[LENGKAP] Pengertian Lembaga Sosial, Ciri-ciri, Contoh dan Fungsinya

Contoh Gaya Kepemimpinan | Kata lembaga sosial sudah tidak asing lagi ditelinga kita, namun tidak sedkit diatara kita yang belum mengetahui apa makna dari lembaga sosial tersebut. Lembaga sosial atau social institution merupakan suatu pola yang diyakini oleh masyarakat atau sebuah tingkah laku yang harus dilakukan oleh seseorang sesuai dengan keadaan dan fungsinya untuk melaksanakan suatu kegiatn guna memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Untuk itu kami akan membahasa lebih lanjut mengenai pengertian lembaga sosial menurut para ahli lengkap dengan ciri-ciri dari lembaga sosial, contoh lembaga sosial, beserta fungsi dan jenis-jenis lembaga sosial.

Cara Menghitung Bunga Deposito Bank

Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

1. Koentjaraningrat

Lembaga sosial merupakan suatu tata kelakuan dalam kehidupan masyarakat yang menjadi pusat aktifitas sosial dalam memenuhi kebutuhan khusus masyarakat yang kompleks. ([Lengkap Pengertian & Contoh Kasus] Devaluasi, Revaluasi, Apresiasi dan Resesi)

2. Leopold Von Weise dan Becker

Leopold Von Weise dan Becker mengatakan pengertian lembaga sosial amerupakan sebuah jaringan proses hubungan antara manusia dan kelompok, yang memiliki fungsi memelihara hubungan minat kepentingan individu maupun kelompoknya beserta pola-polanya. (5 Metode Penyusutan Aktiva Tetap dalam Akuntansi)

3. Paul Hartono dan Chester L. Hunt

Paul Hartono dan Chester L. Hunt menjelaskan bahwa lembaga sosial adalah sebuah prosedur-prosedur tertentu yang hadir untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia beserta sistem norma, hubungan-hubungan penyatuan nilai.

4. Peter L Berger

Lembaga sosial adalah proedur yang membuat perbuatan manusia dikendalikan oleh pola tertentu yang kemudia dipaksa bergerak sesuai dengan keinginan masyarakaat. (Pengertian, Manfaat, Serta Contoh Analisis SWOT)

5. Mayor Polak

Mayor Polak menjelaskan bahwa lembaga sosial adalah sebuah sistem peraturan dan juga adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai penting dalam masyarakat.

6. Hamilton

Hamilton menjelaskan bahwa lembaga sosial merupakan tatacara kehidupan sebuah kelmpok masyarakat dengan derajat sanksi. (Perbedaan Auditing dan Akuntansi)

7. Robert Mac Iver dan CH Page

Menurut kedua orang ini lembaga sosial merupakan sebuah prosedur tatacara yang mengatur hubungan antara manusia dalam suatu kelompok masyarakat.

Melihat berdasarkan pengertian lembaga sosial dari para ahli diatas, kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa lembaga sosial merupakan sekumpulan norma yang disusun dan terbentuk secara sistematis guna memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia yang bersifat khusus agart dapat berjalan secara tertib dan teratur. (Pengertian Joint Venture Serta Kelebihan dan Kekurangannya)

Selain itu untuk mengfungsikan sekumpulan norma maupun gagasan prilaku, asosiasi dan organisasi perlu dibentuk dalam seetiap lembaga sosial.

Berikut ini merupakan bentuk contoh hubungan antara Lembaga Sosial dengan Asosiasi/Organisasi:

LEMBAGA

ASOSIASI/ORGANISASI

Perkawinan

Kantor Urusan Agama

Pendidikan

Perguruan Tinggi, SMA, SMP, SD

Agama

Masjid, Gereja, Pura, Wihara

Perekonomian

PT, Firma, CV

Pemerintahan

Partai, Parlemen

Contoh Lembaga Sosial

Dalam praktiknya lembaga sosila dapat dikelompokan dalam berbagai jenis serta mempunyai fungsi dan perananya masing-masing dalam setiap kehidupan masyarakat. Berikut ini adalah beberapa contoh dari lembaga sosial lengkap dengan penjelasanya:

1. Lembaga Edukasi/Pendidikan

Lembaga edukasi atau pendidikan merupakan sebuah lembaga yang memiliki peran penting dalam rangka memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada individu / peserta didik, untuk meningkatkan kualitas SDM dan merubah prilaku seseorang kearah yang lebih positif atau lebih baik lagi. Fungsi dari lembaga pendidikan itu sendiri adalah sebagai sarana pelestarian dan pengembangan kebudayaan masyarakat, serta pengembangan bakat. (Pengertian Laporan Keuangan, Jenis Serta Fungsi Laporan Keuangan)

2. Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi merupakan lembaga sosial yang berperan dalam membangun perkonomian masyarakt. Fungsi dari lembaga ekonomi ini sendiri antaralain adalah memastikan atau menjaga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, dan berkecukupan serta dapat berkelanjutan. (Pengertian Stock Opname, Tujuan dan Masa Periodenya)

3. Lembaga Keuangan

 Lembaga keuangan adalah lembaga yagn berperan dalam mendapatkan modal bagi masyarakat untuk menjalankan kegiatan ekonomi, seperti usaha perdagangan dan sebagainya. Serta sebagai pedoman dalam kegiatan perputaran ekonomi masyarakat. (Pengertian Patty Cash / Kas Kecil dan Fungsinya)

4. Lembaga Kebudayaan

Meliihat dari namanya sudah dapat kita pastikan bahwa lembaga kebudayaan ini berperan dalam masalah pengembagan seni kebudayaan baik berupa adat istiadat yang dimiliki oleh sekelompok masyarakt tertentu yang berasal dari hasil cipta, karya, dan karsa dari masyarakta itu sendiri. (Contoh MOU Yang Baik dan Benar)

5. Lembaga Keagamaan

Lembaga keagaaman meruapkan lembaga yang memiliki peran penting dalam mengatur kehidupan manusia terkhusus dalam uruasan agama. Biak yang beragama Islam, Nasrani, Hindu, dan Budha. Disis lain lembaga keagamaan dapat berfungsi sebagai saranan dalam peningkatan solidaritas kelompok, keramahan dalam bergaul antar agama, tata prilaku dalam kehidupan sosial dan masih banyak lagi yang lainya. (Pengertian Asuransi, Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah)

6. Lembaga Politik

Lembaga politik meruakan salah satu lembaga yang memiliki peran penting dalam pengeambilan keputusan sebagai dari wakil masyarakat atau wakil rakyat. Lembag politik juga memiliki fungsi lainnya diantaranya adalah mengatur proses kegiatan politik, melakukan pendidikan politik, mewujudkan ketertban baik di dalam maupun di luar negri, dan mengupayakan kesejahteran masyarakat secara umum. (Macam-Macam Jenis Strategi Pemasaran)

7. Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga merupakan salah satu contoh kecil dari sebuah lembaga sosial. Dimana lembaga keluarga merupakan lembaga yang terkecil yang ada dalam kelompok masyarakat. Lemaga ini terjadi dari adanya sebuah perkawinan dan hubungan darah. (Pengertian dan Cara Mudah Menghitung Harga Pokok Penjualan)

Dalam prakteknya lembaga keluarga merupakan sebuah lembaga yang kompleks, dimana lembaga keluarga ini memiliki fungsi  ekonomi, fungsi produksi, fungsi proteksi/perlindungan, fungsi pengawasan sosial, dan fungsi pemberian status.  Beberpa fungsi keluarga tersebut membantu seseorang di dalam kehidupan bermasyarakat. (Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung Lengkap Dengan Contoh dan Penjelasanya)

Peran dan Fungsi Lembaga Sosial

Berikut ini kami akan berikan penjelasan mengenai fungsi dan peran dari lembaga sosial menurut para ahli:

Yang pertama menurut Soerjono Soekanto, lembaga sosila memiliki fungsi  sebagai berikut:

  • Lembaga sosila berfungsi memberikan pedoman kepada seluruh anggota masyarakat seperti yang berkaitan dengan hubungan pemenuhan kebutuhan. Dengan kata lain lembaga sosial memiliki peran sebagai pedoman dalam bersikap dan bertingkahlaku dalam mengatasi masalah yang berkembang dalam masyarakat.  Peran dari lemabga sosial menjaga  keutuhan masyarakat yang bersangnkutan. (Contoh Bukti Transaksi Pembayaran Dalam Perusahaan)
  • Fungsi lai dari lembaga sosial menurut Soerjano Soekamto adalah memiliki peran penting dalam memberikan arahan kepada masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap anggota masyarakat lainnya melalui sistem pengendalian sosial. (5 Jurnal Khusus Perusahaan Dagang)

Kedua menurut Hartono dan Hunt, lembaga sosial memiliki 2 fungsi, dan berikut penjelasanya sebagai berikut:

  • Fungsi manifes, merupakan fungsi yang disadari dan diakui anggota masyarakat atau dengan kata lain menjadi harapan banyak orang. Sebagai contoh: Lembaga Keluaga, keluarga adalah sebuah lembaga internalisasi dan sosialisasi nilai dan norma. Lembaga Ekonomi, merupakan tempt terjadinya produksi dan distribusi. ( Pengertian Valuta Asing, Fungsi dan Jenis Valuta Asing)
  • Fungsi laten, adaalah fungsi yang tidak disadari, atau bukan menjadi tujuan utama suatu lembaga namun muncul atau ada. Sebagai contoh; Lembaga Keluarga, dalam suatu kasus pernikahan menjadi sebuah alasan untuk menuti rasa malu dari sebutan tidak laku. Lembaga Politik, menjadi sebuah ajang persaingan untuk berkuasa sehinga menumpuk kekayaan. (Pengertian Analisis Rasio Keuangan, Macam-Macam Rasio dan Rumusnya)

Ciri-Ciri Lembaga Sosial

  1. Lembaga sosial biasanya memiliki ciri khusus sebagai tanda atau kekhasan dari lembaga sosial tersebut. Sebgai contoh lembaga hukum, disimbolkan dengan timbangan,
  2. Memiliki tatatertib dan tradisi yang menjadi panutan secara tertulis atau tidak tertulis. Sebagai contoh dalam lembaga keluarga memiliki sebuah tradisi menghormati anggota keluarga lain berdasarkan silsilah, misal orang yang lebih tua menghormati yang lebih muda dikarenakan yang muda adalah keturunan dari sodara tertua ayah atau ibunya.
  3. Lembaga sosial, biasanya memiliki alat kelengkapan untuk mewjudkan cita-cita atau tujuan dari lembaga tersebut.
  4. Usia lembaga sosial yang panjang akan menyebabkan terjadinya regenerasi dari masa kemasa.
  5. Lembaga sosial biasanya memiliki idiologi sistem gagasan mendasar yang telah diterapkan atau dianut dan diangap ideal oleh anggotanya.
  6. Lemabaga sosial memiliki sebuah daya tahan yang membuatnya tidak mudah hilang atau lenyap begitu saja. Contohnya adat istiadat dan kurikulum pendidikan.

Demikianlah dari kami penjelasan mengenai “Pengertian Lembaga Sosial, Ciri-ciri, Contoh dan Fungsinya”, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainya:

Leave a Comment