5 Strategi Jitu Pemasaran Produk Untuk Pengusaha Pemula

Pemasaran produk merupakan salah satu hal penting yang menentukan perfoma penjualan perusahaan.

Strategi pemasaran produk adalah sebuah kegiatan yang harus dilakukan demi memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat atau konsumen.

Berikut ini kami akan berikan 5 jenis strategi jitu pemasaran yang harus dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk bisnis anda.

5 Jenis Strategi Pemasaran Produk

Memanfaatkan Sosmed atau Social Media

Menggunakan Sosial Media

Sosial media merupakan salah satu alat terampuh dalam memperkenalkan produk perusahaan. Hal ini tentunya karena hampir semua masyarakt dunia aktif menggunakan sosial media dalam kehidupan sehari-hari.

Disisi lain dengan menggunakan layanan yang ditawarkan oleh sosial media perusahaan dapat menjalankan interaksi secara luas dengan berbagai kalangan.

Dengan menggunakan sosila media perusahaan juga bisa memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produknya. Tidak hannya itu, peluang terjualnya produk perusahan juga sangat besar saat kita memanfaatkan sosial media sebagai sarana strategi pemasaran.

Memilih Tempat Strategis

Memilih Tempat yang Strategis

Tempat yang strategis menjadi salah satu jenis strategi pemasaran yang ampuh dalam memasarkan produk perusahaan. Karena dengan menempatkan posisi pada tempat  yang tepat itu artinya produk anda memiliki kesempatan untuk terjua dengan kuota yang banyak.

Kriteria pemilihan tempat yang strategis ini harus disesuaikan dengan  produk dan target pasar yang kita sudah targetkan.

Misalnya, jika anda memutuskan untuk menjual ATK dan jasa foto copy, maka tempat yang tepat untuk usaha anda adalah di daerah perkantoran atau wilah pendidikan seperti sekolah-sekolahan dan kampus.

Maka dapat dipastikan produk anda akan mudah terlihat dan cepat laku.

Menawarkan Produk Secara Gratis

Menawarkan Produk Secara Gratis

Cara ini terbilang cukup ampuh untuk menjaring konsumen. Terlebih apabila produk yang kita tawarkan adalah berupa makan ringan atau sejenis cemilan lainnya.

Sangat jarang konsumen yang melewatkan momen penawaran gratis dari penjual saat mereka menemui hal yang demikian.

Alasan lain mengapa strategi ini perlu untuk dipraktekkan adalah karena target pasaran anda atau costumer belum pernah mencoba produk yang anda tawarakan.

Anda bisa mencoba praktekkan strategi ini saat ada event-event tertentu atau bisa langsung menawarkannya langsung door to door atau dari pintu ke pintu rumah konsumen.

Jika perusahaan anda bergerak dibidang jasa atau media digital, maka perusahaan anda bisa menawarakn free trail sebagi penarik konsumen untuk mengetahui produk jasa yang perusahaan adan tawarkan.

Memeberi Insentif untuk Rekomendasi

Produk anda akan terlihat semakin bagus dan menarik apabila ada yang merekomendasikannya.

Nah, biasanya untuk medapatkan rekomendasi atau sebuah testimoni dari pelanggan tersebut maka perusahaan perlu memberikan penghargaan atau sebuah insentif  yang menarik bagi konsumen.

Insentif dalam sebuah testimoni tidak mulu harus berupa uang, anda bisa memberikan insentif dalam bentuk potongan harga atau berupa hadia dari produk lainnya.

Dengan adanya insentif yang ditawarkan, maka secara tidak langsung perusahaan anda telah memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing perusahaan. Kedua sasaran marketing tersebut adalah para pelanggan loyal dan calon pelanggan pontensial.

Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Membangun Hubungan Baik

Sebuah perusahaan haruslah dapat menjalin hubungan yang baik dengan para konsumennya, terlebih lagi dengan para pelanggan loyal.

Mengapa demikian..? hal ini karena pelanggan loyal merupkan sebuha aset bagi perusahaan. Dimana mereka telah mebeli produk perusahaan anda berulang kali serta ikut menyumbah sebuah pemasukan secara rutin.

Apabila perusahaan anda tidak ingin kehilangan konsumen di tengan persaingan banyaknya produk sejinis, maka tidak ada salahnya jika perusahaan anda memberika penghargaan untuk mereka para pelanggan setia dari poduk perusahaan dengan cara menganggapi setiap masukan atau dengan memberikan hadiah secara langsung atas pembelian prodak yang mereka lakukan.

Demikian penjelasan dari kami mengenai 5 Strategi Jitu Pemasaran Produk, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Kunjungi juga :