Beberapa Contoh Gaya Kepemimpinan Dalam Suatu Perusahaan

Terdapat sekurangnya 8 gaya kepemimpinan seseorang dalam mejalankan usahanya, pada kesempatan kali ini kami  admin akuntansionline.com akan memberikan pembahasan mengenai gaya kepemimpinan dalam perusahaan yang patutu untuk anda ketahui.

baca juga: Contoh Surat Keterangan Kerja Yang Baik dan Benar

Sebelum masuk lebih dalam mengenai gaya kepemimpinan ada baiknya kita megetahui terlebih dahulu apa itu gaya kepemimpinan.

Pengertian Gaya Kepemimpinan

Gaya kepemimpinan merupakan suatu konsep atau tindakan yang digunakan pemimpin perusahaan untuk memimpin sesuai dengan karakter masing-masing.

Dari penjelasan di atas dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa setiap pemimpin memiliki konsep atau tindakan yang akan mereka gunakan dalam memimpin sebuah perusahaan.

baca juga: Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier Beserta Dengan Cotohnya

Penting bagi anda mengetahui gaya kepemimpinan seperti apa yang digunakan atasan atau pimpinan anda pada suatu perusahaan. Atau bagi anda yang sudah mempunyai target perusahaan yang ingin anda lamar. Berbicara mengenai kepemimpinan, lalu seperti apa definisi kepemimpinan yang benar ? Kepemimpinan adalah sebuah pola yang menyeluruh dari tindakan  seorang pemimpin, baik itu diketahui maupun tidak oleh bawahannya. Sedangkan pemimpin adalah seseorang atau individu yang bertindak mempengaruhi suatu kelompok atau organisasi untuk mencapai tujuan atau target yang telah disepakati.

baca juga Cara Menghitung SHU, Pembagian SHU dan Contoh Soalnya

8 Gaya Kepemimpinan Yang Biasa Ada Dalam Suatu Organisasi Atau Perusahaan

  1. Kepemimpinan Situasional

Gaya kepemimpinan yang pertamaini, biasanya merupakan cara kepemimpinan yang lebih menyesuaikan kepada kondisi anggota bawahan. Kondisi yang dalam arti sudah sejauh mana perkembangan bawahan mengenai pelaksanaan setiap tugasnya. Cara kepemimpinan yang seperti ini biasanya mengkombinasikan antara proses kepemimpinan dengan situasi yang sedang terjadi.

baca juga Pengertian Manajemen Kas, Tujuan dan Contohnya

  1. Kepemimpinan Karismatik

Teori kepemimpinan yang satu ini lebih kepada individu pemimpin itu sendiri yang mempunyai karisma dan rasa percaya dirinya yang tinggi pada setiap tindakan yang dilakukan. Pemimpin yang seperti  ini biasanya banyak membuat kagum para bawahan secara tindakan dan emosionalnya yang begi tutegas, serta kemampuannya dalam meyakinkan setiap anggotanya, menjadikan para bawahan begitu terpesona dan ingin selalu berkontribusi dengan tipe kepemimpinan yang sepertiini.

baca juga [LENGKAP] Pengertian, Contoh, Serta Ciri-ciri Dari Pasar Monopolistik

  1. Kepemimpinan Melayani

Tipe pemimpin yang seperti ini biasanya lebih mengutamakan aspirasi, kebutuhan dan kepentingan para anggota dibandingkan dengan kepentingan pribadinya sendiri. Gaya kepemimpinan yang berorientasi untuk melayani para anggota atau bawahan dengan moral spiritual.

baca juga [LENGKAP] Pengertian Pasar Uang, Fungsi, dan Instrumen Pada Pasa Uang

  1. Kepemimpinan Transformational

Yang selanjutnya ini ialah tipe pemimpin yang selalu membawa semangat positive terhadap para anggotanya, sehingga tertular pada bawahannya untuk menjadikan energy yang positive. Bisa dikatakan juga bahwa gaya yang satu ini merupakan tipepemimpin yang baik, Karena maumemperhatikan dan terlibat langsung untuk membantu para anggota hingga berhasil menyelesaikan pekerjaannya.

  1. Kepemimpinan Transaksional

Untuk tipe pemimpin yang satu ini, lebih mengedepankan reward kepada para anggota atau bawahan yang berhasil menyelesaikan pekerjaanya sesuai target yang telah disepakati. Jadi terdapat bentuk transaksi antara pemimpin dengan anggotanya. Untuk gaya pemimpin yang satu ini punya kebutuhan, kepentingan dan tujuannya masingmasing.

  1. Kepemimpinan Delegatif

Definisi kepemimpinan delegatif ini lebih kepada bentuk kepemimpinan yang bebas. Bebas dalam arti membiarkan cara para anggota masing-masing dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang diberikan. Gaya yang seperti ini mungkin akan sedikit merugikan anggota, apabila anggota tersebut merupakan anggota baru yang belum matang dan belum bias memegang tanggung jawab yang besar.

baca juga [LENGKAP PENGERTIAN] Ciri dan Karakteristik Perusahaan Dagang

  1. Kepemimpinan Otokratis

Untuk gayakepemimpinan ini, biasa anda temukan di kepolisian atau yang bersifat kemiliteran. Karena pemimpi njenis ini memusatkan pada kekuasaan. Tidak memikirkan kebutuhan dan aspirasi anggota, serta bentuk komunikasi yang diterapkan pun satu arah. Semua keputusan dan prosedur diambil berdasarkan idenya sendiri, dan membatasi ide dari para anggota.

  1. Kepemimpinan Birokrasi

Bentuk kepemimpinan ini biasa ada pada dinas atau instansi pemerintah, yang semua tindakan dan perilaku sudah di tentukan oleh suatu prosedur. Para anggota tinggal menjalankan saja sesuai dengan aturan yang berlaku. Tidak ada ruang untuk anggota melakukan inovasi, karena aturan ini sudah tersedia dan harus dipatuhi oleh seluruh lapisan.

8 gaya kepemimpinan yang bias anda pelajari. Pahami konsep kepemimpinan seperti apa yang diusung dalam perusahaan anda, dan anda bias membedakan mana yang baik dan tidak.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai “Beberapa Gaya Kepemimpinan yang Ada Pada Perusahaan”, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Tak lupa kami ucapkan terimaksi karena sudah berkunjung di akuntanonline.com.

Please rate this

Leave a Comment