Contoh Lengkap Laporan Neraca Perusahaan Jasa dan Dagang

Laporan Neraca suatu perusahaan merupakan laporan yang disusun guna untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaan tersebut pada periode tertentu. Laporan neraca dilaksanakan pada akhir masa periode akuntansi, yakni pada akhir bulan atau akhit tahun.

Pengertian Neraca

Secara harfiah, neraca adalah timbangan, sedang dalam bahasa Inggris sering disebut dengan kata Balance Sheet atau lembar keseimbangan. Dari penjelasan singkat diatas kita bisa tarik kesimpulan bahwa laporan neraca adalah jumlah aktiva harus seimbang dengan jumlah kewajiban yang ditambah dengan modal.

Akun-Akun dalam Neraca

Laporan keuangan Neraca terdiri dari akun-akun riil seperti :

  1. Asset, aktiva atau harta
  2. Hutang atau kewajiban liabilites
  3. Modal atau ekuitas / equity

Demi memudahkan seorang akunting dalam melakukan analisis keuangan, biasanya perusahaan membuat neraca perbandingan atau neraca komperatif, yang mana isinya adalah perbandingan antara bulan berjalan dengan bulan lalu.

Apabila seorang akunting melihat pada neraca lajur, maka sumber data neraca diperoleh dari neraca saldo setelah penyesuaian.

neraca saldo setelah penyesuaian

Dan modal diperoleh dari hasil perhitungan pada laporan perubahan modal.

contoh laporan perubahan modal

Rumus Neraca

Sesuai dengan penjelasan di atas, bahwa laporan neraca harus menggambarkan keseimbangan anatara jumlah aktiva dengan jumlah kewajiban dan modal.

Rumus Neraca

Contoh Laporan Keuangan Neraca Perusahaan Dagang

Contoh 1

Usaha Dagang Kantin Cahaya

Laporan Neraca

Periode 31 Desember 2017

contoh laporan neraca perusahaan dagang

 

Contoh 2

contoh 2 Laporan Neraca Perusahaan dagang

 

Contoh 3

Skeman Laporan Neraca Perusahaan dagang

 

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Contoh 4

neraca bentuk staffel & Scontro perusahaan jasa

 

Contoh neraca jasa salon

 

Dalam prakteknya laporan keuangan perusahaan dagang dan jasa tidak jauh berbeda, hanya saja pada perusahaan dagang ada perbedaan pada persediaan barang dagang.

Nah, demikianlah penjelasan dari kami mengenai “Contoh Laporan Neraca Pada Perusahaan Dagang maupun Jasa”, semoga bermanfaat dan membantu para pembaca setia akuntanonline.com.

Tinggalkan komentar