[LENGKAP] Pengertian Pasar Persaigan Sempurna, Ciri-ciri Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian pasar secara sempit bisa kita pahami sebagai tempat bertemunya antara penjual adan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atua jasa, dalam hal ini ada juga pasar yang tidak mempertemukan kedauanya yakni antara penjual dan pembeli hal ini dapat kita lihat pada pasar saham.

Maka dari itu pasar bisa berati diartikan dengan luas, yakni dimana kedua belah pihak antara penjual dan pembeli yang slaing berintraksi untuk menentukan harga keseimbangan. Disni kita dapat memahami bahwa pengertian pasar secara umum adalah suatu tempat bertemunya antara permintaan dan penawaran sehingga terjadilah kesepakatan suatu harag pada barang maupun jasa.

Setelah kita memahami sedikit tentang pengertian sebuah pasar, selanjutnya kita akan membahas mengenai pembahasan pokok kita kali ini yakni tentang “Pengertian dari Pasar Persaingan Sempur, Ciri-ciri serta Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna”.

Hal ini akan kita bahas secara terperinci satu demi satu agar memudahkan anda para pembaca.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian dari pasar persaingan sempurna adalah keadaan suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat melimpah dan produk atau jenis barang yang ditawarkan atau dijual sejinis atau serupa. Kami ambil contoh barang yang pada bentuk barang yang dijual pada pasar ini adalah seperti beras, gandum, batu bara, kentang dan masih banyak lagi yang lainya.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

Berikit ini adalah ciri-ciri yang didapati pada Pasar Persaingan Sempurna:

1. Terdiri atas banyaknya penjual dan pembeli, hal ini mengakibatakn perilaku dari penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi kondisi pasar, dengan kata lain hal ini bisa dikatakan mereka hanya sebagian kecil dari unsur pasar secaera menyeluruh atau keseluruhan.

Adanya interaksi antara penjual dan pembeli disini diangap sebagai price taker atau pengikut harga yang mengakibatkan harga dipasar ini tetap berapapun jumlah barang yang dijual. Hal ini karena mekanisme pasalah yang menentukan harganya melalui interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran yang ada pada masyarakat.

2. Free entry & Free exit, artinya adalah dimana suatu perusahaan tersebut tidak memiliki hambatan apabila suatu perusahaan tersebut meliha adanya peluang menguntunkan dalam pasar dan kemudian menutup usahanya jika ternyata merugikan.

Hal ini berbeda pada jenis pasar kebanyakan yang mungkin ada keterikatan dalam membuka dan menutup pasar, dikarenakan adanya surat perjanjian.

3. Barang yang diperjual belikan bersifat homogen (sama), didalam pasar persaingan sempurna menyediakan barang yang relatif sama, diamana disini dapat diarikan bahwa bila anda membeli barang di tempat lain bisa dipastika kemungkinan besaran kualitas dan kuantitasnya akan sama persis.

4. Kesamaan pemahaman antara penjual dan pembeli perihal pengetahuan pasar yang sempurna, disini baik penjual maupun pembeli mengetahui betul akan keadaan pasar. Dalam hal ini baik penjual maupun pembeli mengetahui dengan jelas tingkatan harga yang berlaku dipasar dan meliputi seetiap perubahan yang berlaku dipasar. Keuntungan pengetahuan mengenai hal ini mengakibatkan:

  • Sumber daya yang ada semuanya digunakan untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.
  • Produsen tidak ada yang berani menjual barang dengan harga yang relatif lebih rendah dariharga pasaran.
  • Dan disni pun tidak ada konsumen yang membeli barang dengan haraga yang lebih tinggi dari harga pasar.

5. Perpindahan atau mobiltas ekonomi yang cukup sempurna, hal ini diartikan bahwa tidak ada kesulitan sama sekali juka sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ketempat lainya. Karena pada hakekatnya semua tempat produksi memiliki kesamaan baik dalam metode pemproduksian atau pembuatan barang hingga penjualan sampaipada tangan pembeli.

Bagi anda yang memiliki bisnis produk atau jasa yang umum dilakukan oleh banyak orang pasar persaingan sempurna adalah wadah yang bagu dan tepat untuk anda jajaki. Keberhasilan atau kesuksesan dalam berbisnis dapat anda capai mana kala anda strategi yang matang, salah satunya yakni dengan anda selalu melakukan pencatatan keuangan perusahaan anda didalam laporan keuangan.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Dalam kehidupan nyata ini tidak ada hal yang 100% sempurna, begitu juag dengan pasar persaingan sempurna. Dalam penerapan pasar persaingan sempurna tetap saja memiliki yang namanya kelebihan dan juga kekurangan.

Untuk itu berikut ini kami akan paparpan mengenai beberapa kelebihan atau keuntungan serta kerugian atau kelemahan dari pasar persaingan sempurna.

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

  1. Pendayaan sumber daya dilakukan dengan lebih efisien.
  2. Terbebas dari praktek pemusatan kedudkan atau kekuasasn pada keleompok kecil masyarakat.
  3. Terhindarnya dari persaingan yang tidak sehat.
  4. Penjula dan pembeli dari permainan harga pasar, dikarenakan keduanya tidak mampu menentukan harga.
  5. Terjadinya kesetabilan harga barang tanpa dipengaruhi oleh besar kecilnya jumlah barang.
  6. Adanya inforamasi yang jelas yang pada akhirnya akan menghindarakan dari berbaga macam praktik yang bisa menimbulkan potensi kecurangan didalam pasar.
  7. Berkurangnya biaya iklan, karena barang yang dihasilkan oleh antar perusahaan bersifat homogena atau sama, dan sulit untuk dibedakan antara prosuk yang satu dengan yang lainya.

Kelemahan yang dimiliki Pasar Persaingan Sempurna

  1. Terbatasnya anggarab untuk kegiatan penelitaina dan pengembangan, dikarenakan keuntungan perusahaan yang terbatas dan menyebabkan lambatnya kreasi-kreasi baru produk.
  2. Keterbatasan dalam memilih produk dikarenakan semua jenis barang yang diproduksi homogen atau sejenis, sedangakan ada kemungkinan selera dan kebutuhan masyarakat berbeda-beda yang diiringi dengan tingkat pendapatan yang berbeda-beda pula dalam memilih produk.
  3. Keterbatasan keuntungan, hal ini berdampakl pada rendahnya kualitas produk yang dihasilkan karena kurang inovasi dan kreativitas, selain itu hal ini juga menyebabkan perusahaan memberi upah yang kecil terhadap buruh.
  4. Kemudahan atau efisiensi yang diterapkan terlalu tinggi sehingga mengakibatkan buruknya kondisi sosial.
  5. Tidak sedikit orang yang merasa kurang puas dengan produk yang ada di pasar/
  6. Tidak adanya pemerataan penghasilan atau pendapatan berakibat pada pemanfaatan sumber daya oleh mereka golongan tertentu yang memiliki modal besar.

Dalam menjalankan kegiatanya pasar persaingan sempurna memiliki beberapa ciri, cirinya dapat kita lihat dengan adanya praktik dimana perusahaan yang terlibat dalam pasa memiliki banyak kemiripan atau kesamaan dalam hal produksi barang maupun jasa.  Sehingga nampak barang yang ada dipasar memiliki faktor kesamaan atau identik yang sukar untuk dibedakan antara barang yang satu dengan barang yang lainya.

Adanya kebijakan dimana semua perusahaan harus memiliki kesamaan dalam menghasilkan produk atau barang, maka akan berdapak pada rendahnya perbaikan kulaitas barang dan inovasi yang bisa membedakan barang dari perusahaan yang satu dengan barang dari perusahaan lainya.

Hal ini menyebabkan persaingan antara perusahaan akan sangat minimal dan inilah hal yang menyebabkan perusahaan memiliki kebebasan untuk keluar masuk pasar dengan fleksibel. Keterbastasan dari kebijikan yang ada akan berdampak pada keuntungan yang didapatkan perusahaan, profit atau keuntungan dari perusahaan akan semakin kecil sedangkan potensi perusahaan mengalami sebuah kerugian sangat besar atau tinggi.

Disisi lain munculnya ketidak puasan dari masyarakat dengan kondisi pasar yang hanya menyediakan produk yang jenisnya terbatas bisa saja tidak akan sesuai dengan kebutuhan beberapa konsumen atau masyarakat yang memiliki selera yang berbeda-beda.

Demikian dari kami mengenai penjelasan dari  “Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Ciri-ciri Serta Kelebihan dan Kekuranganya” semoga bermanfaat dan membantu anda, dan terimakasih telah berkunjung di akuntanonline.

Leave a Comment