Pengertian dan Contoh Kesenjangan Sosial Dalam Masyarakat

Adanya kesenjangan sosial merupakan salah satu contoh dari suatu fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Kesenjangan ini timbul akibat dari adanya perbedaan keadaan ekonomi masyarakat dan kemungkinan kecil terdapat juga pada unsur lainnya.

Untuk mengatasi terjadinya kesenjangan sosial ini maka pemerintah perlu mengubah beberapa kebijakan yang telah ia buat.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu kesenjangan sosial dan contohnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial merupakan bentuk dari ketidak seimbangan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat.

Problematika ini timbul akibat dari adanya berbagai faktot yang melatarbelakangi hal tersebut. Faktor-faktor tersebut diantaranya berupa faktor ekonomi, sosial, budaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengertian Kesenjangan Sosial

Secara umum kesenjangan sosial adalah sebuah kejadian yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat yang mana hal ini menimbulkan berbagai macam jenis perbedaan yang signifikan diantara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya,  terutama dengan penghargaan yang dilekatkan.

Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli

Menurut William Ogburn, kesenjangan sosial merupakan sebuah perubahan sosial yang melibatkan seluruh unsur dalam masyarakat yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya.

Robert Chambers menjelaskan bahwa kesenjangan sosial adalah gejala sosial masyarakat yang timbul akibat adanya perbedaan batas kemampuan finansial dan lainnya diantara masyarakat yang hidup disuatu wilayah.

Faktor Penyebab Terjadinya Kesenjangan Sosial

Setidaknya ada 5 faktro utama yang menyebabkan terjadinya kesenjagan sosial dalam masyarakat, dan berikut ini adalah ke 5 faktor tersebut dengan sedikit penjelasannya.

1. Perbedaan Sumber Daya Alam

Tingkat perekonomian suatu daerah tak lepas dari adanya pengaruh perbedaan persebaran sumber daya alam. Laju pertumbuhan ekonomi dapat meningkat manakala terdapat sumber daya alam yang dikelola dengan baik.

Sedangkan untuk daerah yang  kekurangan sumber daya alam, maka tentunya hal ini dapat mempengaruhi tingkat laju perekonomian di tempat tersebut.

2. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah juga dapat mempengaruhi timbulnya kesenjangan sosial. Misalnya saja pada program transmigrasi, masyarakat pendatang umumnya akan lebih cepat  maju jika dibandingkan dengan penduduk asli di daerah tersebut.

3. Pengaruh Globalisasi

Kesenjangan sosial dapat terjadi manakala sebagai besar masyarakatnya tidak mampu untuk beradaptasi dan tidak mampu untuk memanfaatkan keberadaan di aspek globalisasi dengan baik.

4. Demografis

Keadaan demografis suatu daerah dengan daerah lain yang berbeda juga dapat menimbulkan kesenjangan sosial pada masyarakat. Hal ini disebabkan oleh produktivitas masyarakat suatu daerah dengan daerah lainnya tidalah sama.

5. Letak dan Kondisi Geografis

Tingkat percepatan pembangunan disuatu daerah dipengaruhi oleh letak serta kondisi geografisnya. Umumnya masyarakat yang tinggal di dearah dataran tinggi cenderung lebih sulit dalam membangun infrastruktur dibandingkan dengan merak yang ada didataran rendah.

Dampak Kesenjangan Sosial

Dampak negatif dari adanya kesenjangan sosial ini anataralain adalah timbulnya kemiskinan serta pengangguran, target pasar yang tidak jelas, sulitnya mencari tenaga kerja yang berkompeten, dan meningkatnya jumlah kriminalitas di daerah tersebut.

Contoh Kesenjangan Sosial

Di bawah ini adalah beberapa contoh kesenjangan sosial yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari beserta cara menangulangi/mengatasinya :

  • Kurangnya perhatian pemerintah dalam menyediakan fasilitas umum terhadap mereka para penyadang disabilitas. Solusi untuk masalah ini adalah menyuarakan kepada pemerintah agar segera ditindaklanjuti untuk penyediaan fasilitas umum bagi mereka para penyandang disabilitas.
  • Perlakuan yang berbeda antar pelanggan yang berpenampilan layaknya orang kaya dengan penampilan orang yang biasa-biasa saja di mall atau pusat perbelanjaan lainnya. Solusi yang bisa dilakukan adalah memberikan sebuah pengarahan kepada setiap pegawai karyawan untuk senantiasa memperlakukan setiap pelanggan yang datang dengan tidak memandang dari penampilan luarnya.
  • Penegakan hukum yang kurang adil, misalnya saja pemberian hukuman pada koruptor 1 tahun penjara, sedangkan untuk pencuri ayam diberi hukuman dengan masa tahanan yang lebih lama (5 tahun). Solusi dari masalah ini adalah dengan mengadakan aksi tuntutan (demo) untuk memprotes adanya ketidak adilan terhadap penegakan hukum yang berlaku.
  • Bebas atau terhindar dari pelanggaran lalulintas karena memiliki hubungan dengan petinggi kepolisian. Solusi yang untuk hal ini adalah dengan menindak tegas setiap oknum maupun anggota polisi tersebut agar tidak menyalah gunakan kewenangannya.
  • Adanya perlakuan yang istimewa terhadap anak dosen maupun anak dari petinggi di universitas. Solusinya adalah dengan melakukan aksi yang menuntut keadilan dalam memperlakukan warga kampus tanpa memandan bulu.
  • Ketidak adilan dalam memberikan upah kepada buruh perempuan dengan buruh laki-laki, karena diniali kerja laki-laki lebih berat ketimbang kerja buruh perempuan. Solusi dari perkara ini adalah dengan menuntut piak pabrik untuk melakukan penyetaraan upah buruh tanpa memandang gender, karena para pekerja akan bekerja sesuai dengan bidangnya tanpa ada perbandingan antara satu dengan yang lainnya.
  • Perbedaan pelayanan pihak rumah sakit terhadap pasien kaya denga pasien miskin. Solusi yang harus dilakukan adalah dengan memberikan saran atau masukan kepada pihak manager rumah sakit agar segera menegur tindakan tersebut kepada para karyawan rumah sakit.
  • Perbedaan pemberian fasilitas pendidikan yang berbeda antara siswa kaya dan miskin. Solusis yang harus dilakukan adalah menindak pihak sekolah agar tidak melakukan tindakan tersebut terhadap semua muridnya.
  • Perlakuan yang berbeda antara murid yang berprestasi dengan murid yang tidak berprestasi. Solusi terbaik adalah memberikan teguran kepada oknum guru tersebut untuk tidak membeda-bedakan antar murid.
  • Kurangnya minat atau permintaan terhadap produksi rumahan karena masih menggunakan alat produksi manual. Solusi untuk menangani masalah ini adalah dengan memberikan pelatihan bagaimana cara menggunakan alat produksi yang sudah memiliki teknologi.
  • Banyaknya jumlah pengangguran disuatu daerah akibat kurangnya lapangan pekerjaan dan tingkat persaingan yang tinggi. Solusis terbaik yang bisa dilakukan adalah memberikan pelatihan kewirausahaan agara mereka kedepannya bisa membuka lapangan pekerjaan.
  • Terjadinya pergolakan massa akibat adanya ketidak merataan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Solusi untuk pemerintah adalah memberikan masukan agar segera melakukan pembangunan di daerah yang belum tersentuh pembangunan.

Nah, itulah penjelasan dari kami mengenai “Pengertian, Contoh, serta Solusi Mengatasi Kesenjangan Sosial dalam Masyarakat”. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian.