Pengertian, Fungsi Serta 8 Sumber Kuangan Negara

AkuntanOnline.com Yang dimaksud dengan keuangan negara adalah segala seusautu yang berhubungan dengan penerimaan dan pengeleluaran negara termasuk efeknya terhadap perekonomian suatu negara. Sumber keuangans sebuah negara diperoleh dari beberapa hal.

Seluruh penerimaan dan pengeluaran sangat diperhitungkan oleh pemerintah secara teliti, cermat dan tanggung jawab.

Baca juga: Pengertian Serta Contoh Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik

Dalam prakteknya keuangan negara disusun dalam APBN atau Anggaran Pemerintah dan Belanja Negara. APBN ini adalah suatu daftar terperinci tentang keuangan dalam sebuah negara, yang meliputi penerimaan dan pengeluaran negara.

Pengertian Keuangan Negara

M Ichwan

Keuangan negara merupakan suatu rencanan kegiatan yang dilakukan secara kuantitatif, yang akan di jalankan pada periode tahun depan atau pada masa yang akan mendatang.

Baca juga: Pengertian Obligasi dan Macam-macam Jenis Obligasi

 Fungsi atau Tujuan Pengeluarana Negara

Dalam kehidupan sehari-hari setiap individu melakukapengeluaran, hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan secara maksimal, dalam perusahaan pengeluaran dilakukan dengan maksud agar mendapatakn keutungan yang sebesar-besarnya. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahawa tujuan dari pengeluaran negara adalah untuk memenuhi kebutuhan negara dalam memberikan pelayanan publik yang memuaskan bagi para penduduk di negara tersebut.

Baca juga: √ [Kumpulan] Contoh Surat Undangan Yang Baik

Sumber-sumber Keuangan Negara

  1. Penarikan Pajak

Pajak merupakan sebuah instrumen financial yang dikelola oleh permerintah, guna untuk membiayai pembangunan, yang besifat memaksa berdasarkan konstitusi wajib kepada negara yang terutang oleh pribadi atau badan.

Baca juga: √ Pengertian Dan Jenis Strategi Pemasaran Produk

Dimana masyrakat yang sudah menunaikan pajak mereka tidak memperoleh imbalannya secara langsung, selain itu pemanfaatan pajak ini digunakan untuk keperluan negara dan demi kemakmuran rakyat di negara tersebut.

Pajak merupakan salah satu sumber yang menjadi pendapatan suatu negara. Berikut ini adalah contoh pajak yang diberlakukan dalam suatu negara: pajak hotel, pajak hiburan, lestoran, reklame, penerangan jalan, pajak penghasilan atau PPH, pertambahan nilai PPN, pajak kendaraan dan masih banyak lagi yang lainya

  1. Retribusi

Retribusi merupakan pungutan atau tarikan yang diperoleh dari penyediaan jasa atau penggunaan lahan. Sebagai mana yang tertuang pada Undang-undang No.28 tahun 2009 yang berbunyi, pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa perizinan tertentu yang khusus diberikan pemerintah Daerah untuk kepentingan pribadi maupun badan.

Baca juga: 14 Contoh Kwitansi Kosong Pembayaran Nota JualBeli Hotel

Sebagai contoh dari retribusi adalah sebagai berikut, retribusi izin mendirikan bangunan, retribusi pelayanan kesehatan, retribusu terminal, retribusi parkir jalan Malioboro dan lain sebagainya.

  1. Keuntungan BUMN/BUMD

Merupakan bentuk campurtangan pemerintah pusat dalam menyediakan barang atau jasa yang berhubungan dengan kebutuhan hidup penduduk suatu negara tersebut, dengan tujuan agar pemerintah bisa mengendalikan harga supaya tidak dikendalikan oleh pemilik modal.

Baca juga: √ [Update] Pengertian dan Contoh Neraca Saldo

Contoh dari BUMN/BUMD ini adalah seperti Telkom, Perusahaan Air Daerah, Bulog.

  1. Denda dan Sita

Denda atau sita merupakan bentuk penegakan kedisiplinan atas pelanggaran yang dilakukan masyarakat di sebuah negara, dengan memberikan hukuman berupan pemberian denda berbentuk finansial keapada para pelangar.

Contoh dari denda atau sita ini berlaku bagi mereka yang melakukan pelangaran lalu lintas atau terkena tilang polisi.

  1. Percetakan Uang

Percetakan uang merupakan bentuk upaya pemerintah untuk mempermudah transaksi dikalangan masyarakat, selain itu adanya uang yang beredar dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan inflasi.

Baca juga: √ [Update] Contoh Surat Penawaran Yang Benar Dan Baik

Contoh: Perusahaan Percetakan Uang Republik Indonesia, The Fed America mengeluarkan sebuah kebijakan Moneter dengan cara mencetak uang dollar lebih banyak.

  1. Pinjaman

Merupakan bentuk kegiatan sebuah badan atau institusi keuangan dalam memperoleh keuntungan dari pemberian pinjaman uang terhadap anggota atau nasabah, yang akan dikembalikan dengan kelebihan atau bunganya.

  1. Sumbangan, hadiah, dan hibah

Hibah atau sumbangan ini bisa didapatkan pemerintah dari perorangan, institusi, atau pemerintah dari dalam maupun luar negri. Dalam hal ini pemerintah tidak mempunyai kewajiban untuk mengembalikan sumbangan, hadiah, maupun hibah yang sudah diberikan oleh luar negri maupun dalam negri.

Baca juga: Pengertian Jurnal Umum, Fungsi Dan Contoh Lembar Kerja Jurnal Umum Pada Perusahaan Jasa

Dalam hal ini hal-hal yang didapatkan negara dari sumbangan, hibah, dan hadiah bukan sebuah pendapatan pemerintah yang bisa diperoleh dan dapat dipastikan perolehanya. Hal ini bergantung dari kerelaan pihak pemberi hibah, hadiah maupun sumbangan.

Sebgai contoh, sumbangan dana bencana alam dari luar negri kepada negara.

  1. Penyelengaraan Undian Berhadiah

Sumber-sumber pendapatan negara selanjutnya adalah potongsn pajak dari sebuah undian berhadiah, dalam hal ini pemerintah bisa menyelengarakan sebuah undian berhadiah dengan menunjuk institusi tertentu sebagai penyelengara.

Dimana pemerintah mendapatkan perolehan dari selisih penerimaan uang undian dikurangi biaya oprasional dan besarnya hadiah yang diberikan kepada pemenang.

Baca juga: √ [Lengkap] Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja Doc

Sebagai contoh, undian-undian yang dilakuakn oleh bank yang berhadiap mobil dengan dipotong pajak.

Nah, demikianlah sedikit informasi dari kami mengenai sumber-sumber dari pendapatan negara, semoga bermanfaat bagi para pembaca, serta kami ucapkan terimakasi atas kunjungan anda ke akuntanonline.com

Leave a Comment