Cara Mudah Cek Tagihan BPJS

BPJS atau Badan Penyedia Jaminan Sosial ini  masih menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat.

Lembaga penjamin sosial yang didirikan pada tanggal 1 Januari 2014 ini beberapa waktu lalu sempat membuat para penggunanya kebingungan. Pasalnya di tahun ini ada isu yang simpang siur mengenai tarif BPJS.

Belum lama kita mendengar bahwa pemerintah (presiden) mensetujui akan kenaikan iuran BPJS namun di makzulkan oleh MPR, dan pada akhirnya iuran BPJS tahun ini resmi dinaikkan.

Untuk itu sebelum anda terkejut dengan tagihan iuran BPJS yang harus anda bayar sebaiknya mulai cek tagihan BPJS mu sekarang juga. Pasalnya bagai anda yang menjadi anggota dari BPJS maka setiap bulan harus wajib membayar iuran sesuai dengan kelas yang anda ambil.

Nah, pada kesempatan kali ini admin akuntanonline.com mau membagikan bagaimana cara mengecek tagihan iuran BPJS dan cara pembayarannya.

Untuk itu simak artikel ini sampai tuntas ya.


Cek Tagihan BPJS Melalui Situs Resmi

Cara pertama yang admin bagikan adalah mengecek tagihan iuran bulanan BPJS melalui situs resminya di https://bpjs-kesehatan.go.id/ halaman web ini bisa mengecek tagihan iuran BPJS baik peserta mandiri maupun yang ditanggung oleh perusahaan.

Berikut langkah-langkah mudahnya :

  • Klik link website yang sudah kami sebutkan sebelumnya, atau klik disini. Anda bisa menggunakan telpon pintar maupun laptop.
  • Lalu pilih menu ”Cek iuran BPJS” seperti gambar berikut.
cara cek tagihan BPJS dengan Android
  • Kemudian anda akan dibawa ke halaman BPJS-Kesehatan Iuran Chacking, dan diminta untuk mengisi nomor kartu dan tanggal lahir. seperti gambar berikut.
cara mudah cek iuran BPJS Kesehatan
  • Setelah kedua kolom diatas di isi, kalian cukup klik tombol cek.
Cara cek tagihan iuran bpjs
  • Maka kemudian nanti akan muncul rincian tagihan iuran BPJS kesehatan anda, baik yang sudah dibayarkan maupun yang belum dibayarkan.

Melakukan pengecekan tagihan iuran BPJS melalui website ini  merupakan salah satu cara yang aman untuk digunakan, jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi tambahan yang tidak resmi dikeluarkan dari lembaga BPJS.


Cek Tagihan BPJS Melalui ATM

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengecek tagihan iuran bulanan BPJS adalah dengan menggunakan mesin ATM.  Namun sebelum kalian memasukkan nomor virtual akun BPJS di salah satu mesin ATM BNI, BRI, dan Mandiri pastikan nomer virtual acount tersebut sesuai dengan apa yang kalian dapatkan saat registrasi.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Masukkan ATM kedalam mesin ATM.
  • Lalu pilih menu transaksi lain.
  • Lanjutkan dengan memilih pembayaran.
  • Dan klik BPJS.
  • Masukkan nomor virtual akun atau anda juga bisa menambahkan angka 88888 setelah nomor keanggotaan anda.
  • Maka nanti akan ditampilkan berapa total tagihan yang harus anda bayarkan.
  • Jika memang sudah benar dan sesuai maka tekan Ya.
  • Cek tagihan iuran BPJS dengan menggunakan mesin ATM pun selesai.

Cek Tagihan Iuran BPJS Melalui Call Center

Jika tidak ingin repot menggunakan dua cara di atas, anda bisa mencoba cara ketiga ini. Anda bisa langsung menghubungi pihak call center dari BPJS untuk melakukan pengecekan tagihan bulanan iuran BPJS.

Anda bisa menghubungi call center BPJS di nomor 1500 400 atau juga bisa melalui mobile costumer service atau MCS.

Cek Tagihan Iuran BPJS Menggunakan Aplikasi

Meningkatnya jumlah pengguna telepon pintar membuat BPJS juga harus memanfaatkan momen ini. Dimana pihak BPJS telah merilis aplikasi resmi yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan tagihan iuran bulanan BPJS.

Anda cukup menginstall aplikasi JKN baik dari play store atau app store, setelah itu lakukan registrasi jika anda belum memiliki akun atau klik login jika anda sebelumnya sudah memiliki akun di aplikasi JKN tersebut.

Dikuti dari smartuser.id Untuk mengecek tagihan dengan mengunakan aplikasi sangat mudah sekali, anda hanya perlu memilih menu Tagihan, pada halaman home aplikasi lalu lanjutkan dengan mengklik Premi, maka secara otomatis tagihan yang harus dibayarkan akan muncul di layar smartphone anda.


Cek Iuran Tagihan BPJS via SMS

Cara selanjutnya bisa anda gunakan saat anda tidak memiliki paket data dan hanya memiliki pulsa utama. Ya anda bisa melakukan pengecekan tagihan iuran bulanan BPJS dengan menggunakan SMS.

Layanan ini diberinama SMS Gateaway, untuk langkah-langkahnya anda mulai dari masuk ke aplikasi SMS, masukkan nomor layanan di 0877-7550-0400, lalu kemudian tuliskan tagihan spasi nomor kartu BPJS kesehatan.

Sebagai contoh “Tagihan 09887543124” lalu tekan kirim pesan. Layanan SMS BPJS ini tidak hanya bisa kita gunakan untuk mengecek tagihan saja, dengan menggunakan layanan SMS ini kita juga bisa mengecek jumlah denda dan juga yang lainnya.

Kami ingatkan untuk anda agar selalu berhati-hati saat menerima broadcast yang mengatasnamakan BPJS, yang kemudian meminta nomor kartu anda. Karena bisa saja itu adalah ulah dari oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan kepada anda.

Informasi Tambahan:

Jika anda pernah telat melakukan pembayaran iuran bulanan, maka akan ada beberapa sanksi dan salah satu sanksi nya adalah penonaktifan peserta BPJS. Untuk itu jangan lupa untuk senantiasa lakukan pembayaran iuran bulanan BPJS anda ya, agar tidak terjadi hal yang tidak anda inginkan.

Nah, demikian dari kami mengenai pembahasan Cara Cek Tagihan Iuran BPJS. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu anda. Terimakasih karena telah berkunjung.


Baca juga :