√ Pengertian Dan Jenis Strategi Pemasaran Produk

Deskripsi :

Untuk membuat produk anda laku di pasaran, anda harus menerapkan salah satu dari beberapa jenis strategi pemasaran yang ada, karena hal ini sangat penting untuk perusahaan.

Uraian :

Berbicara mengenai pemasaran produk, dan menggunakan beberapa jenis strategi pemasaran yang tepat, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu definisi nya. Strategi pemasaran adalah suatu kegiatan yang melakukan proses seleksi pasar target, menentukan posisi bersaing, dan melakukan pengembangan pada bauran pemasaran yang dirasa efektif untuk mencapai target serta dapat melayani konsumen dengan baik. Didalam nya termasuk dalam merencanakan harga, mempromosikan sampai mendistribusikan barang.

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

pengertian strategi pemasaran menurut para ahli

Definisi Strategi Pemasaran Menurut  Philip Kotler ( 2004, 81 ) :
Strategi Pemasaran adalah sebuah pola pikir pemasaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Strategi pemasaran memiliki strategi spesifik untuk pasar target, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaran pemasaran.”

Menurut tjiptono ( 2002, 6 ) :
Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk dapat mencapai target perusahaan dengan cara mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dituju dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran itu sendiri.”

Baca juga: 14 Contoh Kwitansi: Kosong Pembayaran Nota JualBeli Hotel

3 Jenis Strategi Pemasaran Yang Bisa Anda Gunakan

 

Nanti setelah anda menentukan konsep pemasaran di bawah ini, selanjutnya anda perlu memperhatikan dan memaksimalkan bauran pemasaran yang biasa dikenal dengan 4P yaitu, Produc, Place, Price dan Promotion. Harus memaksimalkan hasil produk anda, menentukan harga yang tepat, mendistribusikan dengan tepat sesuai dengan strategi pemasaran tadi yang akan anda pilih, serta mempromosikannya dengan gencar. Berikut adalah beberapa strateginya:

  • Undifferentiated Marketing ( Tidak Membeda Bedakan Pasar )

Jenis strategi pemasaran yang pertama ialah dengan tidak membeda bedakan pasar sebagai targetnya. Dengan kata lain, perusahaan menjual produknya ke seluruh lapisan konsumen tanpa terkecuali. Apabila menggunakan strategi yang ini, maka tujuan pemasaran nya adalah kebutuhan dari konsumen itu sendiri.

Kelebihan : perusahaan bisa mendapatkan laba dari efisiensi biaya yang digunakan, dalam kata lain menggunakan strategi ini bisa lebih hemat.

Kekurangan : perusahaan harus siap untuk bersaing dengan perusahaan lain, karena pasti ada banyak perusahaan di luar sana yang menggunakan strategi pemasaran yang seperti ini.

  • Differentiated Marketing ( Membedakan Atau Memilih Pasar )

Konsep pemasaran yang kedua ini kebalikan dari strategi yang pertama. Yaitu perusahaan melakukan pengklasifikasian pasar sesuai dengan kelompok konsumen nya. Jadi bisa dikatakan bahwa perusahaan tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen dengan satu macam produk saja, namun ada berbagai macam produk sesuai dengan kebutuhan konsumen di beberapa kelompok pasar yang tentunya berbeda beda.

Sama seperti konsep strategi pemasaran yang pertama, bahwa menggunakan sistem ini ada kelebihan dan kekurangannya juga.

Kelebihannya : perusahaan akan bisa meningkatkan terus jumlah produksi nya karena pasti setiap kebutuhan konsumen berdasarkan kelompok pasar berbeda beda, jadi bisa meraup keuntungan yang lebih banyak pastinya.

Kekurangan : perusahaan harus siap mengeluarkan biaya yang besar, karena produk yang diciptakan tidak hanya satu macam, tetapi bervariasi sesuai kebutuhan segmen pasar yang diminta.

  • Concertrated Marketing ( Pasar Yang Terkonsentrasi )

Untuk jenis strategi pemasaran yang terakhir ini adalah perusahaan mencoba untuk memfokuskan pada satu atau beberapa pasar sasaran saja. Dengan kata lain perusahaan hanya akan memproduksi produk sesuai dengan kebutuhan konsumen di beberapa segmen pasar yang sudah di fokuskan tersebut.

Jadi tidak menjual menyeluruh ke semua pasar, dan tidak juga menjual sesuai dengan kebutuhan setiap segmen pasar yang ada, tetapi memilih beberapa kelompok pasar, dan mulai memenuhi kebutuhannya.

Kelebihan : perusahaan akan mendapatkan posisi yang kuat karena telah memfokuskan untuk memenuhi segala kebutuhan beberapa segmen pasar konsumen tersebut.

Kekurangan : perusahaan bisa sewaktu waktu mengalami resiko yang besar ( bangkrut / rugi ) karena telah bergantung pada kelompok pasar yang itu itu saja.

Begitulah kira kira yang harus anda pelajari ketika menginginkan produk anda laku di pasaran yaitu dengan memilih salah satu jenis strategi pemasaran. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Gaya Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Perusahaan

Strategi Pemasaran 4P

Produk

Setiap UKM harus bisa menentukan produk mana yang menjadi pilar dan bagaimana mengembangkan produk andalannya. Misalnya dengan menambahkan varian rasa, varian ukuran, varian dari bentuk dan juga varian kemasannya. Hal terpenting dan krusial yang harus dijaga adalah kualitas produk andalannya.

UKM tidak boleh mengubah selera, bentuk, warna, ukuran dan kualitas tanpa memberi tahu atau memberi tahu pelanggan sebelumnya. Karena perubahan produk mendadak, pelanggan akan kecewa dan jika pelanggan kecewa, ini akan berlanjut dan menyebabkan penjualan turun.

Harga

Harga produk sangat penting bagi keberhasilan proses penjualan. Harga adalah jumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa. Dalam bauran pemasaran, harga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi pemasaran suatu produk.

Harga tinggi dan rendah selalu menjadi perhatian utama konsumen saat mencari produk. Jadi harga yang ditawarkan menjadi pertimbangan khusus, sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang atau menggunakan jasa. Dari kebiasaan konsumen, seseorang dapat menyimpulkan bahwa strategi penetapan harga sangat berpengaruh terhadap penjualan dan pemasaran produk yang ditawarkan.

Baca juga: [Update] Pengertian dan Contoh Neraca Saldo

Lokasi

Dalam sebuah strategi pemasaran, penentuan lokasi sangat menentukan keberhasilan dari sebuah strategi pemasaran anda. Ketika lokasi anda strategis dengan populasi konsumen maka peluang terjadinya konversi akan semakin tinggi.

Namun sebaliknya, jika lokasi perusahaan/jasa terpilih tidak strategis, penjualannya pun tidak terlalu bagus. Untuk ini sebelum memulai bisnis sebuha, pilihlah tempat pertama bisnis yang paling sesuai untuk memasarkan bisnis anda. Penelitian dan bandingkan beberapa lokasi sebelum menentukan lokasi yang paling strategis untuk bisnis Anda.

Promosi

Promosi juga menjadi bagian penting dari penunjang keberhasilan strategi pemasaran anda. Sebelum mengetahui metode atau strategi promosi yang sering digunakan oleh pelaku bisnis, promosi merupakan strategi pemasaran untuk menunjang kegiatan yang dengan sengaja terus mengingatkan konsumen terhadap produk atau layanan dengan merek tertentu.

Strategi promosi-pemasaran-bisnis-ukm sering digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, guna meningkatkan keuntungan yang didapat. Selain kegiatan promosi, perencanaan strategi pemasaran selanjutnya difasilitasi, karena kegiatan promosi biasanya digunakan sebagai sarana komunikasi langsung dengan calon konsumen.

Hal ini memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi yang tepat dari konsumen mengenai respon dari produk yang kita tawarkan. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari kegiatan promosi: Ketahui produk yang diinginkan konsumen. Ketahui tingkat kebutuhan konsumen akan sebuah produk.

Tahu cara mengenali dan mengantarkan produk ke konsumen. Kenali harganya sesuai kondisi pasar. Ketahui strategi promosi yang tepat bagi konsumen. Kenali kondisi persaingan di pasar dan cara mengatasinya. Buat gambar an produk dengan promosi.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Via Email Beserta Lampirannya

Please rate this

1 thought on “√ Pengertian Dan Jenis Strategi Pemasaran Produk

Leave a Comment