Pengertian Laporan Perubahan Modal dan Contoh Kertas Kerja Laporan Perubahan Modal

Penyusunan laporan perubahan modal dilakukan setelah sebuah perusahaan tersebut memiliki laporan neraca lajur atau kertas kerja dan di iringi dengan laporan laba rugi perusahaan tersebut.

Mengapa demikian? Karena penyusunan laporan perubahan modal dapat ini dapat disusun dengan menggunakan sumber data laporan keuangan khususnya laba bersih atau rugi bersih yang berasal dari nerca dan laporan laba rugi.

Mengapa harus dibuat laporan perubahan modal? Karena laporan perubahan modal pada perusahaan ini berfungsi untuk  menggambarkan keadaan modal yang sesungguhnya pada  perusahaan tersebut. Lebih lengkapnya akan kami bahas secara tuntas dalam artikel ini.

Pegertian Laporan Perubahan Modal

Untuk anda yang masih samar-samar dan belum mengerti serta penasaran tentang apa itu sebenarnya laporan perubahan modal, tenang kami akan menjelaskan untuk anda. Laporan perubhan modal adalah laporan keuangan yang menyediakan informasi mengenai perubahan modal pada perusahaan yang terjadi dari akibat adanya kegitan pokok atau oprasi perusahaan pada suatu periode tertentu.

Bisa kita artikan bahwa laporan perubahan modal sebagai suatu ikhtisar dari perubahan modal yang terjadi selama periode tertentu dalam perusahaan.

Dalam laporan perubahan modal, laporan laba rugi memiliki peran yang cukup penting. Dimana apabila laba bersih yang diterima suatu perusahaan maka laba bersih ini berpengaruh atau menambah pada akun modal.

Begitu juga sebaliknya apabila suatu perusahaan tersebut mengalami rugi bersih makan akan berpengaruh atau mengurangi akun modal. Jadi intinya adalah bahwa laporan perubahan modal bisa anda buat setelah anda mendapatkan laporan laba/rugi suatu perusahaan.

Tujuan Laporan Perubahan Modal

Berikut ini adalah bebrapa tujuan untuk apa di buat laporan perubahan modal pada suatu perusahaan:

  • Dapat digunakan untuk mengikhtisarkan atau mengambarkan aktiva pembayaran dan investasi serta dana yang sudah dihasilkan dalam suatu periode akuntansi.
  • Mengungkap perubahan modal kerja suatu perusahaan.

Unsur-unsur Laporan Perubahan Modal

Bagi para akuntan ulung sudah pasti sangat teramat mundah untuk menyusun sebuah laporan perubahan modal, dikarenakan merka sudah mengetahui seluk beluk yang menyebabkan terjadinya perubahan modal pada suatu perusahaan.

Nah, berikut ini kami akan paparkan unsur-unsur yang menjadi penyebab terjadinya laporan perubahan modal:

  • Tidak terjadinya pembagian modal pada awal periode atau per awal tahun
  • Adanya laba neto periode akuntansi
  • Deviden yang diumumkan
  • Tidak dibagikanya laba pada akhir periode.

Hal-hal Penyebab Perubahan Modal

  • Munculnya sektor tambahan atau investasi dari pemilik
  • Terdapat laba dan kerugian pada usaha.
  • prive atau pengambilan uang kas untuk keperluan pribadi.

Yang menjadi isi dari laporan perubahan modal atau isi dari perubahan modal itu diantaranya adalah, modal awal atau uang modal yang diserahkan pada awal tahun, tambahan investasi pemilik usaha atau setoran tambahan yang berasal dari pemilik dalam satu kali periode akuntansi, perolehan laba rugi perusahaan yakni hasil laba bersih maupun rugi bersih yang didapat perusahaan selama satu periode akuntansi, adanya pengambilan pribadi dari pemilik modal atau sering kita sebut dengan pengambilan prive selama satu kali periode akuntansi, dan modal akhir yakni modal yang terdapat pada akhir tahun.

Sebagai catatan: ”laba bersih yang ada pada laporan perubahan modal nantinya harus sama dengan laba bersih yang terdapat pada laporan laba/rugi.”

Sumber Penyajian Kertas Kerja Laporan perubahan Modal

  • Modal awal yang bisa dilihat pada neraca saldo
  • Bila memungkinkan adanya penambahan investasi, maka dapat diambil dari lajur penyesuaian pada kolom kredit.
  • Laba bersih dapat di ambil dari neraca lajur kolom laba/rugi posisi debit
  • Data pengambilan untuk pribadi (prive), dapat diambil pada neraca lajur kolom neraca posisi debet.
  • Dan rugi perusahaan dapat diambil dari lajur laba/rugi bagian kredit atau hasil dari perhitungan laba/rugi.

Contoh Laporan Perubahan Modal

Berikut ini kami akan berikan contoh laporan perubahan modal kerja pada Biosko Queen per 31 Desember 2004.

  • Berikut ini adalah kertas Kerja Bioskop Queen:

 

Kertas Kerja Bioskop Queen
  • Laporan Laba/Rugi Bioskop Queen
  • Laporan Perubahan Modal Pada Bioskop Queen:

Demikian pembahasan kali ini mengenai Laporan perubahan Modal besera contoh kertas kerjanya, semoga bermanfaat dan membantu anda.

Dan terimakasih telah berkunjung di akuntanonline.

Leave a Comment