[LENGKAP] Pengertian Permintaan dan Penawaran: Teori, Jenis, & Kurva

Pengertian Permintaan dan Penawaran

Akuntanonline.comSecara umum pasar merupakan tempat bertemunya konsumen dan produsen, dimana dari pertemuan kedua belah pihak ini terbentuklah sebuah siklus permintaan dan penawaran antara konsumen dan produsen.

Dapat kita artikan bahwa permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diminati oleh konsumen untuk dibeli pada suatu harga dalam jangka waktu tertentu.  Permintaan dilakukan oleh pihak pembeli atau konsumen yang melakukan aktivitas kegiatan ekonominya demi memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Baca juga: Pengertian dan Cara Mudah Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP)

Sedangkan penwaran merupakan suatu kegiatan ekonomi yang dilakukan pihak produsen dalam mencari keuntunganterhadap minat atau kebutuhan konsumen. Dimana penawaran dapat kita artikan sebagai jumlah barang atau jasa yang diatawarkan atau dijual kepada pihak konsumen pada suatu harga dalam jangka waktu tertentu.

Teori Hukum Permintaan dan Penawaran

  • Hukum Permintaan

Bunyi hukum permintaan, permintaan konsumen akan meningkat apabila harga suatu barang atau jasa yang berdar dipasaran menurun, begitu pula sebaliknya apabila harga suatu barang atau jasa dipasaran mengalami kenaikan makan permintaan akan barang atau jasa tersebut akan menurun.

  • Hukum Penawaran

Hukum penawaran berbunyi, penawran produsen akan meningkat apabila harga suatu barang atau jasa dipasaran naik,  dan sebaliknya penawaran suatu barang atau jasa dari produsen menurun apabila harga barang atau jasa yang beredar dipasaran menurun.

Baca juga: Pengertian, Contoh, Serta Ciri-ciri Dari Pasar Monopolistik

Dalam praktenya permintaan dan penawaran yang dilakukan oleh pihak konsumen maupun pihak produsen dipasar ini memliki faktor-faktor yang mempengarui, dan berikut ini kami akan klasifikasikan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhui kedua kegiatan ekonomi tersebut:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

1. Faktor yang Mempengaruhi permintaan

Secara umum kami mengklasifikasikan 6 faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen dipasaran dan berikut ini adalah klasifikasinya:

  1. Selera konsumen atau prilaku dari konsumen itu sendiri
  2. Adanya ketersediaan dan harga barang atau jasa pengganti
  3. Penghasilan atau pendapatan dari konsumen
  4. Gambaran atau perkiraan harga barang atau jasa tersebut dimasa yang akan datang.
  5. Kebutuhan konsumen terhadap barang atau jasa
  6. Jumlah penduduk

Baca juga: Pengertian Uang & Jenis-Jenis Uang

2. Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Berikut ini 5 klasifikasi dari faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran:

  1. Beban biaya produksi dan teknologi yang digunakan
  2. Target atau tujuan perusahaan
  3. Beban pajak yang di tanggung perusahaan
  4. Tersediaan barang pelengkapa atau pengganti
  5. Ekspestasi harga dimasa depan

Baca juga: [LENGKAP] Pengertian Pasar Persaigan Sempurna, Ciri-ciri Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengelompokan Jenis-jenis Permintaan dan Penawaran

Dibawah ini kami akan mengelompokan macam-macam jenis permintaan dan penawaran:

1. Jenis-jenis Permintaan

1. Berdasarkan Daya Beli Konsumen

Jenis permintaan akan barang atau jasa berdasarkan daya beli konsumen dibedakan menjadi tiga kelompok, yakni permintaan efektif, permintaan potensial, permintaan absolut, dan berikut ini adalah penjelasan dari ketiga jenis permintaan menurut daya beli konsumsi:

  • Permintaan efektif, merupakan permintaan yang dibarengi dengan daya beli yang dilaksanakan. Sebagai contoh, ketika ingin memakan buah mangga, maka anda akan pergi ke toko buah kemudian membelinya.
  • Permintaan potensial, merupakan permintaan yang dibarengi dengan daya beli tetapi belum dilaksanakan. Sebagai contoh, anda mampu dan ingin membeli sebuah buku, akan tatapi anda tidak berencana membeli buku itu sekarang.
  • Permintaan absolut, yaitu permintaan konsumen yang tidak dibarengi dengan kemampuan daya beli, permintaan absolut ini bisa disebut juga sebagai sebuah angan-angan. Sebagai contoh misalnya seorang penganguran yang ingin beli mobil.

Baca juga: √ [Kumpulan] Contoh Surat Undangan Yang Baik

2. Berdasarkan Jumlahnya

Jenis permintaan yang diruntut dari jumlah permitaanya dikelompokan kedalam dua katagori, yakni permintaan individu dan permintaan pasar. Berikut ini adalah penjelsan mengenai dua permintaan tersebut:

  • Permintaan Individu, yakni merupakan permintaan yang dilakukan olehh seorang atau perorangan.
  • Permintaan Pasar, yakni merupakan hasil dari penjumlahan di setiap permintaan individu atas suatu barang atau jasa dalam jangka waktu tertentu.

2. Jenis Penawaran

Jenis penawaran dibagi menjadi dua yakni sebagai berikut:

  • Penawaran Penjual, yakni merupakan jumlah penawaran yang dilakukan oleh perusahaan atau penjual atas suatu barang atau jasa.
  • Penawaran Pasar, merupakan hasil dari penjumlahan total dari seluruh perusahaan yang ada dipasar terhadap barang atau jasa dalam kurun wkatu tertentu.

Kurva Permintaan dan Penawaran

  1. Kurva Permintaan

Baca juga: √ [Lengkap] Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja Doc

  1. Kurva penawaran
  1. Kurva keseimbangan penawaran dan permintaan

Dalam kurva ini menunjukan adanya titik keseimbangan antara permintaan dan penawaran, hal ini akan menggambarkan harga dari barang atau jasa.

 

Fungsi Permintaan dan Penawaran

  1. Fungsi Permintaan

Fungsi permintaan merupakan sebuah kajian matematis yang menunjukkan suatu hubungan antara jumlah pbarang yang diminta dengan harga yang untuk suatu barang atau jasa.

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Kerja Yang Baik

 Namun karena fungsi dari permintaan ini mengikuti hukum permintaan, diamana dikatakan dalam hukum permintaan apabila harga suatu barang atau jasa naik maka jumlah permintaan barang atau jasa turun, sedang apabila harga suatu barang atau jasa turun maka permintaan akan naik. Maka gradien permintaan bernilai negatif.

1. Bentuk fungsi permintaan

 

2. Rumus Permintaan

 

 

  1. Fungsi Penawaran

Fungsi penawaran merupakan sebuah kajian matematis yang menunjukan hubungan antara banyaknya jumlah penawaran atau kwantitas penawaran dengan harga barang yang ditawarkan oleh produsen.

Baca juga: √ Pengertian Dan Jenis Strategi Pemasaran Produk

Sama halnya dengan permintaan, penawaran juga mengikuti hukun dari penawaran yang berbunyi dimana penawaran berbanding lurus dengan harga, yaitu apabila harga semakin meningkat maka penawaran pun ikut meningkat, begitu juga sebaliknya. Untuk itu gradien penawaran selalu bernilai positif.

1. Bentuk Fungsi Penawaran

2. Rumus penawaran

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian Permintaan dan Penawaran, semoga bermanfaat bagi para pembaca, dan kami ucapkan terimakasih telah berkunjung di akuntanonline.com. jangan lupa untuk berkunjung kembali.

Baca juga: