan

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi akan permintaan barang adalah harga. Dimana bila harga suatu barang atau jasa tersebut naik, maka permintaan akan barang dan jasa tersebut menurun.

Faktor-Faktor Permintaan Suatu Barang

Berikut ini kami akan jelaskan secara terperinci mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan

1. Faktor Pendapatan

Faktor pendapatan kami jadikan faktor yang pertama dalam mempengaruhi akan permintaan suatu barang dan jasa, hal ini karena jika pendapatan konsumen atau pembeli meningkat maka permintaan akan suatu barang dan jasa cenderung akan bertambah.

Begitu juga sebaliknya, apabila pendapatan menurun, maka permintaan terhadap barang dan jasa pun akan menurun atau berkurang.

Pada bagan dibawah ini anda bisa melihat Aliran dari Pendapatan faktor-faktor produksi, pada bagan ini setidaknya terdapat 10 aliran  pendapatan dimana setiap aliranya saling berkaitan satu sama lain.

2. Faktor Harga Barang dan Jasa

Selain faktor pendapatan, faktor harga barang dan jasa ini juga termasuk dalam beberapa faktor penting yang mempengaruhi akan jumlah permintaan suatu barang atau jasa tersebut.  Apabila harga barang atau jasa naik maka permintaan turun, begitu sebaliknya permintaan akan meningkat apabila harga barang atau jasa tersebut turun.

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat bagan dibawah ini:

Saat anda memperhatikan bagan diatas, maka anda akan memahami apa yang menjadi pertanyaan dasar atau pokok perekonomian.

Baca juga :
12 Contoh Bukti Transaksi Pembayaran Dalam Perusahaan
Pengertian Analisis Rasio Keuangan, Macam-Macam Rasio dan Rumusnya

  1. Apa (what) saja yang harus diproduksi dan Berapa Banya?
  2. Bagaimana (how) produksi barang dan jasa dilakukan?
  3. Bagaimana (how) pendistribusi barang dan jasa dilakukan?
  4. Untuk siapa (for whom) produksi dan distribusi barang dan jasa tersebut dilakukan?

Jika anda paham akan empat pertanyaan diatas, maka hal tersebut akan mempermudah anda dalam menentukan faktor utama dari harga barang dan jasa.

3. Faktor Intensitas Kebutuhan

Faktor ini berkaitan erat dengan mendesak atau tidaknya akan kebutuhan. Dimana peningkatan barang atau jasa ini terjadi saat konsumen membutuhkan dengan segera atau mendesak.

4. Faktor Selera

Faktor selera konsumen menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi akan permintaan barang atau jasa. Seperti misalnya, cita rasa remaja yang tinggi akan buah Apel Australia membuat permintaan akan buah Apel Australia tersebut meningkat demikian juga sebaliknya.

Tentu saja faktor selera menjadi salah satu penyebab meningkatnya permintaan akan barang dan jasa. Sebagaimana yang sudah kami ilustrasikan di atas, banyak orang yang menyukai Apel Australia walaupun di Indonesia sendiri mempunya kebun Apel yang banyak.

5. Faktor Jumlah Penduduk

Semakin meningkatnya jumlah penduduk, otomatis yang semakin kecil akan menambah permintaan. Sebaliknya, jumlah penduduk dapat mengurangi jumlah permintaan. Jumlah penduduk dapat berkurang dengan berbagai cara, salah satunya adalah karena benca alam dan perperangan.

statistik kependudukan Indonesia tahun 2015

Dengan adanya peningkatan jumlah penduduk, dapat menambah kebutuhan terhadap beberapa fasilitas yang mendukung kehidupan mereka. Contohnya adalah fasilitas kesehatan, fasiltas pendidikan, atau lapangan kerja.

Baca juga : Pengertian Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith

6. Faktor perkiraan terhadap harga pada masa yang akan datang

Pada saat memperkirakan harga akan naik pada masa yang akan datang yang membuat konsumen akan cepat menambah permintaannya sebelum harga barang atau jasa tersebut betul-betul akan menjadi naik.

Kebalikannya, jika diperkirakan harga akan turun, konsumen cenderung mengurangi permintaannya sembari menunggu harga barang atau jasa benar-benar turun.

Anda bisa melihat pada contoh gambar di atas, maksudnya adalah adanya kabar akan kenaikan bahan bakar minyak menyebabkan konsumen rela antri di SPBU untuk memperoleh bensin atau solar yang lebih banyak.

7. Faktor perkiraan terhadap pendapatan masa yang akan datang

Apabila konsumen memperkirakan pendapatanya akan naik pada masa yang akan darang, maka para konsumen akan lebih beriani dalam menambah jumlah permintaan akan suatu barang dan jasa. Sebaliknya apabila pendapatan diperkirakan akan turun, maka konsumen akan mengurangi permintaanya.

8. Faktor harga barang substitusi

Apabila harga barang pengantin atau substitusi turun, maka permintaan terhadapa barang yang digantikan akan turun, karena para konsumen akan beralahih membeli barang pengganti substitusi.

Sebagai contoh, laptop digunakan sebagai penganti komputer, dimana pada saat harga laptop menurun maka para konsumen akan lebih memilih membeli laptop dibandingkan komputer. Dengan begitu permintaan akan komputer mennurun beralih ke laptop sebagai barang substitusi.

Baca juga :
Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier Beserta Dengan Cotohnya
Cara Menghitung SHU, Pembagian SHU dan Contoh Soalnya

9. Faktor harga barang komplementer atau perlengakapan

Bahan bakar jenis pertalite merupakan salah satu jenis barang komplementer, jiga harga pertalite naik, maka permintaan akan sepeda motor akan turun. Sebaliknya bila harga pertamax turun, maka permintaan akan sepeda motor akan naik.

10. Faktor Promosi

Jika promosi terhadap barang atau jasa tersebut dilakukan dengan gencar dan terus menerus, niscaya akan menarik minat konsumen. Dan sudah pasti bisa dipastikan permintaan akan baran dan  jasa tersebut akan meningkat.

Begitu sebaliknya, apabila promosi yang dilakukan kurang gencar, atau terlampau sedikit dan kurang menarik, maka permintaan umunya akan susah meningkat.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan akan Barang dan Jasa” semoga penjelasan kami diatas dapat menambah wawasan anda, dan tentunya bermanfaat.

Tak lupa kami ucapkan terimakasi atas kunjunganya ^^.

Baca juga:

Leave a Comment