10 Prospek Pandangan Kerja Lulusan Akuntansi

Prospek Pandangan Kerja Jurusan Akuntansi

Menjadi hal yang sangat menarik memang saat kita membahas mengenai masalah pekerjaan yang diharapkan dengan pendidikan yang ditempuh. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan me-review tentang jenis pekerjaan sesuai dengan bidang akuntansi.

Berikut ini adalah 10 prospek profesi pekerjaan yang untuk kalian para jurusan akuntansi :

  1. Sebagai Seorang Akuntan

Profesi yang satu ini tentu sangat dibutuhkan disetiap perusahaan, karena sitiap perusahaan berharap keuangannya akan dikelola dengan baik oleh seorang akuntan yang berkompeten di bidangan akuntansi.

Seoarang akuntan yang baik haruslah cakap dalam menganalisis keuangan perusahaan, serta dapat menyajikan laporan keuangan  dengan baik. Tentunya hal tersebut akan sangat berguna bagi para pemegang saham perusahaan dalam mengambil sebuah kebijakan atau keputusan.

Nah, buat kalian para mahasiswa jurusan akuntansi maupun siswa SMK jurusan akuntansi punya peluang besar untuk bisa menjadi seorang akuntan.

Baca juga : Pihak-pihak Pengguna Informasi Akuntansi

2. Sebagai Seorang Enterpreneur

Setiap kita memiliki sebuah kesempatan dan peluang menjadi pengusaha dan memiliki usaha sendiri. Bagi seorang yang memiliki latar belakang pendidikan jurusan akuntansi tentunya memiliki kelebihan dalam mengelola keuangan baik pribadi, organisasi maupun perushaan.

Hal tersebutlah menjadi modal pertama untuk membuka sebuah usaha.

3. Pegewai Negri Sipil / PNS

Tidak jarang kita melihat pada pembukaan lowongan CPNS tersedia formasi untuk jurusan akuntansi. Hal ini karena jurasan tersebut banyak dibutuhkan untuk menangani masalah keuangan pemerintah, seperti misalnya untuk penempatan di Kementrian Keuangan dan Dirjen Perpajakan.

4. Sebagai Akuntan Pendidik Guru atau Dosen

Profesi yang satu ini sungguh mulia, bahkan mendapatkan gelar sebagai “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”.  Sesoran yang akan menyampaikan materi baik didalam maupun luar kelas.

Seseorang yang menjadi tenaga pendidik tidak serta merta hanya mengajarkan ilmunya didalam kelas, tak jarang mereka yang menjadi akuntan pendidik mendapatakn tawaran untuk menjadi seorang pembicara atau nara sumber dalam acara-acara terkait dengan akuntasi.

5. Sebagai Seorang Internal Auditor

Tugas dari seorang internal auditor adalah untuk memeriksa hasil laporan keuangan dari suatu perusahan atau instansi. Seorang auditor bertugas memastikan hasil laporan sesuai dengan jrunalnya. Tidak hanya itu, seoran internal auditor juga memiliki weweang dalam mengawasi pihak manajemen telah melakukan fungsinya dengan baik.

Baca juga : 5 Jurnal Khusus Perusahaan Dagang

6. Sebagai Seorang Akuntan Publik

Akutan publik bisa kita anggap sebagai kebalikan dari seorang internal auditor. Profesi ini merupakan pihak independen, sebagai pihak dari luar perusahaan yang bertugas mengaudit laporan keugan (financial statment) sebuah perusahaan.

7. Sebagai Seorang Akuntan Pajak

Profesi ini bertugas menghitung nilai pajak perusahaan. Selain menghitung nominal pajak mereka juga melakukan analisis serta memberikan saran kepada manajemen supaya tidak melakukan tindakan yang melanggar peraturan pemerintah.

8. Sebagai Seorang Akuntan Pemerintah

Profesi ini bertugas menyusun laporan keuangan pemerintah didalam instansi-instansi kepemerintahan.

Sistem akuntansi yang dipakai bukan lagi mengenai laba rugi lagi, melainkan mengacu kepada peraturan yang ditetapkan pemerintah sendiri.

9. Sebagai Konsultan Akuntansi

Dengan bekal pengalaman serta pengetahuan yang mumpuni, seorang lulusan jurusan akuntansi bisa juga mendirikan sebuah jasa konsultan akuntansi dengan tugas memberikan jasa pengaduan permasalahan akuntansi pada sebuah instansi atau perusahaan.

Baca juga : Pengertian Jurnal Umum, Manfaat dan Contohnya

10. Sebagai Seorang Akuntansi Riset

Profesi ini bisa bekerja pada lembag riset atau penelitian yang secara khusus mempelajari masalah tentang akuntansi yang beredar di masyarakat.

Demikanlah ulasan tentang “10 Jenis Profesi Kerja Jurusan  Akuntasi” yang dapat kami bagikan, jiaka kawan-kawan memiliki pengalaman lain bisa ditambahkan di kolom komentar. Terimakasi ^^

Kunjungi Juga :