Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang dan Jawabannya

akuntanonline.com

 

Pada kesempatan yang lalu kami sudah sempat membahas mengenai apa itu jurnal penyesuaian. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas jurnal penyesuaian secara lebih sepesifik.

Yup, kali ini kami akan memberikan penjelasn serta contoh dari jurnal penyesuian pada perusahaan dagan. Kami juga akan melengkapinya dengan contoh soal dan jawabannya.

Untuk itu kita mulai dengan sedikit pemanasan, dengan mengingat sedikit ulasan bahwa kita ketahui secara bersama neraca saldo baik itu pada perusahaan dagang dan perusahaan jasa belum bisa menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari keuangan perusahaan tersebut. (Contoh Bukti Transaksi Perusahaan)

Oleh karenanya perusahaan tersebut perlu melakukan penyesuian dan perbaikan dengan membuat ayat jurnal penyesuaian.

Note :

Suatu keadaan baik harta, utang, modal, pendapatan dan beban setiap perusahaan tidak selalu sesuai dengan fakta sebenarnya. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka perusahaan perlu melakukan sebuah penafsiran agar sesuai dengan kondisi saat itu. Hal ini mengartikan bahwa terdapat transaksi-transaksi yang membutuhkan penyesuaian di akhir periode.

Dalam pengerjaan jurnal penyesuaian pada perusahaan dagang prinsipnya tidak jauh berbeda dengan yang lainya. Yakni dengan mengenali transaksi tersbut dan aturan dasar debit kredit dalam akuntansi, maka kita akan dapat dengan mudah menyelesaikan kasus tersebut. ( Macam-macam Gaya Kepemimpinan dalam Perusahaan)

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Penyesuian Perusahaan Dagang

Data penyesuaian per 31 Desember 2017 pada Perusahaan Dagang Cahaya Nusantra adalah sebagai berikut :

  1. Nilai saldo akun perlengkapan dalam neraca saldo berjumlah Rp.1.000.000 pada posisi debit. Pada akhir periode, sedang jumlah perlengkpan yang masih ada adalah sebesar Rp.400.000,-
  2. Perusahaan masih mempunyai wesel tagih yang harus diterima sebesar Rp.150.000
  3. Nilai saldo sewa diterima dimuka menunjukkan jumlah sebesar Rp.18.000.000 pada posisi kredit. Sewa berjangka waktu dari 1 april 2017 sampai dengan 1 april 2018.
  4. Upah dan gajih karyawan yang belum dibayarkan di bulan desember 2017 sejumlah Rp.2.400.000
  5. Nilai saldo asuransi dibayar dimuka pada neraca slado sejumlah Rp.2.400.000 pada posisi debit. Asuransi digunakan untuk membayar dari tanggal 1 Mei 2017 sampai dengan 1 Mei 2018.
  6. Penggunaan peralatan toko menyebabkan penyusutan peralatan toko sebesar Rp.4.000.000
  7. 5 % dari nilai jumlah piutang dagang sebesar Rp.50.000.000 diperkirakan tidak dapat ditagih, hal ini karena perusahaan kreditor bangkrut.
  8. Nilai persedian barang dagang yang tercatat pada awal periode adalah sebesar Rp.15.000.000. persediaan barang dagang di akhir periode yang tersisa digudang adalah sebesar Rp.20.000.000.

akuntanonline.com

Demikianlah pembahasan tentang “Contoh Jurnal Penyesuaian Pada Perusahaan Dagang”, Semoga bermanfaat dan membantu para pembaca sekalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa klik bintang yang ada di bawah artikel ini ya ^^.

Baca juga artikel lainnya:

2 pemikiran pada “Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang dan Jawabannya”

    • terimakasih atas komentarnya.

      jadi begini jika kita menggunakan pendekatan aktual, maka pendapatan diakui jika sudah mejadi haknya. pada contoh di atas, pendapatan sewa dimuka terhitung dari tanggal 1 april 2017 – 1 april 2018. maka yang terhitung menjadi haknya dalm periode akuntansi yang terhitung selama 9 bulan (1 april – 31 desember) perhitunganya 9/12 X 18.000.000 = 13.500.000,-.

      untuk beban asuransi pun sama perhitunganya.

      untuk penjelasan lebih lanjut in shaa Allah kami akan buatkan artikel mengenai cara perhitungan pendapatan diteriam dimuka pada jurnal penyesuaian.

Tinggalkan komentar