[LENGKAP] Perbedaan Auditing dan Akuntansi

Kali ini akuntanonline.com akan membahas mengenai perbedaan antara apa itu auditing dan akuntansi. Untuk itu jangan keamana-mana tetap disini dan baca sampai tuntas artikel ini.

Mungkin sebagain dari anda ada yang belum tau apa itu auditing, serta apa perbedaanya dengan akuntansi? Sebenarnya untuk mengetahui perbedan antara dua kata istilah ini bisa kita ketahui dengan membaca pengertian dari kedua istilah tersebut.

Baca juga: Pengertian, Manfaat, Serta Contoh Analisis SWOT

Akuntansi dapat kita artikan sebagai sebuah kegiatan pencatatan dan penyajian laporan keuangan  sedangkan pengertiand ari audit itu sendiri adalah kegiatan verifikasi serta evaluasi  mengenai sebuah laporan keuangan suatu perusahaan.

Fungsi Akuntansi

Fungsi utama dari akuntansi itu sendiri adalah untuk memberikan informasi yang bersifat material,  terutama keuangan didalam suatu perusahaan, sebagai landasan untuk pengambilan keputasan.  Didalam akuntansi itu sendiri terdapat beberpa macam pembahasan pembelajaran, yakni meliputi akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, akuntansi sumberdaya manusia, akuntansi pajak. Adapun tujaun utama dari akuntanasi itu sendiri adalah sebagai berikut:

Baca juga: Pengertian Joint Venture Serta Kelebihan dan Kekurangannya

  • Melakukan pencatatan dan menyimpan berbagai transaksi harian dalam jurnal, buku besar, neraca saldo dan lain sebagainya.
  • Menyajikan informasi megenai profitibilitas sebuah perusahaan.
  • Menunjukan posisi keuangan entitas pada neraca.
  • Menyediakan informasi mengenai solvabilitas dan posisi likuiditas kepada pihak-pihak yang membutuhkan atau berkepentingan.

Tujuan Auditing:

  • Unqualified
  • Qualified
  • Adverse
  • Disclaimer

Auditing dapat dilakukan oleh pihak internal perusahaan maupun menggunakan jasa pihak eksternal. Audit internal dilakukan oleh seorang auditor yang ditunjuk secara  langsung oleh pihak manajemen suatu organisasi atau perusahaan untuk meningkatkan sistem internal kontrol dan sisitem informasi akuntansi suatu perusahaan tersebut.

Baca juga: 5 Metode Penyusutan Aktiva Tetap dalam Akuntansi

Sedangkan auditor eksternal dipilih atau ditunjuk oleh pemegang saham perusahaan. Dimana hasil dari laporan auditor ini akan diberikan kepada para pengguna lapora keuangan seperti kreditor,  pemegang saham, investor, pemasok, pelangan, pemerintah, debitur, pemerintah dan lain sebagainya. Tujuanya adalah untuk sebuah pengambilan keputusan yang rasional demi keberlangsungan perusahaan.

Mungkin ada sebagian diantara kalian ada yang bertanya “Lalu apa hubungannya akuntansi dengan auditi..?

Baca juga: Pengertian Stock Opname, Tujuan, Masa Periode Serta 5 Dokumen Pentingnya

Persamaan Akuntansi dan Auditing

Hubungan atau persamaan antara akuntansi dan audit adalah sama-sama pekerjaan yang ada dan harus dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang bersifat perusahaan terbuka arau PT. Akuntansi dan audit memliki bidang ilmunya masing-masing. Namun disini audit memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan akuntan. Dimana seorang auditor harus memiliki pemahaman yang menyeluruh dari berbagai tindakan seperti misalnya mengenai peraturan pajak, pengetahuan tentang standar akuntansi, serta standar audit dan dibarengi dengan keterampilan komunikasi yang baik.

Baca juga: Pengertian, Fungsi Serta 8 Sumber Kuangan Negara

Dan berikut ini kami berikan sedikit gambaran mengenai audit dan akuntansi dilihat dari kriterian yang digunakanya:

Kriteria Akuntansi Auditing
Arti Merupakan sebuah pencatatan yang sistematis dari setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi dan penyusunan sebuah laporan keuangan pada akhir tahun atau akhir periode Pemerikasan atas pembukuaan laporan keuangan dari perusahaan atau organisasi yang dapat dilakukan oleh pihak internal maupun eksternal
Peraturan Mengikuti aturan Acounting standards Mengikuti aturan standards on Auditing
Pekerjaan dilakukan oleh Akuntan Auditor
Tujuan Untuk menampilkan Profitabilitas dari kinerja perusahaan, dan posisi keuangan dari perusahaan tersebut Untuk menguak sebuah fakta dari laporan keuangan perusahaan dan memberikan gambaran keuangan yang bernar dan adil dari perusahaan tersebut
Dimulainya Pencatatan akuntansi dimulai ketika pembukuan berakhir Proses auditing dimulai ketiaka pencatan akuntansi berakhir
Jangka Waktu Akuntansi merupakan sebuah pencatatan yang dilakukan secara terus menerus selama satu periode berjalan dalam sebuah perusahaan Auditing merupakan sebuah proses priodik, atau suatu hal yang dilakukan secara berkala, dan tidak dilakuakna setiap hari

Dan breikut ini kami berikan beberapa perbedaan akuntansi dan audit menurut para ahli:

  • Akuntansi merupakan pekerjaan yang rutin dan terartu dilakukan dalam memelihara catatan transaksi keuangan sebuah perusahaan dan melakukan laporan keuangan perusahaan. Sedangakan auddit merupakan sebuah pekerjaan yang bersifat analitis dan memerlukan penilaian independent dalam mengevaluasi informasi keuangan sebuah perusahaan.
  • Akuntansi di atur dalam standar akutansi, sedangkan auditing diatur oleh standar auditing.
  • Akutansi merupakan sebuah pekerjaan yang sderhana yang dilakukan oleh seorang akuntan, sedangkan auditing merupakan sebuah pekerjaan yang kompleks yang dilakukan oleh seorang auditor.
  • Tujuan utama dari akuntansi adalah untuk menunjukan profitabilitas, posisi keuangan dan kinerja dari perusahaan. Sedangkan auditing bertujuan untuk memeriksa kebenaran dari laporan keuangan sebuah perusahaan dan kemudian memberikan opini audit.
  • Akhir dari akuntansi merupakan awal dari audit.
  • Akuntansi merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkelanjutan oleh seorang akuntan, sedangkan audit merupakan pekerjaan yang bersifat priodik atau berkala.
  • Akuntansi dilakukan oleh seorang sataf atau kariyawan pada perusahaan tersebut, sedangkan audit dilakukan oleh seorang auditor independent, yang ditunjuk oleh pemilik saham dalam jangaka waktu tertentu dan mendapat imbalan atau remunerasi dari perusahaan yang bersangkutan.
  • Seorang akuntan bertangung jawab kepada manajemen perusahaan, sedangkan auditor bertanggung jawab kepada permilik atau pemegang saham perusahaan.

Demikianlah penjelasan dari kami megenai perbedaan akuntansi dan auditing, semoga bermanfaat..

Baca juga artikel dari kami lainya: