Pengertian Dependen dan Independen dan Contohnya

Sebelum masuk kedalam materi inti tentang apa saja contoh dari variabel dependen dan independen, ada baiknya kita mulai dari memahami terlebih dahulu apa pengertian dari kedua jenis variabel dalam penelitian tersebut.

Pengertian Variabel

Variabel merupakan sebuah fenomena yang bervariasi dalam bentuk kualitas, kuantitas, mutu, dan standar. Variabel merupakan sesuatu yang dapat kita hitung dengan menggunakan pengukuran yang berbeda-beda.

Variabel juga bisa kita bilang sebagai sebuah fenomena yang berubah-ubah, oleh karena itu tidak ada satu peristiwa yang terlewatkan di dunia ini yang bisa kita sebuah sebagai variabel. Namun tentunya semua itu tergantung pada bagaimana kualitas dari variabel nya.

Pada dasarnya setiap variabel adalah sebuah konsep, maksudnya adalah variabel merupakan suatu konsep yang bersifat khusus yang mengandung variasi nilai. Variabel yang dimaksud disini adalah konsep yang bersifat observartible, maksudnya konsep yang sudah sangat dekat dengan obyek-obyek atau fenomena-fenomena yang teramati.

Sugiyono berpendapat yang dimaksud dengan variabel penelitian adalah  segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang telah ditetapkan oleh peneliti untuk kemudian dipelajari sehingga kemudian diperoleh sebuah informasi tentang hal tersebut, lalu kemudian ditarik sebuah kesimpulan dari hasil penelitiannya tersebut.


Jenis-Jenis Variabel

Seperti yang umumnya kita ketahui, bahwa variabel penelitian dibagi menjadi 2. Yakni variabel dependen atau terikat dan independen atau bebas. Kedua istilah ini muncul dari logika matematika, dimana X dinyatakan sebagai yang mempengaruhi atau sebuah sebab, sedangkan Y dinyatakan sebagai hal yang dipengaruhi atau sebagai akibat.

Variabel Dependen

Yang dimaksud dengan variabel dependen adalah sebuah variabel yang nilainya telah dipengaruhi atau bergantung pada nilai dari variabel lainnya.

Variabel dependen atau variabel terikat sering juga disebut dengan  istilah variabel output, kriteria, dan konsekuen. Disebut sebagai variabel terikat karena variabel ini dipengaruhi oleh variabel bebas atau variabel independent.

Variabel Independen

Merupakan suatu variabel yang menjadi sebab timbulnya atau adanya perubahan pada variabel depenen/terikat. Variabel independen menjadi faktor yang diukur, dimanipulasi, serta dipilih oleh seorang peneliti dalam menentukan hubungan antara fenomena yang sedang diamati / observasi.

Mudahnya untuk mengingat pengertian dari variabel independen adalah bahwa variabel ini merupakan variabel yang nilainya dapat mempengaruhi jenis variabel lainnya. Variabel independen atau bebas sering juga disebut sebagai variabel predictor, input, stimulus, antencendent, atau variabel yang mempengaruhi.

Variabel independen dinyatakan sebagai variabel bebas karena variabel ini memiliki kebebasan dalam mempengaruhi jenis variabel lain. Dalam suatu percobaan variabel independen dapat dimanipulasi oleh peneliti.

Dimana dalam hal ini dianut keyakinan bahwa variabel dependen akan diketahui tingkat perubahan nya apabila variabel ini terlebih dahulu dipersiapkan.

Jika seorang alhi farmokologi, ingin mengetahui dari dosis pemakaian dan khasiat suatu obat yang baru diraciknya, maka ia harus terlebih dahulu menakar obat yang akan diberikan kepada kelinci percobaan nya.

Baca juga :

1. Contoh Lembar Pengesah Makalah, Proposal, Skripsi, & Penelitian
2. Pengertian, Bentuk, Contoh, dan Dampak Kontravensi

Karena hal ini pulalah, bahwa variabel independen adalah variabel yang meramalkan sedang objek ramalan nya adalah variabl dependen.


Contoh Variabel Dependen dan Independen

Contoh hipotesis dari judul : “Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa”.

  • Variabel dependennya adalah hasil belajar siswa
  • Variabel independenya adalah model pembelajaran

Contoh hipotesis : Pengaruh Kualitas Terhadap Pelayanan Jasa dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan.

  • Variabel dependennya adalah loyalitas pelanggan
  • Variabel independennya adalah kualitas dari pelayanan jasa dan kepuasan pelanggan.

Contoh hipotesis : Pengaruh terhadap persepsi siswa tentang metode mengajar guru, ketersediaan sarana pembelajaran di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi.

  • Variabel dependennya adalah hasil belajar ekonomi
  • Variabel independennya adalah pengaruh persepsi siswa, ketersediaan sarana pembelajaran, dan motivasi belajar siswa.

Contoh hipotesis : Terdapat pengaruh buku teks berbahasa Inggris terhadap pemahaman konsep fisika siswa.

  • Variabel dependen : Pemahaman Konsep Fisika
  • Variabel Independen : Pemakaian buku teks berbahasa Inggris.

Contoh Variabel Dependen dan Independen 2

Seorang siswa membuat sebuah rancangan percobaan untuk membuktikan bahwa pada perkecambahan membutuhkan air dan juga oksigen. Bahan-bahan atau instrumentasi percobaan sebagai berikut :

  • Tabung ke 1berisi biji kacang kedelai
  • Tabung ke 2 berisi kapas kering dan biji kacang kedelai yang dibiarkan terbuka
  • Tabung ke 3 berisi kapas kering dan biji kacang kedelai yang ditutup rapat
  • Tabung ke 4 berisi biji kacang kedelai dan kepas basah yang dibiarkan terbuka
  • Tabung ke 5 berisi biji kacang kedelai dan kapas basah yang ditutup rapat

Rangkaian tabung tersebut dibiarkan selama 2 hari untuk mengamati biji kacang kedelai mana yang tumbuh. Dan ternyata dari hasil percobaan tersebut diperoleh bahwa :

  • Ditemui bahwa biji yang mengalami pertumbuhan adalah tabung 4 dan tabung 5
  • Biji kacang kedelai yang mengalami pertumbuhan normal terdapat pada tabung 4, sedangkan pada tabung 5 biji kacang kedelai tumbuh tidak normal.

Perhatikan variabel penelitian pada rangkaian percobaan tersebut :

  1. Pada tabung 1 disebut sebagai variabel kontrol, dimana biji dibiarkan apa adanya dan tidak diberi perlakuan apa pun sebagai pembanding dengan hasil percobaan.
  2. Sedangkan pada tabung 2,3,4,5 disebut sebagai variabel bebas. Mari kita perhatikan pada setiap tabung yang disebutkan telah dilakukan perlakuan tertentu yakni basah atau kering dan terbuka atau tertutup.
  3. Terakhir adalah variabel terikat, pada contoh variabel di atas maka tabung ke 4 adalah variabel terikat. Dimana biji kacang kedelai yang tumbuh dengan normal, sebagai akibat dari adanya perlakuan (variabel bebas) pemberian air dan terbuka sehingga oksigen bisa masuk. Sedangkan pertumbuhan biji kacang kedelai pada tabung 5 tidak tumbuh dengan normal karena tabung tertutup yang menyebabkan tidak adanya oksigen meskipun terdapat air.

Sekian pembahasan mengenai Contoh variabel Dependen dan Independen. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dari para pembaca sekalian


Baca juga :

Kategori UMUM