Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran dan Permintaan Barang dan jasa

Kebanyakan konsumen saat membeli barang dan jasa memiliki prilaku yang tidak jauh berbeda, yakni mengharapkan barang dan jasa dengan harga yang murah, namun memiliki kualitas atau mutu yang tinggi.

Hal ini pastinya berbeda dengan keinginan atau harapan dari para prosdusen. Dimana para produsen selalu berusaha untuk menjual barang dengan harga yang tinggi demi menerima keuntungan yang sesuai. (Makna Akuntansi Sebagai Sistem Informasi, dan Bidang-Bidang Akuntansi)

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Permintan atau Demand adalah jumlah barang atau jasa yang diharapkan konsumen dalam bermacam-maca harga dan juga faktor lainya diasumsikan tetap atau cateris paribus.

Selain itu terdapat faktor lain yaang dapat memperngaruhi tingkat permintaan masyarakat mengenai barang dan jasa. Faktor lainya yang mempengaruhi permintaan yakni faktor selera, ekspestasi, pendapatan konsumen, harga barang lain dan ukuran pasar.

Baca juga:
Pengertian FIFO, LIFO, AVERAGE, HPP dan Contoh Soal Dengan 2 Pencatatan
[LENGKAP PENGERTIAN] Ciri dan Karakteristik Perusahaan Dagang
[LENGKAP] Pengertian, Contoh, Serta Ciri-ciri Dari Pasar Monopolistik
[LENGKAP] Pengertian Pasar Uang, Fungsi, dan Instrumen Pasar Uang

Berikuti ini beberapa penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi permintaan:

  1. Tingkat Pendapatan Konsumen

Tingakat pendapatan konsumen ini menjadi faktor pertama yang mempengaruhi akan permintaan barang dan jasa yang akan dibelinya. (Pengertian Manajemen Kas, Tujuan dan Contohnya)

Hal ini dapat kita asumsikan bahwa, seorang konsumen dengan pendapatan yang tinggi lebih cenderung untuk membeli barang dan jasa lebih banyak, berbeda dengan konsumen yagn memiliki tingkat pendapatan yang lebih rendah, maka akan mempengaruhi permintaan barang dan jasa yang dimintanya.

Baca juga:
Cara Menghitung SHU, Pembagian SHU dan Contoh Soalnya
Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier Beserta Dengan Cotohnya
Beberapa Contoh Gaya Kepemimpinan Dalam Suatu Perusahaan
[LENGKAP] Pengertian Suku Bunga, Jenis dan Contoh Suku Bunga

Do you know..?

Pada saat terjadi sebuah perubahan pendapatan konsumen, maka akan ada permintaan barang khusus yang tidak berlaku. Yang kami maksdukan disini adalah apa bila pendapatan naik, konsumen akan tetap mengurangi permintaan terhadap barang tersebut. Barang itu ialah barang Inferior.

Contohnya seperti barang imitasi, konsumen akan mengurangi permintaan barang inni dengan alasan  biasanya barang tersebut akan cepat rusak karena kualitas yang rendah.

  1. Haga barang lain yang berhubungan

Seiring dengan meningkatnya harga barang substitusi menyebabkan permintaan barang tertentu menjadi meningkat. Dilain sisi apabila barang substitusi ini menurun maka akan menyebabkan permintaan ikut menurun.

Contohnya ialah kursi dan tikar, apabiala harga kursi naik, maka permintaan akan tikar ikut meingkat atau naik, hal ini terjadi karena faktor harga tikar yang lebih murah dibangkan kursi. (Pengertian Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith)

  1. Jumlah Penduduk

Tingkat permintaan barang dan jasa pada wilayah yang  jumlah penduduknya padat akan lebih besar dibandingkan dengan wilayah yang memillik jumlah penduduk yang rendah atau sedikit. (Pengertian Analisis Rasio Keuangan, Macam-Macam Rasio dan Rumusnya)

  1. Selera konsumen

kita asumsikan apabila konsumen lebih tertarik pada jenis laptop dengan merek yang berkualitas, maka permintaan laptop tersebut akan meningkat tajam dan lebih banyak jika dibandingkan dengan merek lainya.

perbedaan akan kebutuhan pemakaian akan mempengaruhi dari permintaan barang tersebut, seperti misalnya laptop. (Pengertian Valuta Asing, Fungsi dan Jenis Valuta Asing)

  1. Harapan atau Ekspestasi Masyarakat

Seperti pada gambar diatas,  permintaan dalam hal ini meningkatkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), masyarakat umumnya pasti akan meningkatkan permintaan BBM tersebut, bahkan sampai ada yang melakukan penimbunan dengan alasan ekspestasi kedepan bahwa ada kemungkinan harga BBM tersebut akan meningkat kembali.

Baca juga:
5 Jurnal Khusus Perusahaan Dagang
12 Contoh Bukti Transaksi Pembayaran Dalam Perusahaan
Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung Lengkap Dengan Contoh dan Penjelasanya
Pengertian dan Cara Mudah Menghitung Harga Pokok Penjualan

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Penawaran atau yang sering disebut dengan supply ialah sebagai barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen diberbagai tingkat harga dan faktor lainya yang diprediksikan tetap atau ceteris paribus.

Selai faktor itu barang itu sendiri, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran diantaranya ilah harga output, ekspetasi produsen dan tehnologi.

  1. Biaya Produksi

Untuk menghasilkan barang yang lebih rendah dibandingkan harga pasar perusahaan yang menggeluarkan biaya produksi akan menerima keuntungan melalui menawarkan barang dan jasa dengan jumlah yang lebih banyak.

Dalam hal ini, apabila produksi barang dan jasa lebih tinggi dibandingkan harga pasa, tentu perusahaan akan memproduksi jumlah yang lebih rendah. Dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa produksi menjadi kunci utama dalam mempengaruhi tingkat penawaran. (Macam-Macam Jenis Strategi Pemasaran)

  1. Tehnologi

Hampir selalu dapat dipastikan bahwa setiap faktor jumlah produksi atau input yang dibutuhkan lebih sedikit karena kemajuan tehnologi. Dalam hal ini produsen dapat meningkatkan laba yang diterma karena rendahnya biaya input. (Pengertian Asuransi, Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah)

Dapata kita simpulkan bahwa tehnologi dapat menekan biaya produksi sihingga akan mampu meningkatkan penawaran. (Pengertian Patty Cash / Kas Kecil dan Fungsinya)

aktivitas pada perusahaan yang menggunakan tehnologi dapat meningkatkan jumlah produksi
  1. Ekspestasi atau Harapan Produsen

Kita analogikan seperti seorang nelayan yang akan memperkirakan harga ikan akan turun ada akhir tahun, sehingga nelaya akan mengurangi pencarian ikan yang berakibat akan mengurangi penawaran.

Penawaran terhadap faktor tersebut yang kemudian akan menentukan penawaran dan akan mempengaruhi kurva permintaan. (Pengertian Stock Opname, Tujuan dan Masa Periodenya)

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran dan Permintaan Barang dan Jasa, semoga bermanfaat dan membantu para pembaca  setia akuntanonline.com.

Baca Juga :
Contoh MOU Yang Baik dan Benar
Macam-Macam Contoh Surat Pernyataan Yang Benar
Contoh Surat Lamaran Keja Via e-mail
Beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar
Contoh Surat Keterangan Kerja Yang Baik dan Benar
Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan
Berbagai Macam Contoh Surat Undangan Yang Baik

 

Please rate this

Tinggalkan komentar