Contoh Neraca Saldo Setelah Penutupan Pada Perusahaan Jasa

Neraca saldo setelah penutupan dibuat dari saldo-saldo yang ada di setiap akun perkiraan yang terdapat didalam buku besar, itupun setelah dibuatnya ayat jurnal penutupan. Selain itu informasi saldo perkiraan juga dapat diabil dari kolom neraca yang terdapat pada neraca lajur.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas tetang neraca saldo penutupan. Kami juga akan melengkapinya dengan contoh yang mudah untuk dipahami oleh para pembaca sekalian.

Pengertian dan Kegunaan Neraca Saldo Setelah Penutupan

Setelah seorang akuntan menyelesaikan penyusunan jurnal penutup, tahap selanjutnya yang harus ia kerjakan adalah melakukan penyusunan neraca saldo setelah penutupan atau post closing trail balance. Lalu apa tujuanya?

Adapun tujuan dari dibuatnya nerca saldo setelah penutupan adalah untuk memastikan bahwa jumlah saldo pada buku besar telah seimbang atau balance. Kemudian dilanjutkan keproses pencatatan berikutnya.

Bentuk Neraca Saldo Setelah Penutupan

Pembuatan neraca saldo penutupan dilakuakn setelah jurnal penutup diposting kedalam buku besar. Akun-akun yang dimasukan kedalam neraca saldo setelah penutupan adalah akun-akun riil saja. Adapun bentuk neraca saldo setelah penutupan adalah sebgai berikut :

  1. Pada bagian atas terdapat nama perusahaan
  2. Pada bagian kedua terdapat judul : Neraca Saldo Setelah Penutupan
  3. Bagian ketiga teradapat tanggal periode pembuatan

Tahap selanjutnya adalah membuat kolom sebanyak 4 kolom, dengan keterangan sebagi berikut :

  • Kolom 1 berisi kode akun atau nomer akun
  • Kolom 2 berisi nama akun dan keterangan akun
  • Kolom 3 kolom debet
  • Pada kolom 4 berisi keterngan nominal kredit

Format Neraca Saldo Setelah Penutupan

 

Perusahaan Maju Mundur

Neraca Saldo Setelah Penutupan

Per 31 Desember 20018

Kode

Akun

Nama Akun

Debit

Kredit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

Menyiapkan Neraca Saldo Setelah Penutupan

Neraca saldo setelah penutupan terdiri dari daftar akun permanen beserta hasilnya dari tutup buku. Neraca saldo setelah penutuapan menunjukan bukti bahwa :

  1. Telah selesainya proses penjurnalan dan posting ke buku besar dari semua akun yang harus ditutup.
  2. Memastikan bahwa semua transaksi yang ada di dalam perusahaan sudah di catat ke daalm buku besar perusahaan secara benar.

Contoh Penyusunan Neraca Saldo Setelah Penutupan

  1. Di bawah ini adalah transaksi pada jurnal penutup yang menjadi cikal bakal dari dasar informasi pada neraca saldo setelah penutupan.

 

  1. Langkah berikutnya adalah mencatat akun perkiraan yang sudah ditutup ke dalam buku besar. Berikut ini adalah contohnya :
mencatat akun perkiraan

3.Akun perkiraan (akun nominal) yang telah ditutup maka akan bersaldo nol. Intinya adalah bawa yang tercatat pada neraca saldo setelah penutupan adalah akun riil saja atau akun aset dan kewajiban.

Perusahaan Maju Mundur

Neraca Saldo Setelah Penutupan

Per 31 Desember 20018

akuntanonline.com

Demikainalah, pembahasan dari kami mengenia “Contoh Neraca Saldo Setelah Penutupan”. Semoga bermanfaat dan menambah khazanah keilmuan para pembaca sekalian.

Baaca juga :

Tinggalkan komentar