Contoh dan Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi Serta Penyebab dan Cara Mengatasinya

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa manusia memiliki kebutuhan yang beraneka ragam demi bertahan hidup. Kebutuhan manusia semakin hari tidak akan mungkin berkurang bahkan yang ada adalah semakin bertambah dari waktu kewaktu.

Mengapa hal demikian bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi karena manusia memiliki sifat yang selalu merasa kurang puas, yang di iringi dengan jumlah manusia yang semakin bertambah atau meningkat.

Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa kebutuhan manusi tidak terbatas dan bahkan selalu bertambah.

Dengan ketersediaan suber daya alam yang terbatas yang tidak diimbangi dengan kebutuhan manusi yang tidak terbatas maka hal ini disebut dengan istilah kelangkaan.

Kelangkaan ekonomi merupakan salah satu dari berbagai macam masalah yang ada dalam ekonomi yang dihadapi oleh manusia. Oleh karenanya kelangkaan ini sangat berkaitan dengan kebutuhan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi

Adapun jenis kelangkaan ekonomi itu terdiri atas 4 hal, berikut ini adalah 4 jenis kelangkaan ekonomi bagi manusia :

  1. Kelangkaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang disediakan atau yang ada di alam terdiri dari sumber daya biotik serta sumber daya abiotik. Sumber daya alam adalah sumber daya yang diberikan oleh Sang Maha Pencita  kepada manusi untuk dapat dikelola dengan sedemikan mungkin oleh manusia demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sumber daya alam yang sudah tersedia ini masih harus digali lagi agar dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Dalam pemanfaat sumber daya alam, jika dilakukan secara terus menerus atau eksploitasi yang berkelanjutan dapat menyebabkan sumber daya alam yang tersedia untuk cadanan akan habis. Sehingga hal ini akan berdampak pada kelangkaan sumber daya alam tersebut.

  1. Kelangkaan Sumber Daya Manusi yang Berkualitas

Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat, manakala dalam penggunaan kemampuan yang dimilikinya dimanfaatkan secara optimal atau maksimal.

Sumber daya manusia yang berkualitas dianggap sebagai salah satu sumber terjadinya kelangkaan ekonomi.

Melihat dari jumlahnya, negara Indonesia memiliki sumber daya manusia yang termasuk dalam katagori banyak. Namun, sumber daya manusia yang berkualitas jumlahnya sedikit jika dibandingkan dengan jumlah kebutuhan di pasar tenagan kerja.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak perusahaan di Indonesia yang memperkerjakan atau menggunakan jasa tenaga kerja para ahli dari luar negeri.

  1. Kelangkaan Sumber Daya Modal

Sumber daya modal merupakan sumber daya yang berasal dari manusia dengan tujuan untuk dapat mempermudah dalam proses produksi. Kelangkaan sumbe daya modal berdasarkan pada  kemampuan dan kemauan yang dimiliki oleh manusia itu sendiri.

Karena pada dasarnya setia manusia itu memiliki sebuah kemampuan untuk membuat sumber daya modal tersebut. Salah saru cara untuk membuat sumber daya modal ini adalah dengan adanya kemauan yang kuat untuk bekerja keras dan berusah patang menyerah.

  1. Kelangkaan Sumber Daya Kewirausahaan atau Entrepreunership

Sumber daya kewirausahaan ini masuk dalam kategori langka. Mengapa demikian? Hal ini karena tidak semua orang bisa menjadi seorang pengusaha atau pedangan. Untuk menjadi seorang penguasah, seseorang harus memenuhi syarat yakni memiliki modal dan  sebuah keahlian.

Kelangkaan LPG 3 Kg membuat masyarakat harus mengantri

Contoh Kelangkaan Ekonomi

Berikut ini adalah beberapa contoh dari kelangkaan sumber  daya ekonomi yang ada di Indonesia  :

  • Kelangkaan BBM atau Bahan Bakar Minyak yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia sebagai sebuah akibat dari pemakaian atau konsumsi masyarakat yang berlebih.
  • Kurnang adanya tenaga ahli di Indonesia, sehingga hal ini yang menjadi penyebab bayaknya perusahaan yang menggunakan jasa para tanaga ahli dari luar negeri.
  • Indonesi adalah negeri yang memiliki sumber daya yang amat sangat melimpah. Namun, lagi-lagi karena ketersediaan modal untuk memenuhi kebutuhan teknologi pengelolahannya terbatas, membuat Indonesai harus bekerja sama dengan pihak luar untuk dapat mengelola sumber daya alam tersebut dengan baik dan sebaimana mestinya.

Faktor-Faktor Penyebab Kelangkaan Ekonomi

Terdapat setidaknya 4 faktor yang menjadi penyebab terjadinya kelangkaan ekonomi, berikut ini adalah ke 4 faktor tersebut dengan sedikit penjelasannya :

  1. Letak Geografis yang Berbeda

Keberadaan sumber daya alam yang tersedia di seluruh penjuru negeri ini tersebar secara tidak merata, hal ini dapat kita lihat dengan adanya daerah yang belimpah aka minyak bumi ada pula yang tidak. Ada daerah yang memiliki konstur tanah yang subur dan ada juga yang tidak subur atau gersang.

Perbedaan letak geografis ini menjadi salah satu penyebab kelangkaan sumber daya alam, dimana untuk memperoleh sumber daya alam tersebut dibutuhkan sebuah pengorbanan yang lebih besar untuk mendapatkanya.

  1. Pertumbuhan Penduduk yang Cepat

Pada era saat ini, pertumbuhan penduduk lebih cepat bila dibandingkan dengan pertumbuhan produksi barang dan jasa. Hal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kesenjangan antara kebutuhan dengan produksi barang dan jasa.

  1. Kemampuan dalam Produksi

Kemampuan faktor produksi dalam proses memproduksi barang dan jasa mempunyai beberapa keterbatasan. Contohnya seperti tenaga manusia yang tidak dapat diporsir secara terus menerus untuk bekerja, karena mereka juga membutuhkan waktu untuk beristirahat.

  1. Perkebagang Teknologi yang Tidak Sama

Setiap negara memiliki perkembangan teknologi yang tidak sama. Di negara-negara maju misalnya perkembagan teknologi berkembang sangat cepat. Hal ini tetu berbeda dengan perkembangan teknologi pada negara-negara berkembang, kemajuan perkembangan kebutuhan akan barang dan jasa berlangsung lebih cepat dibandingkan dengan perkembangan teknologinya.

Cara-Cara Mengatasi Kelangkaan Ekonomi

Kelangkaan ekonomi yang terjadi di suatu negara atau wilayah dapat di atasi dengan menggunakan beberapa cara, dan berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah kelangkaan ekonomi :

  • Melakukan penghematan dalam menggunakan sumber daya alam.
  • memelihara dan juga melestarikan sumber daya alam dengan baik yang diiringi juga dengan proses yang berkelanjutan.
  • Menciptakan alat pemusa kebutuhan yang baru atau menggunakan barang pengganti atua barang subtitusi.
  • Meningkatkan dalam pengelolan produksi berbagai macam sumber daya alam yang ada di bumi ini, sehingga akan lebih bermnafaat bagi kehidupan manusia.

Demikian penjelasan dari  akutanonlien.com mengenai Contoh dan Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca sekalian.

Kunjungi artikel lainnya :